Belum Banyak yang Tahu, Ini Fungsi Toner yang Sebenarnya untuk Wajah

25 January 2019, at 18:00
0
0
Belum Banyak yang Tahu, Ini Fungsi Toner yang Sebenarnya untuk Wajah

Selama ini, fungsi toner dikenal sebagai pembersih sisa kotoran yang menempel di wajah, seperti makeup dan minyak yang belum dituntaskan oleh cleansing water ataupun sabun pencuci muka. Tapi apakah hanya itu saja?

Toner adalah skincare yang dibuat dari bahan dasar air dengan konsistensi seperti cuka. Di dalamnya terkandung bermacam bahan aktif yang memiliki beragam manfaat untuk wajah.

Nah, kira-kira apa saja ya fungsi toner sebenarnya selain membersihkan wajah? Yuk simak cari tahu di sini!

1. Membersihkan wajah secara maksimal

fungsi toner untuk membersihkan wajah
i2i.gi

Bila dilihat dari jenisnya, skincare yang satu ini terdiri dari dua macam. Yakni exfoliating toner dan hydrating toner.

Exfoliating toner bisa bekerja membersihkan wajah secara maksimal sekaligus mengangkat sel-sel kulit mati. Sedangkan hydrating toner akan menghidrasi kulit dengan baik.

Baca juga: Nggak Nyangka! Ternyata Bahan Alami Ini Ampuh Usir Kulit Bersisik

Kedua jenis toner ini juga sama-sama mampu mengangkat residu makeup yang belum hilang saat ritual cleansing sampai wajah bisa bersih tuntas.

2. Menutrisi kulit

fungsi toner untuk menutrisi kulit
shopify.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, tipe hydrating toner bisa menghidrasi kulit secara mendalam. Dengan begitu, bahan-bahan aktif di dalamnya pun akan secara otomatis menutrisi kulit.

Penting untuk diketahui, wajah yang terhidrasi dan mendapat asupan nutrisi dengan baik akan terhindar dari berbagai masalah kulit. Misalnya saja jerawat, kulit kering, komedo, hingga penuaan dini.

3. Menyeimbangkan pH kulit

fungsi toner untuk menyeimbangkan ph kulit
stylecraze.com

Paparan sinar matahari, debu, dan polusi bisa mengganggu pH kulit. Nah fungsi toner selanjutnya adalah untuk menyeimbangkannya.

Toner akan membantu mengembalikan pH alami kulit agar kembali normal pada level 5 atau cenderung asam. Fungsinya ini begitu penting, mengingat pH yang tak seimbang akan membuat kulit jadi kering dan rentan terhadap iritasi.

4. Mengencangkan pori-pori

fungsi toner untuk mengencangkan pori-pori kulit
deviantart.net

Kondisi pori-pori yang terbuka terlampau lebar berpotensi mengundang berbagai masalah pada wajah. Sebut saja produksi sebum melimpah hingga masuknya kotoran yang kemudian akan menumpuk dan membentuk jerawat juga komedo.

Masalah ini juga bisa ditangani oleh toner. Karena mampu mengencangkan tampilan pori-pori yang lebar secara perlahan.

Baca juga: Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini, Maka Wajah Bebas dari Pori Menganga Lebar

5. Mencegah jerawat

fungsi toner untuk mencegah jerawat
dealnyou.in

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, toner mampu memangkas tampilan pori-pori. Dari situ bisa dikatakan bahwa produksi sebum dan kotoran yang menumpuk pemicu timbulnya jerawat akan dikontrol dengan baik.

Sekarang ini bahkan banyak brand kecantikan yang secara khusus menciptakan toner untuk mengatasi jerawat. Selain itu, noda bekasnya yang menghitam dan mengganggu penampilan pun akan disamarkan.

6. Detoksifikasi

fungsi toner untuk detoksifikasi
amazonaws.com

Proses detoksifikasi akan membuat wajah terlihat lebih segar dan cerah. Siapa sangka, toner juga bisa melakukannya untukmu.

Ya, toner mampu mengeluarkan racun dari wajah yang didapatkan dari aktivitas sehari-hari. Misalnya saja polusi dan residu kimia lainnya.

7. Memperkuat lapisan pelindung kulit

fungsi toner untuk memperkuat pelindung kulit
enhance-your-beauty.co.uk

Selain menutrisi, kandungan dalam toner juga diracik untuk memperbaiki dan memperkuat lapisan pelindung kulit. Sehingga wajah lebih tahan dari berbagai kerusakan.

Perlu diketahui pula, rusaknya lapisan pelindung kulit ini jadi penyebab kulit menjadi sensitif.

8. Memaksimalkan fungsi produk perawatan

fungsi toner untuk memaksimalkan manfaat skincare
squarespace.com

Aplikasi toner adalah langkah kedua dalam urutan pemakaian skincare sebelum lanjut pada rangkaian produk perawatan lainnya seperti serum dan pelembab wajah.

Fungsi toner adalah mempersiapkan kulit supaya bisa menyerap produk perawatan dengan lebih baik. Dengan begitu, khasiat dari serum ataupun pelembab untuk mengatasi masalah yang lebih spesifik akan lebih maksimal.

Nah, itu dia beragam fungsi toner selain membersihkan dan menyegarkan wajah. Gimana, masih berani untuk melewatkan penggunaannya dari rutinitas perawatan kecantikanmu?

Jangan lupa juga untuk selalu update beragam informasi dari Qupas. Caranya dengan download aplikasinya Google Playstore atau Apple Appstore, sekarang juga!

0 Comment