Belum Sah ke Bali, Kalau Belum Santap Kuliner Legend yang Satu ini

12 July 2018, at 01:00
1
0
Belum Sah ke Bali, Kalau Belum Santap Kuliner Legend yang Satu ini

Bicara mengenai Bali memang tidak ada habisnya. Sebab, ada segudang panorama ciamik yang siap kamu kunjungi. Walaupun, luasnya tak lebih dari 6.000 kilometer persegi, tapi Pulau Seribu Pura ini menyimpan begitu banyak surga dunia yang tentunya nggak bakal kamu dapetin di tempat lain. Bagi kamu yang hobi traveling ke Bali, tempat wisata mana nih yang sering kamu kunjungi?

Tentunya banyak tempat wisata yang sudah kamu kunjungi di Pulau Seribu Pura ini, bukan? Mulai dari pantai, pusat kesenian, museum, dataran tinggi, hingga pegunungan. Tapi, tahukah kamu kalau ada sebuah ritual khusus di Bali yang wajib dilakukan oleh setiap pengunjung yang datang? Jika tidak melakukan ritual ini, maka pengunjung tersebut belum dinyatakan sah sebagai wisatawan di Bali.

 

Youtube.com

 

Apa sih ritual khusus tersebut? Jadi, ritual itu adalah mencicipi kuliner legendaris yang bernama Rujak Kuah Pindang. Ya, rujak yang satu ini merupakan rujak paling legend yang pernah ada di Bali. Kabarnya, rujak kuah pindang sudah ada sejak zaman nenek moyang dulu. Tapi, walau sudah ratusan tahun, nyatanya rujak ini masih sangat eksis dan tidak tergerus zaman loh.

 

Dari namanya saja mungkin kamu sudah bisa menebak, jenis apa rujak ini kan? Ya, rujak kuah pindang sebenarnya hampir sama dengan rujak buah lainnya. Namun, yang membedakan dan menjadi ciri khas dari kuliner yang satu ini adalah bumbu dan kaldunya. Nantinya, irisan buah-buahan tersebut akan disiram dengan kaldu pindang yang dibuat secara khusus dengan resep rahasia. Rasanya sangat lezat dan menggugah selera. Tapi jika kamu terganggu dengan aroma pindangnya, kamu bisa menambahkan gula dan jeruk nipis ke dalam rujak ini agar aroma pindangnya tidak terlalu menyengat.

 

Wanderlands.travel

 

Nah, buat kamu yang sudah sering ke Bali, tapi belum pernah menyantap rujak kuah pindang, maka kamu belum sah disebut sebagai pelancong pulau dewata. Untuk itu, ketika lain waktu kamu berlibur ke Bali, jangan pernah lewatkan menyantap kuliner legend ini ya! Setelah menyantap habis, jangan lupa juga ceritakan bagaimana nikmatnya rujak ini kepada teman-teman travelingmu.

0 Comment