Benarkah Kebiasaan Begadang Bisa Bikin Wajah Jerawatan? Ini Faktanya

26 January 2019, at 11:00
0
0
Benarkah Kebiasaan Begadang Bisa Bikin Wajah Jerawatan? Ini Faktanya

Jerawat adalah salah satu bentuk peradangan kulit yang terbentuk akibat kelenjar minyak yang terinfeksi dengan bakteri. Pemicunya pun beragam, konon katanya permasalahan wajah ini bisa timbul karena sering begadang.

Lalu apakah benar bila hobi begadang bisa memicu munculnya jerawat yang sangat mengganggu penampilan? Jawabannya adalah iya.

Kebiasaan begadang ternyata berkaitan erat dengan pembentukan jerawat dan bisa memperparah jerawat yang sudah ada. Mau tahu alasannya? Yuk langsung simak penjelasannya berikut ini!

 A. Alasan Begadang Bisa Memunculkan Jerawat

1. Begadang meningkatkan inflamasi sitokin

begadang memperparah jerawat
glamtush.com

Dilansir dari beautisecrets.com, tertulis dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism bahwa kebutuhan tidur yang tak terpenuhi akan meningkatkan sitokin.

Sitokin adalah kelompok protein yang terlibat dalam sistem imun dan inflamasi. Ketika produksinya melonjak, maka akan memicu timbulnya peradangan.

Baca juga: Jerawat Pasir Suka Datang Keroyokan? Yuk Kenali Penyebab dan Cara Membasminya
Peradangan ini akan menyumbat pori-pori dan membuat jerawat tumbuh subur.

2. Begadang menyebabkan resistensi insulin

begadang bikin wajah berminyak dan berjerawat
liveabout.com

Masih dikutip dari beautisecrets.com, kurang tidur menyebabkan level resistensi insulin meningkat. Kondisi ini akan mendorong tubuh untuk memproduksi insulin lebih banyak.

Akibatnya produksi sebum atau minyak juga akan melimpah sehingga potensi timbulnya jerawat semakin besar.

3. Begadang meningkatkan stres

begadang meningkatkan stres dan jerawat
npr.org

Profesor Darmatologi dari Wake Forest University School of Medicine, Dr Gil Yosipovich mengatakan bahwa, pemicu tumbuhnya jerawat bisa berasal dari stres.

Sedangkan pada sebuah penelitian juga ditemukan, tingkat stres akan meningkat hingga 14 persen setiap seseorang kurang tidur selama 1 jam saja.

Jadi bayangkan, hobi begadang akan membuat tingkat stres yang dialami tubuh terus bertambah. Dan di saat yang sama, produksi hormon kortisol yang memicu peradangan juga melonjak naik.

Kuantitas hormon kortisol inilah yang membuat jerawat bermunculan.

4. Begadang menghambat kemampuan penyembuhan tubuh

begadang memperlambat penyembuhan jerawat
invisioncic.com

Tak hanya stres, kebiasaan tidur larut malam ternyata mampu mengubah sisi emosional juga mental seseorang dan menyebabkan depresi. Hal ini kemudian akan menciptakan sikap dan pikiran negatif.

Singkatnya, kesehatan mental yang buruk terbukti menghambat kemampuan penyembuhan yang dimiliki tubuh dan bisa memperparah kondisi jerawat.

Baca juga: Gadget dan Hal-hal Sepele Ini Bikin Jerawatmu Makin Parah, Kok Bisa?

Sekarang sudah jelas kan, kalau kurang tidur memang benar-benar bisa membuat wajah penuh dengan jerawat. Nah untuk itu, Qupas juga akan bagikan tips untuk mengatasi jerawat akibat kebiasaan begadang. Seperti berikut ini!

B. Cara Mengatasi Jerawat Akibat Begadang

1. Benahi pola tidur

tidur dengan cukup untuk mengatasi jerawat
firstcrycdn.com

Untuk mengatasi jerawat akibat begadang, tentu saja hal pertama yang harus dilakukan adalah membenahi pola tidur. Penuhi kebutuhan tidur harianmu dengan istirahat minimal 7-8 jam setiap malam.

Supaya tidurmu semakin berkualitas, situasikan ruangan senyaman mungkin. Jauhkan ponsel, matikan tv, juga lampu kamar. Hal ini akan membantu kamu untuk terlelap lebih cepat.

2. Bersihkan wajah sebelum tidur

mencuci wajah untuk menghindari jerawat
allure.com

Wajah yang kotor setelah seharian penuh beraktivitas jadi tempat favorit bakteri untuk bersarang. Maka dari itu pastikan untuk mencuci muka selarut apapun kamu baru bisa tidur.

Sebagai tips, kamu bisa membersihkan wajah dengan air hangat. Sebab, air yang terlalu panas atau dingin bisa menghilangkan minyak alami dan membuat kulit terlalu kering.

3. Perbanyak konsumsi air putih

memperbanyak konsumsi air putih untuk mencegah jerawat
scstylecaster.files.wordpress.com

Selain membuat kulit terjaga kelembabannya, konsumsi air putih ternyata mampu membantu proses detoksifikasi.

Bila racun dalam kulit terbuang dan peredaran darah semakin lancar, risiko timbulnya jerawat bisa diminimalisir.

4. Hindari makanan manis

menghindari makanan manis
dailymail.co.uk

Telah disinggung sebelumnya, produksi insulin yang berlebih akan memperbanyak sebum. Untuk itu, hindari makanan manis yang bisa meningkatkan kadar gula darah.

Selain memicu timbulnya jerawat baru, terlalu banyak insulin diklaim bisa merubah metabolisme tubuh dan memperlambat penyembuhan jerawat.

Nah itulah beberapa fakta seputar timbulnya jerawat akibat kebiasaan begadang sekaligus cara mengatasinya. Meski hal ini tak berlaku pada semua orang, ada baiknya untuk tetap menjaga pola tidur supaya kecantikan kulit selalu terjaga.

Jangan lupa juga untuk selalu update beragam informasi dari Qupas. Caranya dengan download aplikasinya Google Play Store atau Apple App Store, sekarang juga!

0 Comment