Benarkah Nonton Drama Korea Bisa Tingkatkan Produksi ASI?

21 March 2019, at 08:00
0
0
Benarkah Nonton Drama Korea Bisa Tingkatkan Produksi ASI?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan para ibu untuk memproduksi ASI lebih banyak. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi asupan makanan yang memang ampuh untuk memperlancar ASI.

Tapi, tahukah kamu bahwa ternyata ada cara lain yang mungkin akan lebih menyenangkan. Percaya atau nggak, nonton drama Korea juga bisa melancarkan produksi ASI loh. Kok bisa? Yuk, kenali lebih jauh dengan penjelasan berikut ini.

1. Apa hubungan produksi ASI dan drama Korea?

ibu menyusui
familyeducation.com

Terdengar mustahil memang. Tapi ternyata ada hubungan antara drama Korea yang ditonton para ibu milenial pecinta serial ini dan produksi ASI.

Pada salah satu akun millennials parenting yang juga membahas topik tersebut, kebanyakan dari mereka akan mendapatkan hiburan tersendiri.

Menariknya lagi, ada yang sampai menyebut bahwa drama Korea bisa jadi ASI booster. Kenapa ya?

Baca juga: Moms, Durian Bisa Jadi ASI Booster Lho! Ini Penjelasannya

Diduga hal ini berkaitan dengan Hormon Oksitosin. Ini adalah salah satu zat yang sangat dipengaruhi oleh suasana hati si ibu. Kalau ibu bahagia, maka Hormon Oksitosin pun turut meningkat.

2. Seberapa besar efek drama Korea pada produksi ASI?

produksi asi
kaldascenter.com

Sebenarnya masih belum ada penelitian khusus tentang hubungan drama Korea dan produksi ASI. Tapi ini bisa diterapkan, khususnya bagi pecinta drama Korea.

Meski belum ada penjelasan secara ilmiah, namun dugaan sementara dengan nonton film Korea cukup berpengaruh pada ibu menyusui. Sekali lagi, ini berkaitan dengan perasaan bahagia.

3. Aturan saat nonton drakor

ibu menyusui nonton film
redbookmag.com

Salah satu akun dari seorang ibu menyebut bahwa ia memilih untuk nonton drama Korea untuk membuatnya bahagia. Tapi ada aturan tersendiri ketikan melihatnya.

Apa itu? Hindari nonton drama Korea yang punya cerita sedih. Atau kalau terpaksa, skip saja scene yang bikin nangis.

4. Selain drakor, kegiatan ini juga dinilai bisa tingkatkan produksi ASI

cara memproduksi asi
gachd.org

Selain drama Korea maupun beberapa asupan makanan, ada cara lain untuk meningkatkan produksi ASI, seperti:

  • Pijatan pada payudara

memijat payudara
review.bukalapak.com

Lakukan pijatan di area puting pada trimester ke-3 menggunakan baby oil sebelum mandi. Kegiatan ini dinilai membantu jalan keluar ASI jadi lancar.

Sering-seringlah juga melakukan pijatan pada payudara menggunakan baby oil.

  • Menjaga kualitas tidur

tips meningkatkan produksi asi
sheknows.com

Cara ini terkadang akan sulit dilakukan. Apalagi bayi masih belum bisa tidur secara teratur. Solusinya, cari waktu luang, misalnya saat si kecil tertidur.

Hindari begadang untuk hal yang nggak perlu, seperti maratonan serial Korea favorit. Meski katanya drakor bisa jadi ASI booster, tapi nggak perlu lah dilakukan saat malam hari.

Ingat, waktu istirahat merupakan salah satu hal penting diperhatikan agar ibu menyusui tetap bugr dan menghasilkan ASI yang melimpah.

  • Perbanyak minum air putih

minum air putih
healthline.com

Bagaimanapun tubuh manusia selalu butuh cairan. Begitu pula dengan ibu menyusui untuk memproduksi ASI. Jadi minumlah 10-12 gelas air putih sehari.

  • Frekuensi menyusui ditambah

cara memperbanyak asi
pexels.com/@osmachko

Bayi baru lahir perlu minum ASI setiap 2-3 jam entah itu siang maupun malam. Produksi air susu ibu pada tubuh wanita sendiri mengikuti prinsip supply and demand. Artinya tubuh akan memproduksi ASI sesuai kebutuhan bayi.

Kalau para ibu rutin menyusui setiap 2-3 jam sampai bayi kenyang , payudara akan mengirim perintah ke otak untuk memproduksi ASI sesuai kebutuhan. Bahkan produksi air susu akan bertambah dalam waktu 3-7 hari.

meningkatkan produksi asi
raisingchildren.net.au

Sebaliknya, kalau para ibu nggak konsisten dan jarang menyusui, maka produksi ASI pun ikut berkurang.

Baca juga: Awas! Makanan Ini Bisa Kurangi Produksi ASI

Itulah penjelasan singkat terkait hubungan drama Korea dan produksi ASI. Ada pula beberapa cara lain untuk memperlancar air susu ibu.

Gimana, mau coba melakukannya terutama untuk nonton drama Korea? Apapun jawabanmu, yang penting jangan sampai posisi si kecil dan keluarga jadi tergeser ya!

0 Comment