Benarkah Minuman Kemasan Bisa Buat Gagal Ginjal Pada Anak Kecil?

15 November 2018, at 07:00
1
0
Benarkah Minuman Kemasan Bisa Buat Gagal Ginjal Pada Anak Kecil?

Minuman kemasan memang sangat menggoda bagi anak kecil. Selain memiliki rasa yang nikmat, bungkusannya juga didesain sedemikian rupa sehingga bisa menarik perhatian pembeli.

Tapi di balik rasa nikmat serta kemasan yang menarik, tahukah kamu minuman jenis ini tidak baik bagi kesehatan? Mungkin banyak yang menyadari ini, tapi tidak sedikit pula yang mengabaikannya.

Buktinya banyak orang tua yang membiarkan anaknya untuk mengonsumsi minuman kemasan secara rutin. Padahal ketika kebiasaan tersebut tidak segera diakhiri akan berdampak fatal bagi kesehatan si kecil.

minuman kemasan anak
flickr.com

Apa dampak dari kebanyakan minum minuman kemasan? Salah satunya adalah gagal ginjal.

Perlu diketahui, minuman kemasan biasanya mengandung sukrosa atau gula tambahan dalam jumlah yang tidak sedikit.

Maka tak heran kalau kebanyakan jenis minuman ini pasti rasanya manis dan lengket di tenggorokan.

Pernahkah kamu menyadari ketika minum minuman kemasan, segarnya hanya sesaat? Setelah itu kamu akan menjadi haus kembali.

Kalau kamu sudah pernah merasakannya, itulah efek dari sukrosa atau pemanis tambahan yang hanya memberi rasa segar di awal saja.

Baca juga : Kenakalan Anak Ditentukan dari Jumlah Pusar Kepala, Hoax Atau Fakta?

sakit ginjal
hellosehat.com

Bicara tentang dampak buruknya, dikatakan jika orang dewasa saja bisa terkena gangguan ginjal. Apalagi hanya anak kecil?

Seperti diketahui jika anak kecil masih rentan terkena penyakit akibat sistem imun yang belum terbentuk sempurna.

Menurut ahli, minuman kemasan memang tidak langsung memberi masalah serius bagi kesehatan anak. Efek yang diberikan hanyalah efek biasa, seperti batuk atau diare.

Namun sebenarnya efek biasa tersebut adalah sebuah isyarat bahwa tubuh anak tidak kuat. Ketika orang tua lengah dan menyepelekan hal tersebut, tentu saja akan fatal akibatnya.

susu anak
Moms.com

Namun perlu diperhatikan pula bahwa tidak semua minuman kemasan buruk bagi ginjal. Adapun minuman kemasan yang bisa memengaruhi kinerja organ vital tubuh ini seperti minuman berenergi yang mengandung asam amino tertentu.

Jadi, daripada harus minum minuman kemasan dengan pemanis buatan, lebih baik berikan anak susu.

Sebab selain lebih aman dan sehat dikonsumsi, susu juga baik di masa pertumbuhannya.

0 Comment