Belajar dari Keluarga yang Keracunan AC Mobil, Begini Tips Tetap Sehat Saat Perjalanan Jauh

08 May 2019, at 00:00
0
0
Belajar dari Keluarga yang Keracunan AC Mobil, Begini Tips Tetap Sehat Saat Perjalanan Jauh

Beberapa hari yang lalu, tiga orang yang merupakan satu keluarga ditemukan nggak sadarkan diri dalam mobil pribadi mereka di pelataran salah satu masjid di Kecamatan Salo, Riau.

Saat ditemukan, mobil tersebut mesinnya dalam keadaan menyala. Dua orang diantaranya harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis, sedangkan satu orang lainnya sudah nggak bernyawa saat ditemukan.

Polisi menduga keluarga tersebut keracunan emisi gas pembuangan mobil. Beberapa tahun yang lalu juga ramai peristiwa meninggalnya belasan orang di dalam mobil karena terjebak kemacetan di Brebes.

Baca Juga: Penyakit-Penyakit yang Bisa Menyerang Saat Kamu Terjebak Kemacetan

Untuk menghindari hal-hal yang nggak diinginkan seperti itu, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini agar tetap sehat dalam perjalanan panjang atau mudik.

1. Cukup Tidur

rest area
flickr.com

Dalam perjalanan yang jauh, kamu harus pintar memanfaatkan waktu yang ada. Tidur yang cukup merupakan salah satu kunci berkendara dengan nyaman dan aman.

Pergilah ke rest area terdekat apabila sudah merasa ngantuk, jangan memaksakan diri karena bisa membahayakan banyak orang.

Meskipun hanya 15 menit, waktu tidur tersebut dapat mengembalikan energi dan membuatmu tetap fit dalam perjalanan. Hindari untuk  tidur di dalam mobil dengan keadaan mesin menyala.

2. Jangan Duduk Terus

jangan duduk terus
pexels.com/@hazardos

Saat berpergian dengan jarak yang jauh, sebaiknya kamu nggak melulu duduk. Biasakan untuk bangun dari kursi dan melakukan peregangan otot setiap satu atau dua jam selama 5 menit.

Bagi kamu yang menyetir atau menggunakan mobil pribadi, hal ini akan sulit untuk dilakukan. Namun, kamu tetap bisa meregangkan tangan dan kaki setiap kali ada kesempatan dan memanfaatkan kemacetan untuk keluar sejenak dan berdiri.

3. Jangan Terus-Menerus Menyalakan AC

jangan gunakan ac terus
plentifun.com

Pelajaran yang dapat diambil dari keluarga yang ditemukan nggak sadarkan diri dalam mobil yang mesinnya menyala adalah, jangan terus-menerus menyalakan AC.

Apalagi apabila kamu sedang terjebak kemacetan parah. Meskipun pasti panas dan menyebalkan, cobalah untuk membuka jendela agar terdapat sirkulasi udara.

Baca Juga: Berpuasa, Lakukan Ini untuk Menjaga Tenaga

4. Membawa Obat-Obatan

bawa obat
pexels.com/@pixabay

Tips lain yang nggak kalah penting adalah membawa obat-obatan. Walaupun kamu nggak merasa sakit, kamu tetap harus menyediakan hal yang satu ini.

Obat-obatan sangat diperlukan untuk mengatasi masalah kesehatan yang bisa saja datang mendadak. Apalagi jika kamu memiliki alergi atau penyakit serius lainnya.

5. Hindari Kafein

hindari kopi
foodandwine.com

Saat melakukan perjalanan panjang, banyak orang yang memilih mengonsumsi kafein sebagai penyelamatnya.

Padahal, hal tersebut justru nggak dianjurkan lho. Mengonsumsi terlalu banyak kafein dapat berdampak buruk bagi saraf dan menyebabkan ketegangan ekstrem.

6. Makan yang Cukup

makan yang cukup
pexels.com/@mentatdgt-330508

Selain menghindari kafein, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan asupan nutrisi tubuh. Hal ini merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keselamatan dalam perjalanan.

Jarak tempuh yang panjang nggak boleh menjadi halangan untukmu makan secara berkecukupan dengan nutrisi lengkap seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan lain sebagainya.

7. Minum Air yang Cukup

minum
gettyimages.com

Kamu juga perlu minum air yang cukup agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Apabila nggak dilakukan, hal ini dapat menyebabkan kematian.

Tahukah kamu bahwa kebanyakan orang yang meninggal pada insiden macet parah biasanya disebabkan oleh dehidrasi?

Nah, itu dia Sobat Qupas tips melakukan perjalanan panjang agar nggak terjadi hal-hal yang nggak diinginkan. Tetap jaga kesehatan, ya!

0 Comment