Benarkah Jarang Sikat Gigi bisa Bikin Susah Punya Keturunan?

27 November 2018, at 09:00
1
0
Benarkah Jarang Sikat Gigi bisa Bikin Susah Punya Keturunan?

Rasanya sudah menjadi pengetahuan umum kalau menyikat gigi secara rutin akan membuat kesehatan gigi dan mulut terjaga. Namun lebih dari itu, kebiasaan ini ternyata juga berdampak pada kesuburan pria dan wanita lho.

Seorang ahli kesuburan dari University of Western Australia menyatakan bahwa berbagai penyakit pada gusi dan gigi secara signifikan akan menghambat proses kehamilan.

Klaim ini didasarkan pada penelitiannya yang menemukan kalau wanita dengan penyakit gusi memerlukan waktu dua bulan lebih lama untuk hamil, dibandingkan dengan mereka yang memiliki gigi dan gusi sehat.

ilustrasi wanita yang sulit hamil
motherhow.com

Wanita yang kesehatan giginya terjaga rata-rata hanya membutuhkan waktu sekitar lima bulan untuk hamil. Sedangkan mereka dengan peradangan gusi harus menunggu tujuh bulan sampai setahun untuk mendapatkan momongan.

Penyakit pada gusi seperti peradangan atau gigi berlubang umumnya disebabkan oleh kebiasaan sikat gigi yang sering dilewatkan. Bila hal ini dibiarkan, maka bisa memicu periodintitis atau peradangan gusi kronis.

Baca juga: Inilah 5 kondisi Mulut yang Menggambarkan Kesehatanmu, Simak Yuk!

Kondisi ini membuat aliran darah di sekitar rongga mulut rentan terkontaminasi 700 tipe bakteri.

Bakteri yang telah masuk ke aliran darah tentu saja akan ikut beredar ke seluruh tubuh.

Itulah kenapa kesehatan gigi dan mulut dikaitkan dengan risiko berbagai penyakit mematikan seperti gangguan pernapasan, ginjal, jantung, dan sekarang bisa jadi penyebab wanita sulit hamil.

ilustrasi wanita yang sulit hamil
verywellfamily.com

Dari penelitian tersebut ditemukan juga kalau gusi yang terinfeksi akan melepaskan kimiawi inflamasi yang bisa membuat panas dinding rahim. Bila hal ini terjadi, proses pembuahan pada telur yang subur tentu saja akan terganggu.

Tak hanya pada wanita, malas menyikat gigi juga mempengaruhi kesuburan pria. Sebab bakteri jahat dari mulut yang ikut dalam aliran darah akan membuat kualitas sperma menjadi buruk.

ilustrasi pasangan yang sedang bertengkar
framepool.com

Kelainan pada sperma biasanya ditandai dengan jumlah sperma yang sedikit, pergerakannya tidak gesit dan bentuknya tidak normal. Hal ini bisa menurunkan kesempatan pria untuk membuahi pasangannya, sehingga akan susah untuk mendapat momongan.

Nah, sudah tahu kan kenapa jarang sikat gigi bisa berakibat pada sulit untuk mendapatkan keturunan?

Supaya tak mengalami hal tersebut, jangan malas untuk menjaga kesehatan mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari mulai sekarang!

0 Comment