Bebas Bahan Kimia, Ini 8 Obat Diare Alami yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi

05 November 2019, at 10:00
0
0
Bebas Bahan Kimia, Ini 8 Obat Diare Alami yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi

Memasuki musim hujan, banyak orang mengalami masalah kesehatan. Bukan hanya flu dan batuk, penyakit seperti diare pun sering menyerang saat pancaroba.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui beberapa obat diare alami yang bisa digunakan dalam keadaan genting sebagai pertolongan pertama berikut ini. Bebas bahan kimia!

1. Oralit Buatan Sendiri

oralit buatan
thehealthsite.com

Siapa sih yang nggak tahu bahwa oralit merupakan salah satu obat diare yang paling ampuh? Kamu bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah lho!

Bagaimana sih caranya? Larutkan enam sendok teh gula pasir dan setengah sendok teh garam dalam satu liter air. Dua bahan terebut merupakan elektrolit yang bisa menghindarkan tubuh dari dehidrasi akibat diare. Kamu bisa mengonsumsinya setiap 4 atau 6 jam dengan takaran satu gelas.

2. Jahe

obat tradisional
pixmadness.com

Selain oralit buatan sendiri, jahe juga menjadi salah satu bahan alami yang ampuh untuk mengobati diare. Pasalnya, rempah-rempah yang satu ini memiliki sifat antiradang, antinyeri, seta antibakteri yang dapat membantu meringankan diare.

Kamu bisa mengolah bahan alami tersebut secara sederhana yaitu dengan merebus irisan jahe dan mengonsumsi airnya selagi hangat.

3. Pisang

mengobati diare
thekitchn.com

Selain bisa melancarkan pencernaan, pisang ternyata juga bisa mengobati diare secara alami. Hal terebut karena pisang mengandung kalium yang dapat menggantikan elektrolit yang hilang akibat masalah kesehatan tersebut.

Nggak hanya itu, pisang juga mengandung pektin yang dapat menyerap cairan dalam usus sehingga kotoran yang dikeluarkan menjadi lebih padat.

4. Kentang

obat diare alami
cucinare.it

Sama seperti pisang, kentang juga bisa menjadi obat diare alami karena kandungan kalium di dalamnya yang bisa menggantikan elektrolit.

Kamu bisa mengolah kentang dengan cara di kusus. Hindari untuk menggorengnya, menambahkan mentega, margarin, atau saus pedas.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, ini Bahaya Diare pada Si Kecil

5. Air Putih

menghindari dehidrasi
goodnewsnetwork.org

Mengonsumsi air putih sangat disarankan saat kamu sedang menderita diare. Pasalnya, bahan alami yang satu ini nggak hanya bisa mengobati namun juga mencegah dehidrasi.

Kehilangan cairan atau mengalami dehidrasi akan memperburuk kesehatan tubuh sehingga dapat menghambat proses penyembuhan diare.

6. Yogurt

obat diare
fullofplants.com

Meskipun biasanya dimanfaatkan oleh orang yang sedang sembelit, nyatanya yogurt juga berguna sebagai obat diare alami lho!

Kandungan probiotik alias bakteri baik di dalamnya mampu melawan kuman penyebab diare sehingga masalah kesehatan tersebut lebih cepat sembuh.

7. Wortel

makanan sehat
diet-health.info

Wortel ternyata juga mengandung pektin yang dapat membuat feses alias kotoran yang dikeluarkan saat diare menjadi lebih padat.

Maka dari itu, wortel bisa menjadi salah satu obat diare alami yang aman untuk dikonsumsi. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau diolah terlebih dahulu menjad jus.

8. Teh Hitam dan Teh Chamomile

obat alami
hellosehat.com

Teh hitam mengandung asam tanat yang dapat melawan infeksi di perut sehingga sangat cocok menjadi obat diare alami.

Hampir sama, teh chamomile memiliki sifat anti radang yang dapat melindungi usus dan membuatnya sehat.

Nah, itu dia Sobat Qupas 8 obat alami untuk diare yang dapat kamu gunakan. Selain bebas bahan kimia, semuanya juga murah dan mudah didapatkan!

0 Comment