Benarkah Air Liur Bisa Jadi Obat Sakit Mata Alami? Ini Faktanya

16 September 2019, at 10:00
0
0
Benarkah Air Liur Bisa Jadi Obat Sakit Mata Alami? Ini Faktanya

Beberapa orang percaya bahwa mengolesi mata yang sakit dengan air liur saat baru saja bangun tidur akan membuatnya menjadi lebih baik. Apakah kamu salah satu yang pernah melakukan metode tersebut?

Kepercayaan tradisional ini didasari oleh adanya zat-zat yang dapat membantu menyembuhkan luka pada air liur manusia. Meskipun demikian, belum ada penelitian khusus yang membahas kebenarannya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh DR. Dr. Ike Sumantri Wiyogo, SpM(K) yang mengatakan bahwa meskipun air ludah mengandung antiseptik namun belum terdapat penelitian yang memastikan zat tersebut berefek positif sebagai obat sakit mata alami.

sakit mata
thebeautifullens.com

Di sisi lain, ia justru khawatir terhadap kandungan air liur tersebut apabila kamu nggak benar-benar menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Baca Juga: Jangan Dikucek, Inilah 8 Obat Sakit Mata Alami yang Ampuh dan Aman

Bagaimana pun, mulut bisa saja mengandung banyak kuman dari sisa-sisa makanan yang nggak dibersihkan secara maksimal. Hal tersebut dikhawatirkan malah akan memperparah kondisi mata yang sakit, baik mata merah, mata bengkak, dan kondisi lainnya.

obat sakit mata alami
aescotilha.com.br

Oleh sebab itu, menjadikan air liur sebagai obat sakit mata alami sebenarnya nggak terlalu disarankan karena belum diketahui secara pasti kandungan di dalamnya sehingga masih memiliki risiko infeksi.

Daripada melakukan pengobatan yang belum pasti, kamu disarankan untuk pergi ke dokter apabila mengalami keluhan sakit mata yang menganggu.

Pasalnya, masalah kesehatan tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti bakteri, virus, atau degentatif yang juga memiliki cara penanganan berbeda-beda.

mengucek mata
superatuenfermedad.com

Selain itu, Sobat Qupas juga nggak seharusnya mengucek mata menggunakan tangan karena hal tersebut justru bisa memperparah infeksi.

Menggunakan air liur sebagai obat sakit mata memang berhasil pada sebagian orang, akan tetapi hal tersebut belum tentu bekerja dengan baik pada dirimu, lho!

0 Comment