Bayi Suka Main Ludah? Ternyata Ada Manfaatnya Lho

21 September 2019, at 17:00
0
0
Bayi Suka Main Ludah? Ternyata Ada Manfaatnya Lho

Perkembangan buah hati memang selalu menjadi hal yang dinanti. Apapun yang dilakukan bayi akan mendapatkan perhatian khusus dari orang tua.

Salah satunya adalah saat bayi mulai suka bermain dengan air liur atau ludahnya. Hal yang biasanya dilakukan oleh bayi usia 3 sampai 6 bulan ini nggak jarang membuat orang tua merasa khawatir lho.

Padahal, bayi memainkan ludah merupakan hal yang sangat wajar dan justru memberikan dampak positif seperti berikut.

1. Membersihkan Mulut

membersihkan mulut
pixabay.com

Dilansir dari laman Health Children, bermain ludah atau air liur bermanfaat untuk membersihkan mulut dan membuat mulut bayi tetap basah.

Kegiatan tersebut juga bisa membasuh sisa makanan dari mulut si kecil dan melindungi giginya (apabila sudah tumbuh) dari kerusakan.

2. Melatih Berbicara

melatih bicara
haibunda.com

Secara nggak langsung, bermain air liur sebanarnya dapat meningkatkan kemampuan bicara bayi lho. Aktivitas tersebut membuat si kecil dapat mengendalikan mulut untuk membuat bunyi-bunyian atau suara.

Orang tua bisa mencoba untuk membuat suara-suara lucu untuk merangsang kemampuan anak karena ia akan mencoba menirukannya.

Baca Juga: Normalkah Bila Bayi Suka Mengisap Jari Tangan? Ini Lho Faktanya

3. Persiapan Tumbuh Gigi

tumbuh gigi
zeeable.com

Meskipun pada usia tersebut bayi mungkin belum akan tumbuh gigi, akan tetapi bermain ludah merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan hal tersebut.

Kegiatan sepele itu dapat melembutkan gusi sehingga nggak terlalu kaku dan keras saat gigi pertama tumbuh nanti.

4. Latihan Otot Wajah

latihan otot wajah
123rf.com

Bermain air liur membantu bayi melatih otot-otot wajah yang diperlukan untuk bisa menggerakkan bibir secara bebas, tanpa perlu menggerakkan rahang dan lidah.

Hal ini nantinya akan membantu bayi untuk mengatur kekuatan bibir saat pertama kali makan menggunakan sendok atau minum dengan gelas.

Nah, jadi Sobat Qupas nggak perlu khawatir berlebihan ya saat si kecil mulai bermain ludah karena hal tersebut memang termasuk salah satu tahap belajar dan perkembangannya kok!

0 Comment