Belajar dari Pria Minahasa yang Tewas, 5 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Durian

12 February 2019, at 09:00
0
0
Belajar dari Pria Minahasa yang Tewas, 5 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Durian

Durian merupakan buah yang memiliki banyak penggemar sekaligus pembenci. Baunya yang menyengat membuat beberapa orang enggan untuk menyantapnya.

Sedangkan bagi beberapa orang lainnya, hal tersebut justru menjadi salah satu daya tarik durian selain rasa.

Namun beberapa waktu yang lalu, sempat berdar kabar tentang seorang laki-laki Minahasa yang tewas setalah makan durian dan minum kopi. Kombinasi keduanya ternyata sangat berbahaya bagi kondisi tubuh manusia.

Baca Juga: Jangan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Bersamaan, Bisa Membahayakan Nyawa

Belajar dari pria tersebut, berikut ini makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan durian karena akibatnya bisa fatal. Pecinta durian wajib tahu!

1. Kopi

bahaya mengonsumsi durian bersamaan dengan kopi
pexels.com/@burst

Perpaduan kopi dan durianlah yang menjadi faktor meninggalnya seorang laki-laki di Minahasa. Minuman hitam pekat tersebut memiliki kafein aktif di dalamnya yang mampu membuat jantung berdetak lebih kencang daripada biasanya.

Selain itu, kopi juga mengakibatkan kenaikan suhu bada. Oleh sebab itu, minuman ini sebaiknya tidak dikonsumsi bersama durian yang memiliki efek sama.

Dampaknya tidak akan baik untuk kesehatan, apalagi bagi penderita penyakit jantung.

2. Susu

bahaya mengonsumsi durian bersamaan dengan susu
pexels.com/@pixabay

Selain kopi, minuman sehat seperti susu juga ternyata tidak baik apabila dikonsumsi bersamaan atau dalam waktu yang berdekatan dengan durian. Hal tersebut dapat menyebabkan tekanan darahmu naik.

Sama seperti susu, durian juga memiliki kandungan sulfur. Jika kamu mengonsumsi dua hal ini secara bersamaan, maka tubuh tidak bisa mengeluarkan dan menghancurkan toksin dengan maksimal.

3. Terong

bahaya mengonsumsi durian bersamaan dengan terong
denverpost.com

Pola hidup sehat memang menyarankan konsumsi sayur yang kaya akan manfaat. Terong merupakan salah satu jenis yang bisa kamu konsumsi dengan berbagai olahan masakan.

Akan tetapi, jangan pernah mengonsumsi terong dan durian dalam waktu yang bersamaan. Efek yang terjadi akan sama seperti saat kamu mengonsumsi kopi dan durian.

Hal ini karena sayur tersebut juga bisa membuat suhu badanmu naik.

4. Kepiting

bahaya mengonsumsi durian bersamaan dengan kepiting
pexels.com/@h-h-227297

Kepiting juga merupakan salah satu makanan yang tidak dianjurkan dikonsumsi bersamaan dengan durian. Kondisi ini disebabkan oleh kandungan kolesterol yang tinggi dalam kepiting dan karbohidrat serta lemak pada durian.

Tidak hanya akan membuat kadar kolestrok naik drastis, mengonsumsi dua makanan ini bersamaan atau dalam waktu yang berdekatan juga bisa memimbulkan risiko penyakit jantung hingga kematian.

Efek tersebut akan bertambah apabila orang yang melakukannya sudah memiliki tingkat kolesterol yang tinggi.

Baca Juga: Sering Makan Sendiri? Hati-Hati Kematian Datang Lebih Awal

5. Daging Sapi dan Kambing

larangan makan durian dengan daging
pexels.com/@valeriya

Daging sapi dan kambing memiliki efek panas pada tubuh apabila dikonsumsi. Maka dari itu, kedua makanan tersebut sebaiknya tidak dimakan dalam waktu yang berdekatan dengan durian.

Larangan makan durian bersamaan dengan daging sapi atau kambing disebabkan oleh risiko peradangan serta inflamasi yang bisa saja terjadi.

Selain itu, bisa jadi akan muncul masalah kesehatan lain seperti gangguan pencernaan dan lambung, darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

6. Soda

larangan makan durian dengan soda
pexels.com/@belart84

Kamu sebaiknya menghindari mengonsumsi bersamaan minuman bersoda yang memiliki kafein tinggi dengan durian yang mengandung sulfur.

Hasilnya akan sama seperti kamu meminum kopi dengan makan durian. Bisa jadi serangan jantung atau kematian yang mengancam.

7. Alkohol

larangan makan durian dengan alkohol
pexels.com/@tbphotography

Kalau minuman yang satu ini, tanpa durian pun sudah memiliki efek kurang baik pada kesehatan. Apalagi jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan.

Memang belum ada pembuktikan bahwa perpaduan alkohol dan durian bisa menyebabkan kematian, namun ada baiknya jika kamu mewaspadai hal-hal yang mungkin saja terjadi.

Pasalnya, durian mengandung belerang yang mampu menjadi penghambat enzim pemecah alkohol pada tubuh. Sehingga, mungkin saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

8. Manggis

larangan makan durian dengan manggis
reddbar.com

Meskipun sama-sama buah, ternyata manggis tidak boleh dikonsumsi bebarengan dengan durian. Hal ini karena keduanya dapat meningkatkan suhu tubuh dan berefek buruk pada pencernaan.

Mengonsumsinya secara bersamaan akan membuat perut terasa tidak nyaman karena gangguan pencernaan.

Baca Juga: Sering Mengalami Gangguan Pencernaan di Pagi Hari? Ini Penyebabnya

Itu dia 8 makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan atau dalam waktu yang berdekatan dengan durian.

Sebagai pecinta buah berduri tersebut kamu harus mengetahui hal ini agar tidak salah dan menyesal kemudian.

Lebih baik minum air putih saja setelah mengonsumsi durian. Berikan jarak yang cukup lama apabila ingin makan atau minum sesuatu yang lainnya.

0 Comment