Begini Caranya Stres Bisa Membuat Hidupmu Jadi Lebih Baik

08 June 2018, at 12:00
1
0
Begini Caranya Stres Bisa Membuat Hidupmu Jadi Lebih Baik

Stres adalah kata yang cukup bikin ngeri karana kebanyakan orang berpikir ujung-ujungnya bisa bikin kehilangan akal atau gila. Hal berbeda disampaikan oleh Richard Shelton, wakil ketua penelitian Departemen Psikiatri Universitas Alabama, Birmingham. Ia menyampaikan jika dalam kondisi tertentu, stres bisa menjadi pelindung tubuh dan tidak berbahaya. Dengan kata lain, hanya saat stres berada dalam tingkat kronis, maka akan ada pengaruh negatif untuk tubuh. Lalu bagaiman stres bisa membuat seseorang jadi lebih baik? Simak ulasan berikut.

 

Meningkatkan Kekuatan Otak

 

raowellness.com

Stres tingkat rendah mampu memicu tubuh untuk memproduksi bahan kimia pada otak yang disebut dengan neurotrophins. Hal itu memperkuat hubungan antar neuron dalam otak. Sehingga produktivitas fisik lebih terpacu. Konsentrasi pun jadi lebih bagus.  Penelitian yang dilakukan pada hewan juga menunjukkan hasil yang serupa. Respon tubuh terhadap stres bisa membuat daya ingat jadi lebih kuat.

 

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

 

konilife.com

Stres dalam jangka waktu yang pendek akan membuat tubuh melakukan persiapan pada kemungkinan terjadinya cidera fisik atau infeksi. Richard Shelton menyampaikan jika tubuh akan memproduksi lebih banyak interleukin saat stres seperti yang dilansir dari health.com. Interleukin adalah bahan kimia dalam tubuh yang mengatur sistem kekebalan.

 

Meningkatkan Ketangguhan

 

beliefnet.com

Stres karena banyak masalah akan memicu otak dan tubuh untuk berpikir tentang bagaimana cara mengatasinya. Dengan begitu, tubuh akan terlatih dan semkin tangguh seiring berjalannya waktu. Di sisi lain, jika stres masuk dalam tahap kronis justru akan menimbulkan kerusakan pada DNA dan RNA. Hal tersebut sesuai dengan studi yang dilakukan Universitas California di San Francisco tahun 2013.

 

Membuat Kamu Termotivasi untuk Sukses

 

huffingtonpost.com

Memikirkan tentang deadline dan berbagai macam tugas memang memusingkan. Jika dibiarkan tak terurus, maka masalah akan semakin menumpuk. Kalau sudah begitu, stres kronis bisa dengan mudah menyerang. Untuk menghindarinya kamu harus menghadapi sagala macam tekanan dan melihatnya sebagai sebuah tantangan yang akan berakhir dengan manis.

Stres yang baik disebut juga denga eustres oleh kalangan akademisi. Begitulah manfaat stres yang  bisa membuat tubuh jadi lebih baik. Semua kembali pada pola pikir dan bagaimana menghadapi sebuah masalah. Libatkan orang-orang terpercaya untuk mendapatkan nasihat dan masukkan saat kamu merasakan stres yang lebih serius.

Topics:

0 Comment