Benarkah Berenang Setelah Makan Berbahaya? Ini Lho Penjelasannya

30 October 2019, at 10:00
0
0
Benarkah Berenang Setelah Makan Berbahaya? Ini Lho Penjelasannya

Pernah nggak sih kamu mendengar anjuran untuk nggak berenang setelah makan karena bisa berbahaya? Hal tersebut biasanya diungkapkan oleh orang tua kepada anak-anak mereka.

Meskipun mungkin nggak memiliki bukti yang kuat, akan tetapi larangan untuk berenang setalah makan karena bisa menyebabkan kram perut dan tenggelam sepertinya masih dipercayai oleh banyak orang.

Lantas, benarkah berenang setalah makan dapat menyebabkan masalah kesehatan dan bahkan kematian?

tenggelam
sonyolhaber.com

Menurut ahli fisiologi latihan dan direktur diet & kebugaran di Duke University, Gerald Endress, mengatakan bahwa berenang setelah makan atau dalam keadaan perut kenyang nggak memengaruhi kemampuan berenang.

Setelah makan darah memang mengalir ke perut untuk membantu proses pencernaan, akan tetapi hal tersebut nggak menyebabkan otot kehilangan energi sehingga membuatmu tenggelam.

Baca Juga: Gugup Bikin Perut Kram? Begini Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Meskipun demikian, Roshini Rajapaksa yang merupakan gastroentrologist dari New York University School of Medicine bahwa berenang setelah makan bisa menyebabkan kram perut apabila dilakukan dengan terlalu cepat atau bersemangat.

berenang
immofamily.ch

Akan tetapi, kemungkinan kematian akibat kram perut yang disebabkan oleh berenang setelah makan sangat kecil, kurang dari satu persen.

Selama ini, belum ada bukti atau penelitian yang menunjukkan bahwa makan sebelum berenang merupakan hal yang berbahaya. Hanya saja, berolahraga saat makanan baru setengah dicerna bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan rasa mual.

Maka dari itu, kamu sebaiknya istirahat sebentar setelah makan untuk menghindari begah atau mual sebelum berenang. Selain itu, sangat penting melakukan pemanasan terlebih dahulu agar nggak kram.

makan sambil berenang
youtube.com/CodyMiller

Berbeda dari itu, makan sambil berenang sebaiknya dihindari karena bisa membuatmu tersedak. Pasalnya, saat mengunyah tubuh perlu mengatur napas sehingga hal tersebut akan membingungkan apabila dilakukan sambil berenang.

Nah, itu dia Sobat Qupas fakta yang perlu kamu ketahui tentang makan sebelum berenang. Sudah tahu kan sekarang?

0 Comment