Qupas Travel

Bendungan Sampean Baru, Wisata Bondowoso yang Seolah Membuatmu Lagi di Belanda

09 February 2020, at 04:00
Bendungan Sampean Baru, Wisata Bondowoso yang Seolah Membuatmu Lagi di Belanda

Soal pariwisata, Bondowoso memang belum populer seperti wilayah tetangganya, Banyuwangi. Tapi bukan berarti kabupaten ini miskin tempat wisata.

Bendungan Sampean Baru adalah wisata di Bondowoso yang bisa jadi alternatif tempat liburan. Berada di sini, kamu seolah sedang ada di Belanda.

Penasaran seperti apa penampakan wisata bendungan satu ini? Scroll down yuk! 

1. Wisata lawas yang masih eksis

Bendungan Sampean Baru (Foto: instagram.com/john_wild03)
instagram.com/john_wild03

Sebenarnya bendungan ini sudah ada sejak dulu. Tepatnya tahun 1979, Sampean Baru mulai dibangun. Hingga 4 tahun kemudian, yaitu pada 1983, destinasi ini secara resmi dibuka.

Wisata bendungan satu ini tingginya mencapai 26 meter, panjang 670 meter, dan lebar 4 meter. Selain sebagai tempat liburan, Sampean baru juga berfungsi untuk mengairi lahan seluas 9.800 hektar, lho.

2. Wisata Bondowoso yang instagenik

Bendungan Sampean Baru Bondowoso (Foto: instagram.com/rakaikrar)
instagram.com/rakaikrar

Bendungan Sampean Baru Bondowoso ini memiliki desain yang unik, kokoh, dan megah. Saat berada di sini, mungkin bakal mengingatkanmu pada dam yang ada di Belanda.

Bukan hanya menampilkan aliran. Konstruksi beton yang tertata rapi di bagian bawah semakin membuat tempat wisata di Bondowoso ini eksotis.

Belum lagi dengan pemandangan alam sekitar, seperti gunung, sawah, hingga hamparan eceng gondok yang membuat bendungan ini kian instagenik. Nggak heran kalau Sampean Baru jadi salah satu destinasi yang diburu oleh fotografer.

3. Spot untuk menyaksikan sunset di Bondowoso

Sunset Bendungan Sampean Baru (Foto: instagram.com/dheadwika)
instagram.com/dheadwika

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke wisata Bendungan Sampean Baru ini adalah saat sebelum sunrise maupun sunset.

Karena destinasi ini juga bisa dibilang punya pemandangan sunset yang nggak kalah cantik saat kamu melihatnya di pantai. Atau sunrise-nya yang dramatis seperti saat kamu menyaksikan di dataran tinggi maupun gunung.

Baca juga: Betoh So'on, Stonehenge Versi Kearifan Lokal di Bondowoso yang Memukau

4. Cara ke Bendungan Sampean Baru

Sampean Baru Bondowoso (Foto: instagram.com/mr.fkenzie)
instagram.com/mr.fkenzie

Lokasi Bendungan Sampean Baru berada di Desa Bunotan, Kecamatan Tapen. Letaknya nggak terlalu jauh dari pusat Kota.

Kamu pun cuma perlu waktu kurang lebih selama 45 menit perjalanan melewati jalan raya arah ke Kabupaten Situbondo. Akses jalannya sudah cukup bagus kok.

Sampean Baru (Foto: instagram.com/givellawilliam)
instagram.com/givellawilliam

Fyi, satu hal nih yang perlu kamu perhatikan sebelum berkunjung ke tempat ini. Yaitu perhatikan debit air yang mengalir. Karena jika terlalu deras bakal membahayakanmu. Hindari juga untuk turun ke bawah kalau memang lagi turun hujan.

Well, Bendungan Sampean Baru mungkin bukan wisata Bondowoso yang sangat populer. Tapi destinasi gratis ini bisa jadi tempat liburanmu kalau hanya ingin 'menghilang' sejenak dari keramaian kota.