Berani Berteduh Saat Lampu Merah, Siapkan 1 juta untuk Bayar Denda

27 June 2019, at 12:00
0
0
Berani Berteduh Saat Lampu Merah,  Siapkan 1 juta untuk Bayar Denda

Mengendarai sepeda motor di siang hari, menjadi tantangan tersendiri untuk para pengendara. Terik sinar matahari yang menyengat memang menyiksa sekali.

Apalagi kalau berkendara dengan sepeda motor di jalan raya dan harus berhenti karena lampu lalu lintas merah yang menyala. Waduh, bisa jadi boomerang tersendiri ya.

Nggak sedikit para pemotor biasa berhenti di tempat teduh, entah itu di bawah pohon rindang atau sebuah tiang selama menunggu lampu merah berganti menjadi hijau.

ilustrasi pengendara sepeda motor
opini.id

Jelas saja perilaku pengendara sepeda motor yang seperti itu bisa menghambat lalu lintas. Guna menghindari hal tersebut, sudah ada peraturan yang mengatur lho.

Untuk pemotor yang masih nekat berteduh saat lampu merah dikenai denda mulai dari Rp60.000,00 hingga Rp121.000,00.

Dan untuk pengemudi mobil harus membayarkan denda hingga Rp486.000,00. Denda yang harus dibayarkan tentu jumlahnya tidak kecil supaya para pengguna jalan yang berhenti di tempat teduh saat menunggu lampu merah menjadi jera dan nggak melakukannya lagi. Nggak mau dong mengeluarkan uang sebanyak itu hanya untuk membayar denda?

Baca juga: Antarkan Pesanan Meski Motornya Hilang, Driver Ojol Ini Dapat Hadiah Nyaris Ratusan Juta

ilustrasi pengendara sepeda motor
antematters.com

Peraturan mengenai hal tersebut diberlakukan di Vietnam. Seperti yang dilansir oleh Zing, dengan adanya peraturan itu diharap pengendara motor atau pengemudi mobil nggak berhenti di tempat teduh saat lampu merah.

Diketahui, denda untuk pemotor sebesar VND 100.000-200.000 dan pengemudi mobil sebesar VND 600.000-800.000.

Nah pemandangan pengendara motor seperti itu tentu sering ditemukan di Indonesia ya. Qupas punya tipsnya buat yang nggak mau panas-panasan saat berkendara di siang hari, simak yuk! 

1. Menggunakan Jaket dan Sarung Tangan 

menggunakan jaket dan sarung tangan
blibli.com

Ini nih barang yang nggak boleh lupa untuk dikenakan saat berkendara di siang hari. Jaket bukan hanya berfungsi untuk menghalangi terik matahari yang panas dari kulit saja.

Tapi juga untuk meminimalisir risiko saat terjadinya kecelakaan. Sarung tangan juga nggak boleh ketinggalan untuk digunakan ya, biar kulit di area tangan nggak menggelap. 

Baca juga : Viral! Motor dengan Harga 322 Juta Dibuang Begitu saja di Tempat Sampah. Ini Penjelasannya

2. Pemilihan Warna Jaket 

ilustrasi warna jaket yang terang
tokoonline.wati77.com

Selain pemilihan bahan, warna jaket yang lebih terang juga bisa melindungi tubuh dari hawa panas sinar matahari. Jadi, pilihlah jaket yang memiliki warna abu-abu, kuning, atau cokelat muda agar tetap nyaman berkendara dengan sepeda motor saat siang hari.

Itulah tips menarik seputar berkendara dengan sepeda motor di siang hari, biar nggak berteduh di pohon rindang selama menunggu lampu merah ya sobat Qupas

Topics:

0 Comment