Qupas Family

Benarkah Sifat Pemarah Anak Diturunkan dari Ayahnya? Yuk Ketahui Faktanya!

27 December 2019, at 10:00
Benarkah Sifat Pemarah Anak Diturunkan dari Ayahnya? Yuk Ketahui Faktanya!

Nggak hanya penampilan fisik, anak ternyata juga mewarisi sifat-sifat dari orang tuanya lho. Walau faktor lingkungan juga nggak kalah penting, namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa genetik memiliki peran yang cukup besar.

Sifat atau kepribadian seseorang dapat dilihat dari emosi, kemampuan dalam hal bersosialisasi dan berkomunikasi, tingkat konsentrasi, bahkan ketekunan. Hal-hal tersebut biasanya akan konsisten dan terbawa hingga dewasa.

Biasanya, orang yang berada dalam satu keluarga punya kecenderungan lumayan besar untuk memiliki kepribadian yang sama atau mirip. Kondisi tersebut kemungkinan dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan disekitarnya.

keturunan
vilavitaparc.com

Sebuah studi dari Genetic Home Reference membandingkan sifat-sifat yang dimiliki oleh anak kembar identik dan nggak identik. Hasilnya, ditemukan bahwa faktor genetik memang memiliki peran yang besar dalam membentuk sifat seseorang.

Baca Juga: Ternyata Jam Kelahiran Memengaruhi Kepribadian Anak Lho Bunda, Yuk Buktikan!

Anak yang kembar identik cenderung memiliki sifat dan emosi yang mirip apabila dibandingkan dengan saudara kandungnya yang lain. Bahkan, banyak juga kembar identik yang dibesarkan oleh lingkungan berbeda namun tetap memiliki kepribadian yang mirip.

kepribadian anak
unsplash.com

Meskipun demikian, sifat seseorang memang nggak memiliki pola genetik yang cukup jelas sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Lantas, benarkah sifat pemarah anak didapatkan dari ayahnya?

Sebuah penelitian tahun 2018 yang dimuat dalam jurnal The Psychiatric Quarterly mencoba untuk mengungkapkan hubungan antara sifat anak usia 3 sampai 6 tahun dengan kepribadian ayahnya.

Studi tersebut melibatkan 200 orang tua yang memiliki anak dengan rentang usia tersebut. Ayah diminta menjawab pertanyaan seputra kepribadiannya dan si kecil, sedangkan ibu mengisi tentang kebiasaan mereka.

sifat pemarah anak
upliftfamilies.org

Dari jawaban-jawaban yang diterima, dapat ditarik kesimpulan bahwa perilaku, sifat, atau kepribadian anak memang sangat dipengaruhin oleh sosok ayah. Watak keturunan tersebut terbentuk dari apa yang buah hati lihat dari ayahnya.

Memiliki ayah yang pemarah dan kasar cenderung memengaruhi rasa takut buah hati dan berpotensi membuat anak juga berlaku demikian kepada orang lain.

Meksipun kecenderungannya demikian, namun bukan berarti sifat pemarah anak secara mutlak diturunkan dari ayahnya ya Sobat Qupas.