Belajar dari Natalie yang Dibentak Sopir Taksi, Jadilah Traveler Perempuan Pemberani!

19 July 2018, at 08:56
3
0
Belajar dari Natalie yang Dibentak Sopir Taksi, Jadilah Traveler Perempuan Pemberani!

Di era serba mudah seperti saat ini, banyak perempuan yang memberanikan diri untuk melakukan perjalanan sendirian saja. Selain makin banyaknya moda transportasi yang bisa dipilih,  kini hampir semua infromasi juga sangat mudah didapatkan dalam internet. Jadi nggak ada lagi yang perlu dikhawatirkan.

Nggak heran di zaman serba modern dan praktis seperti sekarang, banyak perempuan yang bepergian sendiri baik untuk urusan formal seperti rapat atau bekerja hingga liburan. Selain terbantu dengan berbagai kemudahan, juga mental kaum hawa kini semakin tangguh dan nggak kalah dengan pria. Salah satunya adalah Natalie.

Ia adalah seorang tour guide yang sedang berkunjung ke Semarang melalui Bandara Ahmad Yani dan melakukan perjalanan seorang diri. Sesampainya di bandara tersebut, ia harus mendapatkan pengalaman tidak mengenakkan dari salah satu supir taksi bandara. Perempuan ini dipaksa turun dari taksi yang sudah ia tumpangi karena memilih transportasi konvensional. Menurut penuturannya, ia juga dibentak oleh supir taksi tersebut dan memaksa supir taksi konvensional yang ditumpanginya untuk menurunkan barang-barang Natalie.

Miris memang rasanya mendengar cerita seorang Natalie yang harus menahan beban emosional, terlebih kondisi di sekitar saat itu juga semakin memojokkannya. Berikut tips buat kalian yang ingin jadi melakukan perjalanan sendiri atau solo travel agar tahu cara mengatasi hal yang nggak menyenangkan saat perjalanan.

 

1. Meski seorang perempuan, bersikaplah untuk tidak takut menyuarakan kebenaran dan bersikap tegas dalam situasi apapun selama memungkinkan.

 

matadornetwork.com

AApa yang dirasakan oleh Natalie dengan berani menyuarakan pengalaman pahitnya agar orang lain tidak mengalaminya pun, benar adanya. Ia berani berargumen dan kokoh pada pendirian, asal hal itu benar menurut aturan setempat maka bersikaplah tegas. Sebab masih banyak orang diluar sana yang sering kali memandang wanita itu lemah dan undercontrol dari laki-laki. Jalan yang tepat untuk mengubah pandangan seperti itu ya dengan cara menyampaikan suara akan kebenaran tentang apa yang terjadi di lapangan.

 

2. Sering-seringlah baca peraturan yang ditempel di tempat umum, karena itulah modal untuk memenangkan argumen atau perdebatan. Jangan sampai sudah berdebat panjang, ujung-ujungnya malah kita yang salah.

 

backpackerguide.nz

Setelah sampai di suatu tempat, usahkan perbanyak membaca peraturan apapun yang tertempel. Agar kita tahu apa yang diperbolehkan dan yang nggak diperbolehkan saat berada di tempat tersebut. Membaca peraturan yang ada juga membekali kita. Jika ada seseorang yang menghampiri lalu berbuat yang aneh-aneh, ita bisa membentengi diri dengan beragumen berdasarkan apa yang sudah tertulis.

 

3. Simpan nomor telepon panggilan darurat atau kepolisian di kota atau negara destinasi perjalananmu, kalau terjadi apa-apa semua menjadi gampang.

 

iphonelife.com

Para female solo traveler mungkin tidak pernah tahu kapan sesuatu yang nggak enak akan terjadi kepadanya. Untuk berjaga-jaga, catatlah nomor telepon emergency di lokasi yang dikunjungi. Hal ini memudahkan para traveler untuk melapor jika mendapatkan tindakan tidak menyenangkan atau berada dalam kondisi berbahaya. Adapun pihak yang bersangkutan juga bisa menanggapinya secara cepat dan sigap.

 

4. Jika masalahnya memasuki ranah cat-calling, untuk menghindari hal tersebut terjadi secara terus-menerus, abaikan saja. Jangan ada kontak mata juga ya.

 

SuratKabar.id 

Bukan hanya dipaksa turun dari taksi yang sudah ia tumpangi, Natalie juga mendapatkan siulan dari beberapa laki-laki disekitarnya saat itu. Sungguh miris bukan? Jika hal ini juga terjadi padamu saat kamu berjalan sendirian, sebaiknya pasang muka cuek dan tidak peduli saja. Juga, jangan ada kontak mata dengan mereka. Terus saja berjalan lurus terus, hiraukan saja. Mungkin kita akan dianggap ‘cemen’ atau bagaimana tapi pikirkanlah jika situasi dan kondisi nggak memungkinkan, yang ada mungkin bakal tambah parah jika kita mendebat atau merespon perlakuan mereka.

 

5. Walau telah melalui perjalanan yang panjang, kamu tetap jangan mudah terlihat lengah. Tetap tunjukkan pandangan yang tegas dan fokus.

 

Marieclare.co.uk

Sudah pasti, melakukan perjalanan pasti menghabiskan banyak energi dalam tubuh. Setelah turun dari transportasi umum, kereta atau pesawat pasti akan ada raut wajah yang lengah karena kelelahan. Nah, ini lah yang biasanya dimanfaatkan oleh sebagian orang yang usil dan jahat untuk mendekati mangsanya. Usahakanlah kamu tetap fokus dan jangan menunjukkan wajah yang lengah. Tetap waspada dan stay focus.

 

Itu tadi lima cara tepat untuk kamu para solo traveler jika mengalami hal yang serupa dengan Natalie. Intinya tetap harus waspada dan jangan mudah percaya dengan orang asing ya.

Topics:

0 Comment