Benarkah Kandungan Parfum dalam Skincare dan Makeup Berbahaya Bagi Wajah?

22 March 2019, at 20:32
0
0
Benarkah Kandungan Parfum dalam Skincare dan Makeup Berbahaya Bagi Wajah?

Sebagian wanita merasa senang kala mendapati sebuah produk skincare atau makeup membawa aroma wangi. Inilah yang mendasari beberapa brand kecantikan untuk terus menambahkan parfum ke dalam racikannya.

Tapi banyak pula wanita yang mulai menyadari kalau kandungan parfum menyimpan bahaya bagi kulit wajah. Sadar akan hal ini, beberapa produsen kecantikan pun turut menghilangkan tambahan bahan pewangi pada produknya.

Hingga bertebaran produk skincare dan kosmetik yang berlabel fragrance-free. Namun sebenarnya, seberapa bahayanya parfum bagi kulit wajahmu?

bahaya kandungan parfum dalam skincare dan makeup
instagram.com/theklog

Parfum, baik yang sintetis atau yang berasal dari bahan alami memang sering ditambahkan pada produk kecantikan. Tujuan utamanya adalah untuk menutupi bau kurang sedap yang bisa mengganggu penggunanya.

Tapi disisi lain, bahan tambahan ini juga berpotensi merusak wajah. Apalagi bila digunakan setiap hari.

Baca juga: Terlalu Sering Memakai Makeup Waterproof Bisa Merusak Wajah, Hoax atau Fakta?

Pewangi sintetis atau buatan biasanya dibuat dari 3000 bahan kimia. Dan beberapa diantaranya memang kurang bersahabat untuk kulit.

Terutama bagi kulit sensitif, karena bisa menimbulkan efek kemerahan, iritasi, bahkan jerawat.

iritasi akibat parfum dalam produk kecantikan
welldoing.org

Dalam tahap yang lebih parah, bahan kimia pada parfum bisa menimbulkan peradangan, gatal-gatal, memengaruhi hormon, hingga gangguan pernapasan.

Jangan dianggap reaksi yang cukup mengerikan ini hanya terjadi pada pemilik kulit sensitif. Karena sebenarnya, kandungan parfum dalam makeup dan skincare berbahaya bagi semua jenis kulit.

Hanya saja, efeknya mungkin tak langsung terlihat.

bahan kimia berbahaya dalam skincare

Bahan kimia berbahaya dalam kosmetik dan skincare berparfum yang diaplikasikan setiap hari akan menumpuk di wajah.

Bila dipakai secara terus menerus, peradangan pada kulit bisa saja terjadi dikemudian hari. Begitu pula dengan kandungan parfum yang berbahan dasar alami.

Meski umumnya dianggap lebih aman, kandungan parfum dalam produk kecantikan yang berasal dari bahan alami juga membawa senyawa yang bisa mengiritasi kulit.

kandungan parfum dalam skincare
hpcimedia.com

Hal ini karena proses penambahannya melalui sistem penguapan. Sehingga sebagian kandungannya justru menjadi reaktif dan berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit.

Lalu adakah kandungan parfum dalam skincare dan makeup yang aman untuk kulit? Tentu saja ada.

Skincare yang memiliki kandungan pewangi dari melon, vanilla, aloe vera, mangga, shea butter, bunga mawar, lavender oil, peppermint, dan kayu manis biasanya jarang menimbulkan iritasi.

kandungan parfum dari bahan alami
instagram.com/studiotropik

Malah, kamu bisa menemukan manfaat ajaib dari kayu manis, bunga mawar, aloe vera, shea butter, dan peppermint yang ada di skincare dan koleksi makeup milikmu.

Nah, itulah bahaya yang bisa ditimbulkan dari skincare dan makeup yang mengandung parfum. Jadi, lebih baik kurangi atau hindari  membeli produk beraroma wangi.

Meski sangat menggoda, ingat berbagai bahaya yang bisa mengancam kecantikan wajahmu.

0 Comment