Beda Jenis Essential Oil, Beda Pula Manfaatnya Untuk Tubuh

04 July 2018, at 02:00
1
0
Beda Jenis Essential Oil, Beda Pula Manfaatnya Untuk Tubuh

Essential oil merupakan saripati tumbuhan yang berasal dari proses penyulingan akar, batang, daun, getah, ranting, bunga, buah, dan kulit buah yang sejak lama telah dipercaya dapat berinteraksi dengan sistem tubuh sehingga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Berbeda dengan parfum atau fragnance oil yang tidak memiliki fungsi menyembuhkan, essential oil yang beraroma harum ini selain dapat digunakan untuk menenangkan pikiran dan tubuh, juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi ketegangan saraf, meregenerasi sel, proses detoksifikasi, hingga menunjang berbagai fungsi organ tubuh, tergantung dari bahan dasar yang digunakan untuk mengestrak minyak essensial tersebut.

 

pexels.com

 

Untuk mempermudah mengenali manfaat essential oil yang umumnya dinamakan sesuai dengan jenis tumbuhannya, yuk simak daftarnya berikut ini.

 

Black pepper essential oil

Minyak essensial yang terbuat dari hasil penyulingan lada hitam ini bermanfaat untuk melancarkan buang air besar, mengurangi gas berlebih dalam perut, mengobati ketegangan otot, dan membantu proses detoksifikasi.

 

Lemongrass essential oil

Essential oil yang mampu mengurangi rasa sakit akibat peradangan dan olahraga berlebih ini terbuat dari hasil penyulingan serai atau lemongrass.

 

Chamomile essential oil

Hasil penyulingan bunga chamomile ini bermanfaat untuk mengurangi nyeri pada sendi, mengobati peradangan luar, meringankan demam, mencegah infeksi pada luka serta melegakan pernapasan dan melancarkan pencernaan.

 

Peppermint essential oil

Minyak hasil penyulingan daun mint yang memiliki aroma segar ini dapat memberikan efek relaksasi yang menenangkan pikiran, dan juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan sirkulasi darah, serta dapat menghilangkan bau mulut dan melegakan pernapasan.

 

Cinnamon essential oil

Cinnamon atau kayu manis sangat bagus dalam membantu mengatasi masalah pernapasan, mengobati infeksi pada kulit, mempercepat penyembuhan luka, mengatasi nyeri haid, serta dapat digunakan untuk memperlancar ASI.

 

 

Patchouli essential oil

Patchouli essential oil berasal dari nilam atau semak tropis penghasil sejenis minyak atsiri yang memiliki aroma yang sangat kuat, manis, spicy dan woody. Patchouli dipercaya bekerja secara efektif untuk meredakan inflamasi, membantu meringankan gejala eksim, dermatitis, jerawat, dan berbagai masalah kulit.

 

Nutmeg essential oil

Terbuat dari hasil penyulingan buah pala, nutmeg essential oil bermanfaat untuk mengurangi rasa mual, mencegah penuaan dini, dan memperbaiki fungsi hati.

Melihat begitu banyaknya manfaatnya untuk menunjang aktivitas sehari-hari, nggak ada salahnya mulai sekarang jadikan essential oil sebagai solusi untuk mewujudkan hidup sehat tanpa bahan kimia.

0 Comment