Bebaskan Jiwa Petualangmu di 4 Ayunan Atas Air Ini, Semuanya Ada di Indonesia Lho!

07 September 2019, at 11:00
0
0
Bebaskan Jiwa Petualangmu di 4 Ayunan Atas Air Ini, Semuanya Ada di Indonesia Lho!

Spot ayunan sampai sekarang masih hype di kalangan traveler. Di Indonesia sendiri ada banyak wisata yang menyediakan wahana menyenangkan satu ini. Mulai dari kawasan pantai, sampai di atas jurang.

Selain pantai dan jurang, sebenarnya spot ayunan masih ada di sejumlah wisata air Indonesia. Misalnya saja seperti di kawasan sungai, air terjun, sampai danau. Dimana saja sih lokasinya? 

1. Curug Orok Megamendung

curug orok megamendung
instagram.com/muhammadsidik99

Curug Orok bukan cuma ada di Garut, lho. Ada juga air terjun di kawasan Megamendung, Bogor dengan nama yang sama. Destinasi ini dekat dari Curug Cibulao. Untuk menuju ke lokasi, kamu pun perlu melewati aliran Curug Cibulao dengan jarak sekitar 100 meter.

Kolam alami di Curug Orok kedalamannya sekitar 3 meter. Airnya bening meski di sekitarnya masih banyak pengunjung. Hal menarik lagi dari wisata alam di Bogor ini yaitu adanya ranjing yang berbentuk seperti ayunan. Spot ini yang jadi favorit traveler yang berkunjung.

Lokasi Curug Orok: Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat

Tiket masuk Curug Orok: Rp12 ribu untuk masuk ke Curug Cibulao dan Curug Orok (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Telaga Cicerem

telaga cicerem
instagram.com/fahmiak__

Wisata air di Indonesia ini juga punya spot ayunan yang unik. Terletak di kaki Gunung Ciremai, membuat Situ Cicerem berhawa sejuk. Di sini ada ikan-ikan yang berenang bebas. Saat di sini, kamu bukan cuma bisa foto di atas ayunan berlatar telaga, renang di wisata Kuningan ini pun nggak kalah asyik.

Untuk bisa sampai ke wisata ini, kamu perlu menuju ke Bundaran Ciracas yang berada di utara Pasar Cilimus. Selanjutnya cari Jalan Mandirancan. Sampai menemukan Tugu Macam Mandirancan, ambil arah ke Jalan Cirea-Pasawahan hingga menjumpai pertigaan menuju objek wisata Paniis.

Rute selanjutnya adalah ke Jalan Pasawahan sampai menemukan Polsek. Nggak jauh dari sini, akan ada papan petunjuk yang mengarahkanmu ke Situ Cicerem.

Lokasi Telaga Cicerem: Jalan Kaduela, Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Tiket masuk Telaga Cicerem: Rp 5 ribu (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Selain Telaga Cicerem, 4 Wisata di Indonesia Ini Punya Kolam Ikan Hias Peninggalan Zaman Kerajaan

3. Sungai Maron

sungai maron
instagram.com/pangestun21

Kalau wisatadi Pacitan ini sih Sungai Amazon versi lokal kali ya? Di sini, kamu pun bisa main ayunan yang letaknya di atas permukaan air. Saat di destinasi ini, pemandangan kebun kelapa yang bakal kamu lihat di sebelah kanan kiri.

Menariknya lagi, kamu bisa menyusuri sepanjang Sungai Maron dengan cara sewa perahu, lho. Biayanya sekitar Rp100 ribu dengan maksimal penumpang sekitar 5 orang.

Lokasi Sungai Maron: Maron, Dersono, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Tiket masuk Sungai Maron: Rp5 ribu (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

4. Gua Limbuhang

gua limbuhang
instagram.com/rizkiamaliayaya

Berada di bawah bukit dengan ketinggian sekitar 50 meter, gua ini menawarkan kesejukan di balik dinding batu dan telaga mini yang katanya bisa berubah warna. Di sini juga ada spot ayunan ala akar pohon seperti di Curug Orok Megamendung.

Baca juga: Ini Nih Ayunan Anti Mainstream di Indonesia, Berani Coba Nggak?

Letak Gua Limbuhang ini dekat dari waterpark di area wisata outbound Baruh Bunga. Dari Barabai, kamu bisa mengendarai mobil atau motor. Jarak dari Barabai ke Haliau sendiri sekitar 8 km. Sampai di parkiran, kamu masih perlu jalan kaki sekitar 15 menit dengan medan yang cukup menguras tenaga. Jadi jangan lupa siapkan fisikmu ya!

Lokasi Gua Limbuhang: Haliau, Pagat, Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimntan Selatan

Tiket masuk Gua Limbuhang: Rp5 ribu, naik perahu karet Rp5 ribu (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Nah, itulah keempat wisata air Indonesia yang punya spot ayunan. Jadi bukan cuma ada di pantai maupun di atas jurang ya! Gimana, kamu tertarik mampir kemana dulu?

0 Comment