Berkaca dari Kasus Vanessa Angel, Hal Ini Harus Kamu Lakukan untuk Mendukung Sahabat yang Terkena Masalah

11 January 2019, pada 01:00
0
0
Berkaca dari Kasus Vanessa Angel, Hal Ini Harus Kamu Lakukan untuk Mendukung Sahabat yang Terkena Masalah

Nama Vanessa Angel mendadak paling banyak ditelusuri di dunia maya beberapa hari terakhir. Hal ini karena dia tengah tersandung sebuah kasus yang mengakibatkannya harus menanggung malu dan beban.

Mungkin ini merupakan titik terendah dalam hidupnya. Banyak orang yang mencaci maki dan membuatnya semakin tertekan. Ada pula beberapa sahabat yang kemudian justru pergi meninggalkan.

Namun, masih ada orang-orang yang tetap setia mendukungnya dan membantunya. Seperti Jane Shalimar, Feby Febiola dan beberapa rekan artis lainnya.

Berkaca dari hal tersebut, hal-hal ini yang bisa kamu lakukan untuk mendukung sahabat yang sedang tertimpa masalah.

1. Membantu Sebisamu

melakukan sebisamu
pexels.com/@bahaa-a-shawqi-164375

Lakukanlah apa yang kamu bisa untuk membantu sahabat yang sedang jatuh. Sediakan pundak jika memang dia ingin bersandar. Ulurkan tanganmu jika memang lututnya terlalu lemas untuk berdiri tegak sendirian.

Tunjukkan secara terbuka dukunganmu padanya. Jangan membicarakan masalah tersebut dengan orang lain atau menyebarkannya.

2. Bersikap Sabar

bersikap sabar
pexels.com/@apg-graphics-709181

Orang yang sedang bermasalah biasanya lebih tidak bisa mengontrol emosi. Itu adalah hal yang wajar dan harus kamu maklumi.

Kamu harus menghadapinya dengan sabar karena sahabatmu melakukan hal tersebut sebagai perlindungan diri. Dia sedang melawan dirinya sendiri dan masalah yang menerpanya.

3. Tidak Perlu Meminta Sahabat untuk Buru-Buru Bercerita

tidak perlu meminta sahabat untuk buru-buru bercerita
pexels.com/@pixabay

Jika kamu belum tahu apa yang sebenarnya terjadi kepadanya, tidak perlu meminta sahabat untuk buru-buru bercerita. Berikan waktu untuknya untuk menenangkan diri terlebih dahulu.

Dia sedang berusaha untuk keluar dari keterpurukan. Jangan mengejarnya dengan memberikan pertanyaan yang belum siap dia jawab.

Tunggu lah dengan sabar sampai dia siap untuk menceritakan semuanya dengan jujur. Jangan menghakimi dan menerka-nerka apa yang sebenarnya terjadi karena itu justru akan membuatnya tidak nyaman.

4. Dengarkan Dia

dengarkan dia
pexels.com/@freestockpro

Usahakan untuk tidak menceramahinya. Orang-orang yang memiliki masalah sebenarnya hanya ingin didengarkan.

Kadang kamu mungkin berpikir jika kamu sedang memberikan solusi dan pencerahan kepadanya. Tetapi pada kenyataannya, hal tersebut justru akan membuatnya semakin merasa buruk.

Baca Juga: 8 Tanda Ini Hanya Dimiliki Sahabat yang Tulus Menyayangimu, Yakin Sudah Menemukannya?

5. Jangan Katakan Hal-Hal yang Menyakitinya

jangan katakan hal-hal menyakitkan
pexels.com/@rawpixel

Jangan katakan hal-hal yang dapat menyakiti sahabat yang sedang terkena masalah. Misalnya mengungkit masalah tersebut terus-menerus.

Atau kata-kata yang seolah menyalahkan, seperti “kamu sih bla bla bla”, atau “kan aku sudah bilang itu tidak baik, seharusnya kamu bla bla bla”.

Kalimat-kalimat seperti itu akan membuatnya tersudut dan semakin tertekan. Dengan mengatakan hal tersebut kamu bukan mendukungnya, melainkan menyalahkannya.

6. Lakukan Hal yang Membuatnya Kuat

lakukan hal yang membuatnya kuat
pexels.com/@mentatdgt-330508

Lakukan lah hal-hal yang bisa membuat sahabatmu kuat. Kamu bisa mengajaknya melakukan sesuatu yang bisa mengurangi rasa sedihnya.

Atau kalau kalian sedang berjauhan, kamu bisa mengirimkan sesuatu seperti makanan dan lain sebagainya sebagai bentuk dukungan. Tunjukkan bahwa dia bisa menjadi orang yang kuat dengan berbagai terpaan.

7. Tidak Meninggalkan

jangan meninggalkannya
pexels.com/@rawpixel

Meninggalkan sahabat yang terkena masalah tidak akan baik untuk kesehatan mentalnya. Hal terpenting dalam memberikan dukungan padanya adalah dengan selalu ada dan tidak meninggalkannya.

Seperti yang dikatakan Feby Febiola pada Vanessa Angel bahwa semua orang punya masa lalu. Tapi semua orang juga bisa punya masa depan yang  baik.

8. Memperbaiki Keadaan

memperbaiki keadaan
pexels.com/@rawpixel

Meninggalkan atau tidak memberi dukungan pada sahabat yang terkena masalah akan memperburuk keadaan. Dia mungkin memiliki risiko yang tinggi untuk tertekan atau mengalami depresi.

Kamu tentunya tidak ingin temanmu mengalami hal seperti itu, kan? Belajar dari kesalahan, ajak lah temanmu untuk menjadi lebih baik agar tidak terperangkap dalam masalah yang sama.

Nah, itu dia teman-teman yang harus dilakukan untuk mendukung sahabat yang sedang terpuruk. Jangan malah menghilang dan mengata-ngatainya di belakang, ya. Sahabat seharusnya selalu ada dalam suka maupun duka, kan?

Apapun kesalahan yang diperbuat oleh sahabat kita, dia memiliki kesempatan untuk memperbaikinya. Memberikan dukungan dengan penuh kasih sayang akan membuatnya termotivasi untuk segera memperbaiki diri. Sebaliknya, mengkritiknya hanya akan membuat mentalnya semakin jatuh.

0 Komentar