Belum Pernah Terpikirkan, Swalayan di Thailand Ini Gantikan Plastik dengan Daun Pisang

28 March 2019, at 10:00
0
0
Belum Pernah Terpikirkan, Swalayan di Thailand Ini Gantikan Plastik dengan Daun Pisang

Kampanye pengurangan penggunaan plastik atau diet kantong plastik kembali gencar dibicarakan. Hal tersebut bukan hanya terjadi di Indonesia, gerakan ini dilakukan oleh berbagai pihak di seluruh dunia.

Gerakan diet kantong plastik juga dilakukan oleh salah satu swalayan atau supermarket di Thailand yang menggantinya dengan hal tidak terduga.

Swalayan bernama Rimping yang berada di Chiangmai, Thailand, tersebut menggunakan daun pisang sebagai pengganti kantong plastik.

Baca Juga: Trash Tag Challenge, Tantangan Memungut Sampah yang Cocok Diterapkan di Indonesia

Hal tersebut menjadi pembicaraan dan viral di media sosial setelah sebuah perusahaan properti di daerah yang sama mengunggah foto-foto kemasan daun pisang tersebut pada akun Facebook mereka yang bernama Perfect Homes Chiangmai.

diet kantong plastik
facebook.com/perfecthomes

Sampai saat ini, unggahan tersebut telah mendapatkan 6,6 ribu suka, hampir 400 komentar, dan dibagikan sebanyak lebih dari 16 ribu kali.

Berbagai komentar diutarakan oleh warganet. Sebagian besar memuji pihak swalayan yang melakukan gerakan diet kantong plastik dengan cukup efektif dan unik.

Sedangkan beberapa diantaranya mengkritik karena masih ada plastik yang digunakan dari karet pengikat kemasan.

daun pisang sebagai ganti kantong plastik
facebook.com/perfecthomes

Penggunaan kantong plastik memang sudah menjadi sorotan sejak beberapa tahun lalu. Pasalnya, sampah plastik yang dihasilkan dunia mencapai 9 miliar ton per tahun dan hanya 9 persen saja yang didaur ulang.

Jumlah yang sangat fantastis, bukan? Indonesia sendiri menempati urutan ke-2 sebagai negara penyumbang sampah plastik terbanyak yaitu 3,2 juta ton. Sedangkan urutan pertama diisi oleh negara China yang menghasilkan sebanyak 8,8 juta ton.

Baca Juga: Foto Menyedihkan Dampak Sampah Plastik pada Kehidupan Hewan

Melihat hal tersebut, penggunaan daun pisang menjadi salah satu alternatif yang efektif digunakan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Meskipun tidak bebas plastik sepenuhnya, namun cara ini bisa dicontoh dan diterapkan di Indonesia.

alternatif kantong plastik sekali pakai
facebook.com/perfecthomes

Selain daun pisang, kamu juga bisa menggunakan tas ayaman, totebag kanvas, kardus bekas, dan lain sebagainya yang tidak sekali pakai sebagai pengganti kantong plastik.

Menurut United Nations Environment Programme, diperkirakan akan ada 12 miliar ton sampah plastik dunia pada tahun 2050 mendatang.

Oleh sebab itu, Sobat Qupas bisa berpartisipasi dalam gerakan diet kantong plastik mulai dari diri sendiri dengan hal-hal kecil seperti di atas demi masa depan yang lebih baik.

0 Comment