Bayi Minum Kopi Sebagai Pengganti Susu? Awas, 5 Bahaya Ini Sedang Mengintai Si Kecil

19 September 2019, at 10:00
0
0
Bayi Minum Kopi Sebagai Pengganti Susu? Awas, 5 Bahaya Ini Sedang Mengintai Si Kecil

Khatijah Haura, bayi perempuan berusia 14 bulan yang berasal dari Polewali Mandar, Sulawesi Barat menjadi viral karena kebiasaannya minum kopi tubruk lima gelas per hari.

Bukan tanpa alasan, orang tua Khatijah mengatakan bahwa hal tersebut terpaksa dilakukan karena mereka nggak memiliki cukup uang untuk membelikan buah hatinya susu. Sehingga, sejak usia 6 bulan gadis kecil tersebut sudah dibiasakan untuk minum kopi tubruk.

Meskipun perkembangannya terlihat normal, namun 5 hal di bawah ini patut diwaspadai sebagai bahaya bayi minum kopi.

1. Insomnia

insomnia
shutterstock.com

Mengonsumsi kopi merupakan hal lumrah bagi orang dewasa. Khasiatnya yang dapat mencegah kantuk dan meningkatkan energi biasanya dimanfaatkan oleh siapa saja yang ingin menyelesaikan pekerjaan.

Akan tetapi, stimulan yang memiliki kadar kafein lima kali lebih banyak dari soda ini justru akan menyebabkan insomnia atau kurang tidur apabila dikonsumsi oleh bayi atau balita.

Kafein akan mengendap selama depalan jam dalam tubuh si kecil dan membuatnya sulit terlelap. Padahal, balita membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak daripada orang dewasa yaitu sekitar 11 jam setiap harinya.

2. Hiperaktif

anak hiperaktif
consciousmindsmag.com

Selain insomnia, kopi juga menyebabkan berbagai masalah perilaku pada anak, termasuk hiperaktif, sulit berkonsentrasi, dan mudah gelisah.

Kondisi tersebut terjadi karena kafein dalam kopi dapat meningkatkan energi dan kewaspadaan pada buah hati. Bahayanya, bayi atau balita belum mampu untuk mengolah atau memanfaatkan hal tersebut seperti orang dewasa.

3. Nafsu Makan Rendah

anak nggak mau makan
shutterstock.com

Selain itu, mengonsumsi kopi juga bisa membuat nafsu makan bayi berkurang lho. Padahal, pada usia tersebut anak sangat membutuhkan banyak gizi dan nutrisi yang baik untuk perkembangannya.

Oleh sebab itu, secara nggak langsung kekurangan gizi dan nutrisi menjadi salah satu bahaya kopi bagi bayi.

Baca Juga: Biar Orang Tua Nggak Frustasi, Lakukan 10 Cara Mudah Ini untuk Hadapi Anak Susah Makan

4. Masalah pada Gigi

gigi keropos
dentality.ro

Seperti yang diketahui, anak-anak atau balita memiliki gigi susu yang lebih rapuh dibandingkan dengan gigi dewasa.

Maka dari itu, mengonsumsi kopi yang bersifat asam lebih berisiko menyebabkan kerusakan pada gigi balita.

5. Kerusakan Tulang

balita pipis
hellosehat.com

Tahukah kamu, kopi bersifat diuretik atau dapat meningkatkan produksi urin. Pantas saja kamu sering buang air kecil setelah mengonsumsinya, kan?

Pada balita, peningkatan urin dapat menyebabkan hilangnya kalsium sehingga dapat menyebabkan keropos atau kerusakan pada tulang.

ilustrasi balita minum kopi
shutterstock.com

Selain lima masalah kesehatan di atas, balita yang mengonsumsi kopi juga bisa mengalami hal yang lebih fatal yaitu kematian lho. Hal tersebut karena dosis kafein yang tinggi berisiko membuat si kecil mengalami kejang dan serangan jantung.

Oleh sebab itu, sebaiknya Sobat Qupas nggak memberikan kopi kepada anak-anak di bawah 12 tahun demi kesehatannya ya!

0 Comment