Bayi Menangis Tanpa Air Mata, Normal Nggak Ya?

02 December 2019, at 15:00
0
0
Bayi Menangis Tanpa Air Mata, Normal Nggak Ya?

Menangis merupakan salah satu cara berkomunikasi bayi yang paling umum. Namun, kamu pernah memerhatikan nggak sih kalau bayi yang baru lahir biasanya nggak mengeluarkan air mata meskipun sedang menangis kencang?

Beberapa orang tua mungkin merasa khawatir dengan hal tersebut. Lantas, sebenarnya normal nggak sih bayi menangis tanpa air mata?

Menurut Jennifer Shu yang merupakan tim penulis buku American Academy of Pediatric’s, Heading Home With Your Newborn mengatakan bahwa kondisi tersebut sangatlah wajar untuk bayi yang baru lahir.

bayi baru lahir menangis
mykentfamily.co.uk

Pasalnya, kelenjar air mata yang dimiliki oleh buah hati belum berkembang sepenuhnya. Sehingga hanya mampu memproduksi air mata dalam jumlah yang sedikit untuk melumasi dan melembabkan matanya.

Baca Juga: Bayi Suka Main Ludah? Ternyata Ada Manfaatnya Lho

Saat usianya sudah 3 sampai 4 minggu, maka produksi air mata oleh kelenjar air mata akan meningkat. Hal ini kemudian akan mengikuti emosi buah hati sehingga akan muncul saat si kecil mendapatkan tekanan.

Lalu, bagaimana kalau bayi sudah berusia lebih dari 2 bulan namun masih menangis tanpa air mata? Apakah ada yang salah pada buah hati?

bayi menangis tanpa air mata
mamanatural.com

Dilansir dari Baby Center, bayi memiliki tahapan yang berbeda dalam memproduksi air mata. Hal tersebut juga ditegaskan oleh dokter anak bernama Tanya Remer yang menyebutkan bahwa sampai usia 2 minggu bayi akan menangis tanpa air mata, namun ada juga yang lebih dari itu.

Meskipun demikian, kondisi si kecil yang masih belum mengeluarkan air mata saat menangis di usia 2 bulan lebih merupakan hal yang perlu dipertanyakan.

bayi menangis
medicalsojourn.blog

Orang tua perlu berkonsultasi kepada dokter karena beberapa bayi bisa saja terlahir dengan adanya penyumbatan di kelenjar air matanya. Hal tersebut harus dilakukan untuk mengetahui secara pasti penyebabnya sehingga dapat diatasi dengan tepat dan maksimal.

Wah, ternyata kondisi bayi menangis tanpa air mata merupakan hal yang wajar hingga usia tertentu Sobat Qupas. Selain air mata, bayi yang baru lahir juga nggak memproduksi keringat lho! Hayo ngaku, kamu baru tahu kan?

0 Comment