Belum Genap Seminggu Ditayangkan, 'Avengers: Endgame' Sudah Pecahkan 10 Rekor Ini

29 April 2019, at 13:00
1
0
Belum Genap Seminggu Ditayangkan, 'Avengers: Endgame' Sudah Pecahkan 10 Rekor Ini

Dimulai dengan Iron Man (2008), franchise film superhero Marvel akhirnya harus berakhir tahun ini. Dan 'Avengers: Endgame' jadi penutupnya.

Bahkan yang bukan fans pun pasti tahu dengan euforia yang menyelimuti 'Avengers: Endgame'. Karena semua orang memang sedang heboh membicarakannya.

Dan benar saja, antusias dari penonton di seluruh dunia membawa 'Avengers: Endgame' memecahkan sejumlah rekor sejak ditayangkan perdana pada tanggal 24 April lalu di China, Indonesia, dan Australia.

Baca juga: 4 Fakta Pre-Sale Tiket 'Avengers: Endgame' di Indonesia, Bikin Geleng-geleng Nggak Percaya

Nah, kali ini Qupas sudah merangkum 10 rekor yang dipecahkan 'Avengers: Endgame' di lima hari pertama penayangannya.

1. Trailer film dengan jumlah penonton terbanyak

trailer avengers endgame pecahkan rekor
instagram.com/marvel.dc.nerds

Setelah 'Avengers: Infinity War', penggemar sudah nggak sabaran untuk mengetahui nasib superhero kesayangannya. Akhirnya saat yang ditunggu pun datang.

Marvel merilis trailer perdana 'Avengers: Endgame' pada tanggal 7 Desember 2018 lalu. Dan benar saja, cuplikan pertamanya ini langsung melesat jadi trending di berbagai media sosial.

Bila diakumulasikan, trailer 'Avengers: Endgame' berhasil ditonton sebanyak 289 juta kali di 24 jam pertamanya. Ini menggeser rekor yang dibuat 'Infinity War' yang kala itu disaksikan sebanyak 230 juta kali.

2. Rekor pre-sale tiket terlaris

avengers endgame poster
instagram.com/marvelstudios

Tiket pre-sale 'Avengers: Endgame' untuk wilayah Amerika Serikat mulai dijual secara online 3 April lalu. Film ke-22 dari MCU ini pun mencetak rekor baru.

Fandango dan Atom Tickets, dua situs tiket terbesar di Amerika mencatat bahwa tiket 'Avengers: Endgame' ludes terjual hanya dalam beberapa jam saja dengan raihan mencapai 120 juta USD atau setara dengan 1,6 triliun rupiah.

Capaian ini secara otomatis memecahkan rekor penjualan tiket di hari pertama yang sebelumnya dipegang oleh 'Star Wars: The Force Awakens' dalam enam jam pertama penjualannya.

3. Ditayangkan di layar bioskop terbanyak

avengers endgame rekor
instagram.com/marvelstudios

Di Amerika Utara, 'Avengers: Endgame' ditayangkan di 4.662 bioskop. Ini pun juga memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang 'Despicable Me 3'.

Saat itu, film animasi terpopuler ini ditayangkan di 4.549 bioskop.

4. Film Marvel dengan durasi terlama

avengers endgame jadi film marvel terlama
instagram.com/marvelstudios

Meski rekor yang satu ini bisa dianggap sebagai capaian internal, tapi bukan berarti nggak menarik untuk dibahas. 'Avengers: Endgame' yang tayang selama 3 jam 1 menit jadi film dengan durasi terlama dari MCU.

Rekor ini sebelumnya dipegang 'Avengers: Infinity War' yang dirilis dengan durasi 2 jam 40 menit.

5. Film dengan pendapatan tertinggi di hari pertamanya

poster avengers endgame
instagram.com/marvelstudios

'Avengers: Endgame' tayang perdana di Amerika pada hari Jumat, 26 April 2019 kemarin. Film ini pun memantapkan diri sebagai tayangan dengan pendapatan tertinggi di hari pertama penayangannya dengan raihan mencapai 156,7 juta USD.

Diketahui, rekor sebelumnya dipegang oleh 'Star Wars: The Force Awakens' dengan capaian 119,1 juta USD saat dirilis 2015 lalu.

Baca juga: Selain Pecahkan Rekor, Harga Pre-Sale Satu Tiket 'Avengers: Endgame' Ternyata Dijual Hingga 65 Juta

6. Film tercepat yang meraup 100, 200, dan 300 juta USD

avengers endgame dirilis
instagram.com/christ_ave41

'Avengers: Endgame' sukses jadi film tercepat yang meraih 100, 200, dan 300 juta USD di hari pertama, kedua, dan ketiga penayangannya di Amerika dan Kanada.

Capaian ini melampaui prestasi 'Avengers: Infinity War' dan franchise film terlaris, 'Star Wars: The Force Awakens'.

7. Pendapatan domestik tertinggi di akhir pekan pertama penayangannya

avengers endgame rekor
instagram.com/marvelstudios

Di akhir pekan pertama penayangannya, 'Avengers: Endgame' sudah mendapatkan 350 juta USD dari bioskop di Amerika dan Kanada. Ini memecahkan rekor yang sebelumnya diukir sekuel ketiganya.

Yaitu 'Avengers: Infinity War' yang tahun lalu berhasil meraup 257 juta USD di akhir pekan pertama penayangannya.

8. Film terlaris di China di akhir pekan pertama penayangannya

avengers endgame tayang di indonesia
instagram.com/marvelstudios

Selain dari Amerika dan Kanada, pendapatan 'Avengers: Endgame' yang paling besar ternyata berasal dari China. Di negeri tirai bambu tersebut, film superhero Marvel ini mengantongi 330 juta USD.

9. Film terlaris di akhir pekan pertama penayangannya

poster avengers endgame
instagram.com/marvelstudios

Pendapatan yang diraup 'Avengers: Endgame' dari wilayah domestik ternyata nggak seberapa. Karena bila ditotal dengan pundi-pundi yang dikumpulkan dari seluruh dunia, film terakhir di fase ketiga Marvel ini berhasil mengantongi 1,2 miliar USD.

Bila dikonversi ke rupiah, pendapatan 'Avengers: Endgame' di akhir pekan pertamanya mencapai 16,8 triliun rupiah. Jumlah ini melampaui rekor film terlaris di akhir pekan pertamanya milik 'Infinity War' yang tahun lalu meraup 640 juta USD. Luar biasa!

10. Film tercepat yang meraup pendapatan 1 miliar USD

avengers endgame
instagram.com/marvelstudios

Seperti yang dibahas poin sebelumnya, 'Avengers: Endgame' mampu jadi film terlaris di akhir pekan pertama penayangannya karena mendapatkan 1,2 miliar USD.

Di saat yang sama, karya Russo Brothers ini juga jadi film tercepat yang meraih 1 miliar USD, yakni hanya membutuhkan waktu sebanyak 5 hari saja.

Nah, itulah sederet rekor yang dipecahkan 'Avengers: Endgame'. Kamu masih kebagian tiket nontonnya nggak nih?

0 Comment