Qupas Beauty

Beda Pomade, Wax, dan Styling Gel, Pria Wajib Tahu!

09 July 2020, at 06:01
Beda Pomade, Wax, dan Styling Gel, Pria Wajib Tahu!

Pomade, wax, dan gel, adalah deretan produk yang diandalkan para pria untuk menjaga bentuk rambut supaya terlihat lebih rapi dan kece.

Meski fungsinya tergolong sama, tapi ketiganya punya cukup banyak perbedaan. Nah, kamu sudah tahu apa belum?

Kalau belum, simak dulu deh beda pomade, wax, dan gel berikut ini biar nantinya nggak salah beli.

1. Pomade

Pomade Terbaik (Foto: shopify.com)
shopify.com

Pomade jadi salah satu produk terbaik pilihan pria karena bisa dibilang berada di antara wax dan gel. Seperti yang diketahui, teksturnya yang cukup creamy dan nggak lengket, membuat formulanya tergolong ringan.

Jenis pomade pun ada dua, yakni oil-based yang berbahan dasar minyak dan water-based yang bahan dasarnya terbuat dari air sehingga mudah dibersihkan.

Beda Pomade dan Wax (Foto: shopify.com)
shopify.com

Karena teksturnya yang cukup ringan, daya tahan pomade tergolong medium. Meski begitu, masih cukup awet dalam menjaga tatanan rambut dan hasilnya pun natural.

Kalau rambutmu cukup tebal dan susah diatur, bisa memilih oil-based pomade yang daya tahannya lebih baik daripada water-based pomade. Produk styling yang satu ini bakalan cocok untuk membentuk rambut dengan model pompadour, quiff, slick back, side-parted, ducktail, dan comma hair.

Baca juga: Tips Perawatan Kulit Pria Biar Ganteng Maksimal, Nggak Ribet Kok!

2. Wax

Wax Rambut (Foto: shopify.com)
shopify.com

Dibandingkan dengan produk styling yang lain, wax mempunyai tekstur yang paling padat. Hal ini karena bahan utamanya terbuat dari lilin.

Untuk daya tahannya, wax paling awet dalam menjaga bentuk rambut. Bahkan formulanya bisa bertahan berhari-hari kalau kamu nggak keramas.

Hair Wax (Foto: 99ml.com)
99ml.com

Dilihat dari karakteristiknya tersebut, wax sangat cocok untuk rambut yang, tebal, kaku, keriting, bakan susah diatur sekalipun. Kamu bisa menggunakannya untuk membentuk style rambut spike, fringe, atau messy undercut.

Tapi jangan lupa ya, karena teksturnya yang sangat padat dan susah dihilangkan, pastikan untuk keramas dengan bersih supaya formulanya nggak merusak rambut.

3. Gel

Gel Rambut (Foto: harrys.com)
harrys.com

Seperti namanya, produk styling rambut yang satu ini bertekstur gel dan lebih basah. Formulanya pun nggak lengket dan hasilnya terlihat sangat natural.

Maka, nggak heran kalau gel rambut biasanya jadi pilihan utama bagi pria yang baru pertama mencoba produk hair styling.

Hair Styling Gel (Foto: amassuna.com)
amassuna.com

Menariknya lagi, gel mempunyai bahan dan spesifikasi yang sangat beragam. Begitu pula dengan ketahanannya.

Styling gel cocok buat penyuka gaya wet look dan bakalan bagus dipakai untuk menciptakan gaya rambut kekinian seperti messy spike ataupun slick back yang klimis dan rapi.

Itulah bedanya pomade, wet, dan gel rambut yang wajib diketahui pria. Nah sekarang sudah tahu kan, mana yang cocok buat kamu?