Qupas Family

Benarkah Anak yang Diasuh Kakek dan Neneknya Jadi Lebih Manja? Ini Lho Faktanya!

21 January 2020, at 10:00
Benarkah Anak yang Diasuh Kakek dan Neneknya Jadi Lebih Manja? Ini Lho Faktanya!

Ketika pekerjaan atau aktivitas terlalu padat, beberapa orang tua memilih untuk menitipkan anak kepada kakek dan neneknya. Pilihan tersebut dianggap ideal karena lebih terpercaya dan nggak mengeluarkan biaya.

Akan tetapi, beberapa orang mengatakan bahwa anak yang diasuh kakek neneknya akan menjadi lebih manja. Lantas benarkah demikian?

Berikut ini beberapa dampak negatif pada anak apabila diasuh oleh kakek dan neneknya. Nggak terduga lho Bunda!

1. Anak Cenderung Mengalami Masalah Perilaku

anak manja
gettyimages.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Bronfenbrenner Center for Translational Research menyatakan bahwa anak-anak yang diasuh oleh kakek dan neneknya memiliki tantangan yang berbeda sehingga cenderung mengalami masalah perilaku.

Kakek dan nenek biasanya menerapkan pola asuh yang lebih fleksibel dan permisif dibandingkan dengan orang tua. Hal tersebut secara nggak langsung membentuk karakter si kecil menjadi lebih keras kepala, manja, emosional, dan lain sebagainya.

2. Anak Nggak Terdorong untuk Beraktivitas Fisik

cucu dan kakek
cbc.ca

Selain itu, anak yang diasuh oleh kakek dan neneknya juga biasanya nggak terdorong untuk melakukan aktivitas fisik. Kondisi ini bisa saja dipengaruhi oleh faktor usia kakek dan nenek yang nggak bisa maksimal dalam hal tersebut.

Nggak hanya itu, kakek dan nenek juga biasanya lebih protektif dan sering khawatir terhadap cucunya sehingga lebih sering melarang buah hati apabila ingin melakukan aktivitas fisik di luar ruangan.

3. Anak Lebih Banyak Mengonsumsi Makanan Manis

dampak anak diasuh kakek nenek
thesun.co.uk

Dilansir dari Mirror, anak-anak yang tinggal bersama kakek dan neneknya bisa saja mengalami obesitas, gigi rusak, bahkan diabetes. Kondisi tersebut bisa terjadi karena si kecil sering dimanjakan dengan makanan manis dan berlemak.

Kakek dan nenek sebenarnya melakukan hal tersebut karena rasa sayang dan ingin cucunya bahagia. Akan tetapi, tindakan tersebut justru dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Baca juga: Orang Tua Wajib Tahu Tentang 4 Pola Asuh dan Pengaruhnya pada Perkembangan Anak

4. Keterampilan Sosial Anak Kurang Terasah

anak sedih
bldaily.my

Anak-anak juga bisa tumbuh dengan keterampilan sosial yang kurang karena lebih sering diasuh oleh kakek dan neneknya lho. Hal ini karena mereka nggak cukup berinteraksi dan mendapatkan stimulasi dari teman-teman sebayanya.

Dimanjakan oleh kakek dan nenek merupakan hal yang menyenangkan sehingga si kecil cenderung betah berada di zona nyaman tersebut dan sulit untuk bergaul.

5. Anak Bisa Berjarak dengan Orang Tua

anak diasuh kakek nenek
dreamstime.com

Tahu nggak sih, dalam keadaan seperti ini perbedaan pola asuh orang tua dan kakek-nenek pasti sangat dirasakan oleh anak. Secara nggak langsung, si kecil akan berfikir bahwa kakek dan nenek membuatnya merasa lebih disayang.

Kondisi tersebut lantas akan menciptakan jarak antara orang tua dan anak lho. Nggak hanya itu, hal tersebut juga bisa membuat si kecil bingung.

Maka dari itu, Sobat Qupas harus berhati-hati dan sebaiknya berdiskusi terlebih dahulu dengan kakek dan nenek si kecil untuk menyelaraskan pola asuh ya!