Qupas Healthy

Benarkah Masker Efektif Mencegah Penularan Virus? Cek Faktanya di Sini!

24 January 2020, at 08:15
Benarkah Masker Efektif Mencegah Penularan Virus? Cek Faktanya di Sini!

Wabah penyakit yang disebabkan oleh virus corona atau coronavirus di Wuhan, China, masih menjadi perbincangan hangat masyarakat di seluruh dunia. Pasalnya, laporan penderita dan korban meninggal semakin meningkat.

Selain itu, masalah kesehatan ini juga dianggap dapat mengancam keselamatan manusia dan sudah menyebar ke berbagai negara. Belum adanya vaksin dan obat untuk virus corona membuatnya semakin berbahaya.

Mengetahui fakta tersebut, masyarakat China menggunakan masker saat keluar rumah demi mencegah penularan virus. Akan tetapi, apakah penggunaan masker efektif dalam hal penularan virus?

Penggunaan Masker (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Dilansir dari Kompas.com, dr. David Carrington dari St. George’s University of London menyatakan bahwa sebenarnya masker kurang efektif untuk mencegah penularan virus atau bakteri.

Baca juga: Benarkah Dua Sisi Masker Punya Fungsi Berbeda? Cek Faktanya di Sini

Kondisi tersebut disebabkan oleh bentuk masker yang seringkali longgar, nggak memiliki saringan udara, dan bagian matanya tetap terbuka. Meskipun demikian, dr. Carrington mengatakan bahwa penggunaan masker mamang dapat menurunkan risiko penularan virus lewat udara.

Ilustrasi Mencegah Penularan Virus (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Di sisi lain, dr. Connor Bamfort dari Queen’s University Belfast mengatakan bahwa menjaga kebersihan lebih efektif untuk mencegah penularan virus dibandingkan menggunakan masker.

Menurut National Health Service Inggris, ada tiga cara terbaik untuk mencegah penularan virus seperti berikut.

  • Cuci tangan menggunakan air dan sabun
  • Menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut
  • Meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat

Ilustrasi Penggunaan Masker (Foto: depositphotos.com)
depositphotos.com

Maka dari itu, ada baiknya Sobat Qupas mengimbangi penggunaan masker dengan menjaga kebersihan dan daya tahan tubuh agar upaya pencegahan penularan virus bisa maksimal.

Hal tersebut selaras dengan hasil sebuah penelitian dalam Annals of International Medicin yang menemukan bahwa mencuci tangan dan menggunakan masker dapat mengurangi risiko penyebaran virus sebanyak 70 persen.