Bergosip dan 4 Kebiasaan Aneh Ini Ternyata Baik untuk Kesehatan Lho!

26 June 2019, at 00:00
0
0
Bergosip dan 4 Kebiasaan Aneh Ini Ternyata Baik untuk Kesehatan Lho!

Beberapa kegiatan seperti olahraga, menjaga pola makan, tidur teratur, dan lain sebagainya memang diperlukan untuk menjaga kesehatan.

Akan tetapi, ternyata kebiasaan aneh yang sering kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari ini juga memiliki dampak baik bagi kesehatan lho.

Apa saja ya? 5 kegiatan aneh berikut ini tanpa disadari bisa membantu menyehatkan fisik dan mentalmu. Catat!

Baca Juga: 6 Kegiatan Nggak Terduga Ini Ternyata Bisa Mencerdaskan Otakmu

1. Bergosip

bergosip
theodysseyonline.com

Siapa sih yang nggak pernah melakukan kegiatan yang satu ini? Meskipun seringkali dianggap buruk, namun nyatanya bergosip memiliki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan lho.

Kegiatan yang dilakukan secara berkelompok ini dapat membuat kamu merasa lebih bahagia sehingga dapat menghilangkan stres.

Selain itu, bergosip juga memicu peningkatan hormon progesteron yang penting bagi perempuan karena dapat mengatur siklus menstruasi dan menyehatkan rahim.

2. Berbicara pada Diri Sendiri

mengobrol dengan diri sendiri
pexels.com/id-id/@olly

Berbicara pada diri sendiri merupakan salah satu kebiasaan yang diam-diam sering dilakukan oleh banyak orang. Siapa sangka, meskipun aneh namun kegiatan tersebut memiliki dampak yang positif bagi kesehatan tubuh fisik dan mental lho.

Sebuah penelitian dari University of Illinois yang dipublikasilan dalam European Journal of Social Psychology mengungkapkan bahwa berbicara kepada diri sendiri dapat meningkatkan semangat dan peluang seseorang untuk meraih kesuksesan.

berbicara dengan diri sendiri
pexels.com/id-id/@pedro

Kegiatan aneh tersebut merupakan sebuah bentuk meditasi yang dapat membantu menurunkan stres, tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa berbicara pada diri sendiri pada batas yang wajar dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

3. Gelisah

gelisah
pexels.com/id-id/@ken-ozuna-1271481

Mungkin terdengar aneh, namun gelisah ternyata juga memiliki sisi baik bagi kesehatan yang nggak banyak disadari oleh orang.

Saat gelisah, kamu secara nggak sadar akan melakukan gerakan-gerakan kecil yang terus-menerus seperti menggerakkan kaki atau mengetuk-ngetuk meja.

Hal tersebut ternyata termasuk pada kegiatan thermogenesis yang dapat membantu membakar kalori dalam tubuh.

Baca Juga: Begini Cara Stres Bisa Membuat Hidupmu Lebih Baik

4. Mengunyah Permen Karet

mengunyah permen karet
pexels.com/id-id/@brazzaportrait

Kebiasaan mengunyah permen karet mungkin dianggap aneh bagi sebagain orang. Namun nyatanya, hal tersebut dapat memperbaiki daya ingat lho.

Selain itu, mengunyah permen karet juga bisa membersihkan mulut dan gigi dari sisa-sisa makanan yang apabila dibiarkan bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Kegiatan aneh tersebut juga bisa membantu program diet untuk meminimalisir keinginan ngemil dan membantumu menghindari kebiasaan merokok.

5. Berjalan dengan Kaki Telanjang

berjalan bertelanjang kaki
pexels.com/id-id/@elina-sazonova-912559

Berjalan dengan kaki telanjang merupakan salah satu kebiasaan aneh yang sudah mulai ditinggalkan oleh banyak orang. Padahal, kegiatan tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Menurut penelitian, kebiasaan tersebut dapat membawa pengaruh positif bagi tubuh dan suasana hati. Nggak hanya itu, bertelanjang kaki saat berjalan juga bisa melatih otot-otot kaki dan mengurangi nyeri.

Nah, itu dia Sobat Qupas 5 kebiasaan aneh yang ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Kamu sering melakukan yang mana?

0 Comment