Benarkah Anak yang Tumbuh Bersama Kakek dan Nenek Punya Tingkat Depresi Lebih Kecil?

22 April 2019, at 10:00
0
0
Benarkah Anak yang Tumbuh Bersama Kakek dan Nenek Punya Tingkat Depresi Lebih Kecil?

Bagi orang tua yang sedang bekerja, kadang ada keraguan untuk menitipkan anak pada pengasuh. Sebagai alternatif, mereka akan menitipkan si kecil pada kakek neneknya. Ternyata hal ini akan membawa dampak positif, lho.

Bahkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford menyatakan bahwa anak-anak yang tumbuh bersama kakek nenek punya pemahaman baik tentang berbagai masalah dan mampu mengatasi trauma.

Alhasil, tingkat depresi anak akan lebih rendah. Khususnya ketika mereka sudah tumbuh dewasa.

Baca juga: Awas! Orang Tua Sering Ngomel, Mental Anak Jadi Rusak

Menariknya lagi, selain berkurangnya tingkat depresi, masih ada lagi sederet keuntungan yang didapat saat anak tumbuh bersama kakek dan nenek. Mau tahu apa saja? Simak ulasan di bawah ini ya!

1. Anak Lebih Tangguh

nenek dan cucu
texaslegal.org

Terkadang nenek akan mengajarkan tentang sejarah dan hal-hal emosional yang pernah dihadapi keluarga. Ini akan membuat anak punya pikiran lebih tajam dan tangguh.

Anak akan tahu gimana caranya untuk bangkit lagi dan melawan secara tantangan yang akan dihadapi.

2. Anak Belajar Berempati

kakek nenek dan cucu
oversixty.com.au

Kakek dan nenek juga bisa membantu anak belajar nilai-nilai moral positif. Biasanya melalui beragam kisah yang bisa mengajarkan tentang empati dan kebaikan.

3. Membangun Ikatan Emosional

keluarga
grandparentgiftcompany.com

Beberapa sumber menyebut bahwa hubungan antar keluarga nantinya akan mendukung perkembangan kecerdasan emosi anak. Terutama saat si kecil berinteraksi dengan teman-temannya.

Saat Bunda maupun Ayah mengajak anak ke rumah kakek dan nenek, ia juga bisa lebih dekat dengan keluarga besarnya. Ini akan mempermudah si kecil bersosialisasi ketika mereka sekolah nanti.

4. Risiko Kesepian pada Anak Berkurang

keuntungan kakek dan nenek merawat cucu
mcilveenfamilylaw.com

Keuntungan lain ketika anak tumbuh bersama kakek dan nenek adalah risiko kesepian akan berkurang. Apalagi ketika Bunda dan Ayah bekerja.

Bukan cuma orang dewasa, anak-anak juga bisa merasa kesepian. Di saat inilah kakek dan nenek bisa membantu untuk menemani si kecil.

Baca juga: Jangan Dimarahi! Ini Cara Jitu Atasi Anak Suka Bohong

5. Anak Belajar Mandiri

kakek bersama cucu
hudsonpubliclibrary.org

Banyak anak yang akan menangis histeris saat orang tua bekerja. Salah satu solusinya adalah menitipkan si kecil pada kakek dan neneknya.

Berdasarkan pengalaman beberapa orang tua, seiring berjalannya waktu hal ini akan membuat anak lebih mandiri. Bahkan si kecil nggak lagi menangis histeris ketika ia berpisah dari Bunda dan Ayah.

6. Anak Belajar Percaya Selain Orang Tuanya

kakek dan cucu
wkfamilylaw.com

Perlu Bunda tahu nih. Rumah kakek dan nenek bisa jadi tempat sempurna untuk membiarkan si kecil merasa nyaman dan aman selain di kediamannya sendiri.

Saat si kecil di rumah kakek dan nenek, ia akan melihat banyak anggota keluarga lain yang juga sayang dan peduli padanya. Otomatis si kecil juga akan belajar percaya pada orang selain Bunda dan Ayah.

7. Manfaat Bagi Kakek dan Nenek yang Ikut Mengasuh Cucu

kakek nenek
georgiadis.com.au

Bukan cuma untuk anak, kakek dan nenek juga akan mendapatkan manfaat ketika mereka ikut mengasuh cucu. Studi menyebut bahwa kakek dan nenek yang merawat anak kecil rata-rata punya usia lebih panjang 5 tahun. Hal ini karena kecil kemungkinan kakek dan nenek merasa kesepian maupun kecemasan.

Itulah keuntungan saat anak tumbuh bersama kakek dan nenek. Jadi jangan ragu untuk membiarkan si kecil berinteraksi selain dengan Bunda dan Ayah, ya! Tapi ini bukan berarti orang tua harus menyerahkan seluruh pengasuhan anak pada kakek dan nenek, lho.

0 Comment