Berkebun, Hobi Sederhana yang Bisa Buat Siapapun Panjang Umur

14 March 2019, at 00:00
0
0
Berkebun, Hobi Sederhana yang Bisa Buat Siapapun Panjang Umur

Berkebun biasanya menjadi mata pencaharian yang identik dilakukan oleh orang-orang yang hidup di pedesaan atau dataran tinggi. Namun tidak jarang hal ini juga dilakukan sebagai hobi yang menyenangkan sebagai pengisi waktu luang.

Meskipun terlihat sepele, namun berkebun ternyata memiliki manfaat yang besar bagi fisik maupun mental manusia. Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu profesor dari City University of London.

Kegiatan berkebun dinilai baik karena memiliki dampak seperti berolahraga, khusunya lari karena sama-sama mengandalkan kekuatan fisik.

Baca Juga: Punya Hewan Peliharaan Ternyata Berdampak Baik pada Kesehatan

Apabila dilakukan secara rutin, berkebun dapat memberikan manfaat yang luar biasa pada tubuh dan membuat orang yang melakukannya menjadi panjang umur karena faktor-faktor berikut.

1. Meningkatkan Produktivitas

meningkatkan produktivitas
gemmill.com.au

Orang yang memiliki hobi berkebun pasti akan menyempatkan waktunya untuk melakukan aktivitas tersebut meskipun mempunyai jadwal yang padat.

Sekadar menyiram atau membersihkan tanaman akan menjadi hiburan tersendiri apabila hal tersebut dilakukan dengan setulus hati.

Secara tidak langsung, hal ini juga meningkatkan produktivitas seseorang setiap harinya, lho. Dengan begitu, porsi gerak tubuh pun juga akan bertambah.

2. Melatih Kreativitas dan Kesabaran

melatih kreativitas dan kesabaran
vegetablegardener.com

Selain itu, berkebun juga akan melatih kreativitas dan kesabaran bagi orang yang menyukainya. Kondisi tersebut terjadi karena ia harus memikirkan tanaman apa yang cocok untuk ditanam dan metode apa yang paling tepat dilakukan.

Berkebun atau merawat tanaman ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Hal ini akan membuat kesabaran seseorang terlatih.

Maka dari itu orang yang hobi berkebun biasanya akan terhindar dari kemarahan yang dapat memicu berbagai penyakit.

3. Mencegah Kepikunan

mencegah kepikunan
theconversation.com

Pikun adalah kondisi menurunnya daya ingat pada seseorang yang biasanya menyerang para lanjut usia. Hal ini menyebabkan beberapa informasi dan memori tidak dapat tersimpan lama dalam otak.

Menurut penelitian, berkebun dapat meringankan risiko kepikunan pada lansia. Aktivitas fisik saat berkebun dipercaya mampu meningkatkan kinerja otak apabila dilakukan secara rutin.

4. Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan
1health.id

Ketika berkebun, anggota tubuh akan bergerak dua kali lebih aktif daripada biasanya. Sehingga, pembakaran lemak dalam tubuh juga menjadi lebih efektif.

Menurut sebuah penelitian yang tercatat pada American Journal of Public Health, berkebun setiap hari sangat ampuh menurunkan berat badan sebanyak 2-7 kilogram.

Lakukanlah kegiatan tersebut dengan waktu sekitar 20-30 menit setiap hari dengan rutin.

Baca Juga: Cara Menurunkan Badan Berikut Ini Mudah dan Anti Nyiksa!

5. Mengatasi Stres dan Depresi

mengatasi stres dan depresi
celebrateurbanbirds.org

Udara segar yang dihirup saat berkebun dan perasaan senang ketika melakukannya akan meningkatkan produksi hormon melatonin dan serotonin.

Hal ini akan membuat suasana hati atau mood menjadi lebih baik dan mengurangi tingkat stres dan depresi seseorang.

Selain itu, tanah juga memiliki khasiat sebagai antidepresan. Hal ini diungkapkan pada sebuah studi di Universitas Bristol yang telah membuktikannya dengan objek seekor tikus.

6. Menguatkan Otot Tangan

menguatkan otot tangan
saga.co.uk

Aktivitas berkebun seperti mengolah tanah, membersihkan tanaman, menyiram dan lain sebagainya secara otomatis akan melatih otot tangan.

Saat otot tangan meningkat, maka otot pada bagian-bagian tubuh lainnya akan ikut terbagun. Efek ini sama dengan telah berolahraga.

7. Mencegah Datangnya Penyakit

mencegah datangnya penyakit
stevewhysall.net

Penyakit akan muncul seiring dengan gaya hidup yang tidak sehat, termasuk kurangnya pergerakan tubuh. Padahal, semua orang membutuhkannya untuk mengeluarkan keringat dan racun-racun.

Berkebun secara tidak langsung akan membuat seseorang lebih aktif bergerak. Oleh sebab itu, racun dalam tubuh akan berkurang dan terhindar dari berbagai penyakit.

Meskipun demikian, berkebun saja tidak cukup. Kegiatan tersebut tetap harus diimbangi dengan pola makan yang baik, konsumsi air putih yang cukup dan tidak kelelahan.

8. Mendapatkan Asupan Makanan Sehat

mendapat asupan makanan sehat
sydney.newcastle.edu.au

Berkebun juga akan membuat seseorang menjadi lebih sehat karena mengonsumsi makanan yang bergizi. Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah penelitian dari American Journal of Public Healt.

Disebutkan bahwa orang dewasa cenderung mengonsumsi hasil kebun sendiri yang terdiri dari sayur dan buah segar. Bahan-bahan tersebut lebih sehat dibandingkan dengan yang dibeli di supermarket.

Baca Juga: 8 Bagian Makanan yang Sering Dibuang Ini Justru Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Nah, itu dia 8 alasan mengapa hobi berkebun dapat membuat orang menjadi lebih panjang umur. Manfaatnya yang melimpah untuk kesehatan fisik maupun mental merupakan faktor utama hal tersebut.

Bagaimana Sobat Qupas, berminat untuk membuat kebun kecil sendiri di belakang rumah?

0 Comment