Benarkah Lapisan Teflon yang Mengelupas Berbahaya Bagi Kesehatan?

21 February 2019, at 00:00
0
0
Benarkah Lapisan Teflon yang Mengelupas Berbahaya Bagi Kesehatan?

Hidup di era modern memang serba mudah. Muncul banyak inovasi baru terhadap berbagai alat yang mampu memberikan bantuan kepada masalah sehari-hari.

Urusan memasak misalnya, hadirnya panci atau wajan teflon tentunya membawa angin segar bagi orang-orang yang suka dengan kegiatan tersebut. Selain lebih mudah karena tidak lengket, benda satu ini juga bisa membantu penggunanya berhemat karena tidak memperlukan banyak minyak atau mentega.

Meskipun demikian, banyak orang yang mengatakan lapisan teflon yang mengelupas dapat menyebabkan penyakit. Mulai dari yang ringan hingga yang berat seperti kanker. Namun, apakah hal tersebut benar adanya?

Baca Juga: Ani Yudhoyono Terkena Kanker Darah, Apa Saja Gejala dan Penyebabnya?

Berikut ini merupakan beberapa fakta bahaya teflon bagi kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Teflon Bukan Jenis Panci atau Wajan

fakta bahaya teflon bagi kesehatan bukan jenis alat masak
enzymedica.com
 

Banyak orang yang mengira bahwa teflon merupakan jenis panci atau wajan dengan bentuk tertentu dan memiliki kelebihan yaitu anti lengket.

Teflon ternyata adalah suatu bahan pelapis yang digunakan dalam berbagai alat industrial dan komersial yang telah dipatenkan oleh produsen. Bahan inilah yang dianggap tidak baik untuk kesehatan dan dapat menyebabkan kanker.

fakta bahaya teflon bagi kesehatan bukan jenis panci atau wajan
rd.com

Memiliki kelebihan yaitu tahan lama, anti lengket, dan mudah dibersihkan, pelapis ini kemudian digunakan untuk alat masak pada tahun 1960-an.

Fenomena teflon ini hampir sama dengan kebiasaan orang-orang yang menyebut sebuah barang dengan mengatakan merk yang terkenal. Misalnya, air mineral seringkali disebut dengan “aqua” dan menyebut detergen dengan “rinso”.

2. Tidak Semua yang Anti Lengket Menggunakan Teflon

fakta bahaya teflon bagi kesehatan tidak semua anti lengket adalah teflon
amazon.com

Akibat kesalahpahaman banyak orang, semua panci anti lengket yang memiliki bentuk sama disebut sebagai teflon. Padahal, belum tentu alat masak tersebut menggunakan teflon sebagai lapisannya.

Saat ini, sudah muncul berbagai panci dan alat penggoreng yang menggunakan pelapis keramik. Produsen memberikan klaim bahwa penggunaan bahan pelapis yang bukan teflon akan lebih aman untuk digunakan.

fakta bahaya teflon bagi kesehatan merupakan anti lengket
cooking.nytimes.com

Sehingga, panci dan alat penggorengan yang menggunakan lapisan keramik dipatok dengan harga jual yang relatif lebih mahal.

Namun, benarkah lapisan teflon memang memberikan efek buruk bagi kesehatan?

3. Kandungan Teflon

fakta bahaya teflon bagi kesehatan kandungan teflon
foodandwine.com

Demi menjawab berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan kebenaran bahaya teflon, sebaiknya perlu untuk mengetahui kandungan yang ada di dalamnya.

Lapisan teflon yang dianggap berbahaya terbuat dari PFOA atau asam perfluorooctanoic. Bahan kimia tersebut sempat menjadi bahan perdebatan di dunia kesehatan.

fakta bahaya teflon bagi kesehatan kandungan teflon berbahaya
cooking.nytimes.com

Pasalnya, PFOA memiliki sifat kanker atau karsinogenik dan diyakini lama kelamaan bisa mengendap dalam tubuh jika terpapar terus-menerus.

Meskipun demikian, sebagian besar zat kimia tersebut telah menguap pada proses pembakaran pabrik.

Sehingga, residu asam perfluorooctanoic tidak tersisa banyak pada lapisan yang menjadi anti lengket pada panci atau alat penggorengan.

Baca Juga: 8 Bumbu Masak Ini Dipercaya Bikin Panjang Umur, Apa Saja Ya?

4. Benarkah Lapisan Teflon Berbahaya Bagi Kesehatan?

fakta bahaya teflon bagi kesehatan teflon mengelupas
groovygreenliving.com

Sudah disebutkan bahwa kandungan PFOA dalam teflon memang bersifat kanker atau karsinogenik. Namun, setelah menjadi alat masak jadi tingkat zat kimia di dalamnya tersisa hanya sedikit saja.

Sejauh ini, belum ada bukti medis tentang kabar bahwa memasak menggunakan alat dengan lapisan teflon yang tergores atau mengelupas akan menyebabkan penyakit seperti kanker dan tumor.

fakta bahaya teflon bagi kesehatan teflon mengelupas berbahaya
vistaverde.com

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kandungan bahan kimia dalam alat masak tidak berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Pasalnya, kandungan PFOA sebenarnya tidak hanya ada di lapisan teflon, melainkan banyak sumber. Peluang paparan tinggi zat kimia tersebut sangat kecil.

5. Cara Menggunakan Teflon Agar Aman

fakta bahaya teflon bagi kesehatan cara aman menggunakan teflon
shutterstock.com

Meskipun tidak terbukti menyebabkan masalah kesehatan seperti kanker dan tumor, akan lebih baik jika kamu bijaksana dalam menggunakannya.

Suhu yang terlalu panas atau di atas 300 derajat Celcius akan membuat lapisan teflon menjadi menguap dan melepaskan zat kimia beracun ke udara.

Apabila terhirup, kamu bisa mengalami demam akibat uap polimer yang dihasilkannya. Apalagi juga tidak ada ventilasi udara di area memasak atau dapur, kondisi tersebut akan memperparah keadaan.

fakta bahaya teflon bagi kesehatan cara aman merawat teflon
gulalives.co

Agar aman ketika memasak menggunakan alat dengan teflon, sebaiknya hindari memasak dengan suhu tinggi.

Selain itu, kamu juga bisa mengatasinya dengan membuka ventilasi, menggunakan spatula kayu, plastik, atau yang dapat mengurangi goresan, mencuci alat masak dengan benar, dan tidak menggunakan yang sudah rusak.

Baca Juga: Pantas Cepat Rusak, Begini Cara Menyimpan Makanan yang Benar di Kulkas!

Setelah mengetahui beberapa fakta tentang alat masak yang dilapisi dengan teflon, kamu sudah sedikit lebih tenang kan?

Ternyata kabar yang beredar tentang penyakit kanker dan lain sebagainya oleh teflon tidak pernah terbukti kebenarannya.

Oleh sebab itu, jangan mudah termakan berita bohong ya apalagi yang berhubungan dengan kesehatan.

0 Comment