Benarkah Sekolah Paud Berguna Bagi Anak? Ini Lho Faktanya

26 October 2019, at 19:00
0
0
Benarkah Sekolah Paud Berguna Bagi Anak? Ini Lho Faktanya

Beberapa orang tua mungkin bertanya-tanya tentang pentingnya mendaftarkan anak ke sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Sebagian orang mengatakan bahwa memasukkan anak ke sekolah PAUD sangat berguna, sedangkan yang lainnya merasa bahwa pendidikan formal seperti itu masih belum cocok bagi anak yang berusia 5 tahun ke bawah.

Akan tetapi, bagaimanakah sebenarnya peran sekolah PAUD pada perkembangan anak? Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Child Development menunjukkan bahwa sekolah PAUD memiliki banyak manfaat untuk buah hati.

anak anak
ywcanwil.org

Studi tersebut menemukan bahwa anak-anak yang mengikuti sekolah PAUD bisa menjadi lebih unggul dibandingkan teman-teman sebanyanya yang nggak belajar di sekolah tersebut.

Hal tersebut berkaitan dengan keterampilan akademik dan pembentukan karakter anak sejak dini, lho!

Baca Juga: Kenali Macam-macam Gaya Belajar Anak Agar Bisa Diarahkan dengan Tepat

Memasukkan anak ke sekolah PAUD secara nggak langsung juga bisa melatih si kecil untuk bersosialisasi dengan orang-orang baru dan menambah kosa-kata sehingga memiliki perkembangan akademik yang lebih cepat saat mesuk TK.

pendidikan anak
shutterstock.com

Selain itu, sebuah penelitian bertajuk Chicago School Readiness Project (CARP) menyebutkan bahwa sekolah PAUD dapat mengajarkan keterampilan yang positif kepada anak.

Meneliti anak-anak sekolah PAUD usia 3 sampai 4 tahun selama 10 tahun, penelitian ini menyimpulkan bahwa lembaga pendidikan usia dini tersebut memiliki peran yang penting dalam perkembangan buah hati.

paud
maplewoodyearround.com

Akan tetapi, pada dasarnya hal tersebut dipengaruhi oleh kualitas tenaga kerja atau pengajar yang bekerja di lembaga PAUD tersebut.

Oleh sebab itu, sebelum mendaftarkan anak ke salah satu lembaga PAUD sebaiknya Sobat Qupas mencari tahu dulu tentang kualitas sekolah tersebut ya!

0 Comment