Berburu Tiket Pesawat Murah Jelang Mudik 2019, Nggak Harus Andalkan Promo

06 March 2019, at 16:00
0
0
Berburu Tiket Pesawat Murah Jelang Mudik 2019, Nggak Harus Andalkan Promo

Mudik menjadi tradisi yang nggak terlupakan menjelang lebaran. Acara kumpul keluarga saat hari raya memang selalu saja menyenangkan.

Dari hal ini, banyak orang akan berburu tiket alat transportasi menuju kampung halaman. Salah satunya adalah pesawat.

Namun sayang, kebanyakan tiket pesawat dijual dengan harga yang cukup mahal. Terlebih lagi menjelang mudik nanti.

tiket pesawat murah
forbes.com

Baca juga: Tanggal Merah Jatuh di Hari-Hari Berikut, Pilih Jadwal Mudikmu Mulai Sekarang!

Sebenarnya, untuk mendapatkan tiket pesawat mudah, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Bahkan kamu nggak perlu mengandalkan promosi.

Apa saja itu? Biar nggak penasaran, langsung saja deh intip tips mendapatkan tiket pesawat murah berikut yang sudah dirangkum dari beberapa sumber!

1. Beli Tiket Pesawat Lebih Awal

tiket pesawat
nypost.com

Salah satu tips mendapatkan tiket pesawat murah adalah membelinya lebih awal. Kamu bisa mulai perburuan sekitar 50-60 hari sebelum lebaran.

Meski masih mengandalkan promo, tentu nggak masalah untukmu kan? Apalagi memang saat menjelang hari raya, berbagai maskapai akan memperlakukan potongan harga tiket.

2. Pilih Penerbangan Dini Hari

pesawat dini hari
pexels.com/@soumya-ranjan-205042

Siapa sangka kalau tiket untuk penerbangan jelang dini hari justru dijual dengan harga murah? Apalagi sebagian besar pemudik lebih menyukai keberangkatan saat siang atau sore hari.

Padahal, beberapa maskapai kerap memberangkatkan pesawat menjelang di hari. Karena peminat untuk berangkat di waktu ini lebih sedikit, maka harga tiketnya dijual lebih murah.

Gimana, kamu ingin lebih menghemat biaya pulang kampung? Maka jangan sungkan untuk memilih keberangkatan paling awal di musim mudik lebaran 2019 ini.

3. Gunakan Rute Alternatif

cara mendapatkan tiket pesawat murah
pexels.com/@negativespace

Biasanya satu maskapai menyediakan 2 rute penerbagan untuk tujuan sama, seperti connecting dan direct flight.

Lalu apa yang harus kamu lakukan kalau nggak bisa menemukan tiket murah pada penerbangan langsung? Maka pilih saja jalur alternatif (connecting flight), asalkan sedang nggak diburu waktu.

Tapi ingat, ini bukan ukuran mutlak. Kamu juga perlu melakukan cek ulang harga tiket jenis penerbangan langsung. Siapa tahu tarifnya jauh lebih rendah.

4. Lakukan Pemesanan Tiket di Malam Hari

beli tiket pesawat
pexels.com/@olly

Satu lagi cara mendapatkan tiket pesawat lebih murah, yakni membelinya di tengah malam. Kok bisa?

Survei JakPat menyebut bahwa sekitar 63 persen calon penumpang pesawat melakukan pemesanan tiket online. Sedangkan sebagian dari mereka kerap melakukan transaksi mulai dari pagi hingga menjelang malam.

Jadi, memang cukup sedikit calon penumpang yang berburu tiket saat tengah malam. Saat inilah gunakan kesempatanmu untuk mendapatkan tiket murah. Lumayan juga untuk berhemat kan?

5. Pilih Maskapai yang Tepat

maskapai penerbangan
pexels.com/@anugrahajaylohiya

Jenis maskapai pun memengaruhi harga tiket. Belilah tiket lebih awal pada maskapai low-cost carrier (LCC). Contoh dari jenis pesawat ini adalah Lion Air, Citilink, dan Indonesia AirAsia.

Sementara saat membeli tiket pesawat mendekati lebaran, maka harga penerbangan LCC cenderung mahal.

Baca juga: Waduh! Sekarang Bagasi Pesawat Harus Bayar?

Sebaliknya, maskapai full-service seperti Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan Batik Air justru memberikan harga tiket lebih murah daripada LCC saat kamu membeli tepat di hari lebaran. Minat untuk mencobanya?

6. Daftarkan Diri untuk Program Keanggotaan

cara dapat tiket pesawat murah
pexels.com/@rawpixel

Kamu selalu setia menggunakan satu jenis maskapai penerbangan? Maka jangan ragu lagi untuk mendaftarkan diri untuk program keanggotaan mereka.

Biasanya sih kamu akan mendapatkan poin setiap kali terbang menggunakan jenis pesawat tersebut. Kabar baiknya lagi, poin bisa ditukar dengan potongan harga dan bonus lain. Cocok banget untuk yang ingin mudik!

7. Gunakan Situs Agregator

tips tiket pesawat murah
moneycrashers.com

Kamu juga bisa menggunakan situs agregator khusus untuk mendapatkan tiket pesawat murah seperti dilansir dari Bright Side. Gunanya untuk membandingkan harga dari beragam situs pemesananmu.

Karena terkadang harga tiket dari situs resmi maskapai penerbangan lebih mahal daripada web penjualan pihak ketiga.

Dari agregator, kamu bisa melihat situs mana yang menjual tiket pesawat dengan harga paling murah. Jangan lupa juga untuk membandingkannya dengan laman resminya.

8. Pilih Hari Keberangkatan yang Tepat

tips mendapatkan tiket pesawat murah
pexels.com/@rawpixel

Bright Side juga menjelaskan jika maskapai penerbangan kerap merubah harga diket berdasarkan hari keberangkatan.

Sebagian besar tiket pesawat dijual murah di hari Selasa, Rabu dan Kamis. Sementara saat Jumat, Minggu atau hari libur biasanya harga lebih mahal.

Baca juga: Ternyata di Hari-Hari Ini Tiket Pesawat Dijual Murah!

Tapi ingat, aturan ini nggak berfungsi untuk penerbangan bisnis populer. Karena biasanya para pebisnis terbang saat hari kerja.

Itulah tips untuk mendapatkan tiket pesawat murah menjelang mudik lebaran 2019 ini. Kamu ingin pulang kampung lewat jalur udara? Yuk, ikuti trik-trik yang sudah dijelaskan di atas!

0 Comment