Belajar dari Adik Louis Tomlinson yang Meninggal Muda, Yuk Makan Asupan Sehat untuk Jantung Ini!

15 March 2019, at 09:30
1
0
Belajar dari Adik Louis Tomlinson yang Meninggal Muda, Yuk Makan Asupan Sehat untuk Jantung Ini!

Louis Tomlinson, salah satu personil boyband asal Inggris One Direction atau 1D sedang berduka karena adiknya meninggal dunia. Felicite Tomlinson mengalami serangan jantung pada hari Rabu, 13 Maret 2019 waktu setempat.

Influencer yang lebih akrab dipanggil Fizzy tersebut meninggal di usia yang sangat muda yaitu 18 tahun. Meskipun sempat mendapatkan pertolongan medis, namun takdir berkata lain.

Serangan jantung memang identik menyerang dengan orang tua, namun bukan berarti masalah kesehatan tersebut tidak bisa menyerang anak muda.

Baca Juga: Pekerja Kantoran Lebih Rentan Terkena Serangan Jantung, Ini Penyebabnya

Masalah yang menjadi salah satu penyebab paling banyak kematian bagi pria maupun wanita ini bisa disebabkan oleh penyakit jantung koroner.

Untuk menghindarinya, konsumsi beberapa makanan yang bisa membuat jantung menjadi lebih sehat berikut ini.

1. Buah Berry

buah berry
pexels.com/@public-domain-pictures

Buah berry yang terdiri dari berbagai macam seperti stroberi, blueberry, cranberry, raspberry, dan lain sebagainya ternyata bisa membantu memelihara kesehatan jantung.

Tidak hanya enak dimakan, buah berry tersebut memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, di dalamnya juga terdapat fitonutrein yang dapat melindungi kerja jantung.

2. Kacang-Kacangan

kacang-kacangan
pexels.com/@rawpixel

Selain buah berry, kacang-kacangan juga merupakan salah satu makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Mengonsumsinya dengan teratur akan sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat memicu masalah kesehatan tersebut.

Manfaat lain dari kacang adalah dapat menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah yang juga memicu serangan jantung.

3. Ubi Jalar

ubi jalar
jamieoliver.com

Siapa sangka, makanan yang diidentikkan dengan orang desa ini berkhasiat untuk menjaga kesehatan organ penting seperti jantung.

Kandungan karbohidrat yang rendah gula ini bisa menurunkan tekanan darah dalam tubuh yang dapat memicu serangan jantung.

4. Ikan Salmon

ikan salmon
pexels.com/@rawpixel

Siapa yang tidak tahu bahwa ikan salmon memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh? Kandungan omega 3 yang tinggi di dalamnya menyehatkan jantung, lho.

Omega 3 dapat mengurangi penyumbatan pembuluh darah dan meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, konsumsi ikan salmon dengan rajin akan membuat lebih sehat dan terhindar dari serangan jantung.

Baca Juga: Efek Samping Terlalu Sering Makan Ikan Asin, Kamu Harus Tahu!

5. Cokelat Hitam

cokelat hitam
pexels.com/@fotios-photos

Selain baik untuk meningkatkan mood atau suasana hati yang sedang berantakan, cokelat hitam dengan kandungan kakao yang tinggi ternyata merupakan makanan yang baik untuk jantung.

Kandungan flavonoid di dalamnya dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, antiokasidan di dalamnya juga membantu melawan keusakan akibat radikal bebas.

6. Bawang Putih

bawang putih
pexels.com/@isabella-mendes-107313

Menjaga kesehatan jantung merupakan salah satu manfaat dari bawang putih. Bahan dapur yang satu ini memang sudah terkenal sebagi antibiotik alami.

Selain itu, bawang putih juga bermanfaat untuk mengurangi pengentalan darah, merangsang produksi empedu, dan membantu menurunkan kadar lemak pada hati dan jantung.

7. Hati

hati ayam
shutterstock.com

Mengonsumsi hati akan baik untuk kesehatan jantung. Hal tersebut diungkapkan oleh William Davis, seorang ahli kardiologi dari Wisconsin, Amerika Serikat.

Menurut penjelasannya, kandungan lemak pada hati hewan baik untuk jantung.

8. Teh Hijau

teh hijau
pexels.com/@rawpixel

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang membuktikan bahwa orang yang meminum lebih dari 5 cangkir teh hijau dalam sehari memiliki risiko sekitar 25 persen lebih rendah terkena serangan jantung dan stroke.

Nah, itu dia 8 makanan yang bisa membuat jantung lebih sehat. Meskipun masih muda, kamu tidak boleh menyepelekan kesehatan tubuh.

Beberapa penyakit yang diidentikkan dengan orang tua bisa saja menyerangmu di usia yang belia. Selalu jaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah masalah kesehatan.

0 Comment