Benarkah Langsung Mandi Setelah Bangun Tidur Bisa Bikin Cepat Mati?

13 June 2019, at 00:00
1
0
Benarkah Langsung Mandi Setelah Bangun Tidur Bisa Bikin Cepat Mati?

Pernahkan kamu langsung mandi setelah bangun tidur? Jika iya, sebaiknya jangan pernah mengulangi hal tersebut karena dampaknya bisa sangat berbahaya.

Hal tersebut seringkali dilakukan oleh orang-orang yang terkejut karena saat bangun tidur ternyata sudah telat atau kesiangan untuk berangkat ke kantor atau sekolah.

Langsung mandi setelah bangun memang mencegah keterlambatan lebih parah, memberikan sensasi segar dan menghilangkan rasa kantuk secara instan.

Baca Juga: Awas, Mandi Saat Berkeringat Ternyata Berbahaya!

Akan tetapi, hal tersebut bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk kematian lho, begini penjelasannya.

1. Tekanan Darah Nggak Stabil

tekanan darah
honestdocs.id

Saat tidur, tubuh dalam keadaan rileks karena terjadi proses penyebaran tekanan darah ke seluruh tubuh. Apabila kamu langsung mandi seketika setelah bangun, maka hal tersebut dapat membuat tekanan darah menjadi nggak stabil.

Kondisi tersebut terjadi saat tubuh tiba-tiba berdiri menuju kamar mandi. Darah yang awalnya tersuplay dengan baik ke otak menjadi berubah arah ke bawah atau bagian kaki akibat gaya gravitasi. Akibatnya, kamu akan mengalami gangguan fungsi rileks sistem saraf.

2. Jantung Berdetak Lebih Kencang

jantung berdetak lebih kencang
honestdocs.id

Akibat tekanan darah yang nggak stabil, jantungmu akan berdetak lebih kencang saat kamu langsung mandi setelah bangun tidur.

Hal tersebut dipengaruhi oleh aliran darah ke otak dan jantung yang menjadi sangat sedikit dibandingkan sebelumnya. Kondisi tersebut bisa membuat kamu menjadi pusing dan nggak seimbang.

3. Dislokasi Tulang Pinggul

dislokasi tulang pinggul
fin.co.id

Dislokasi tulang pinggul atau pergeseran tulang pinggul dari tempat yang seharusnya juga merupakan salah satu bahaya dari langsung mandi setelah bangun tidur.

Akan tetapi, hal ini nggak bisa langsung terjadi melainkan merupakan dampak jangka panjang apabila kamu sering melakukan hal tersebut.

Baca Juga: Waspadai 8 Penyebab Sakit Pinggang yang Jarang Disadari

4. Tubuh Gagal Merespon

tubuh gagal merespon
honestdocs.id

Dampak berbahaya lain dari langsung mandi setelah bangun tidur adalah terjadinya kegagalan respon tubuh.

Hal ini juga biasanya nggak terjadi secara langsung, namun merupakan dampak jangka panjang yang ditandai dengan gejala seperti pandangan kabur, keringat dingin, lelah, kesemutan, dan pusing.

5. Kematian Mendadak

kematian mendadak
medicalnewstoday.com

Meskipun terkesan sepele, namun mandi sesaat setelah bangun tidur dapat menyebabkan kematian mendadak lho.

Saat tidur, suhu tubuh bagian dalam dalam mengalami pemanasan sehingga nggak sebaiknya disiram dengan air yang memiliki suhu relatif dingin secara tiba-tiba.

Hal tersebut dapat menyebabkan penurunan suhu yang drastis sehingga tubuh menjadi nggak stabil dan dapat mengakibatkan kematian akibat serangan jantung.

Baca Juga: Mengapa Pegawai Kantoran Lebih Rentan Terkena Serangan Jantung? Begini Penjelasannya

Nah, itu dia Sobat Qupas masalah kesehatan yang dapat kamu alami apabila langsung mandi setelah bangun tidur.

Sebaiknya, kamu menunggu minum air dan melakukan sedikit peregangan terlebih dahulu setelah bangun. Apabila tubuh sudah siap, pergilah mandi dengan menyiramkan sedikit demi sedikit air ke area tubuh agar nggak terkejut.

0 Comment