Berkeliling di De Tjolomadoe, Objek Wisata Bekas Pabrik Gula yang Memesona

24 August 2019, at 11:00
0
0
Berkeliling di De Tjolomadoe, Objek Wisata Bekas Pabrik Gula yang Memesona

Apa yang ada di pikiranmu saat mendengar kata “pabrik”? Pasti tua, bising, angker, dan lain sebagainya yang nggak menarik untuk dijadikan tempat wisata.

Akan tetapi lain halnya dengan De Tjolomadoe, bangunan bekas pabrik gula ini justru berubah menjadi salah satu objek wisata Karanganyar yang wajib dikunjungi lho.

1. Berawal dari Pabrik Gula

bekas pabrik gula
instagram.com/hildawaringga

De Tjolomadoe dulunya merupakan sebuah pabrik gula yang bernama Colomadu. Didirikan pada tahun 1861 oleh Mangkunegara IV, pabrik ini merupakan lambang kejayaan Indonesia sebagai produsen gula lho.

Akan tetapi, krisis yang terjadi pada tahun 1998 membuat Colomadu harus ditutup kemudian terbengkalai begitu saja. Menyisakan cerita-cerita mistis yang beredar di masyarakat sekitar.

Dibiarkan begitu saja sampai 20 tahun, pabrik gula tersebut kemudian bertransformasi menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi.

2. Wisata Sejarah

wisata sejarah
instagram.com/awiratama

Meskipun sudah dipugar menjadi objek wisata yang menarik, akan tetapi alat-alat bekas pabrik gula masih dipertahankan.

Hal ini membuat wisatawan nggak hanya bisa menikmati bangunan tua dengan arsitektur indah saja, namun juga mempelajari sejarah pabrik Colomadu dan beberapa alat di dalamnya.

3. Klasik dan Instagenik

klasik instagenik
instagram.com/alviarati

Seperti yang telah disebutkan di atas, De Tjolomadoe merupakan bekas pabrik gula yang dibangun sejak puluhan tahun lalu. Kondisi tersebut membuat objek wisata ini memiliki arsitektur yang klasik dan instagenik.

Cat warna krem dan hijau pada sisi luar De Tjolomadoe membuat objek wisata tersebut semakin kental nuansa dengan nuansa Eropa. Selain itu, ada banyak spot menarik bagi kamu yang suka brswafoto lho.

Baca Juga: Mengintip The Heritage Palace, Wisata Sukoharjo Bekas Pabrik Gula dengan Nuansa Eropa

4. Toko Cenderamata “Goela”

goela
instagram.com/regitta_and

Sudah puas mengeliling De Tjolomadoe? Jangan lupa mampir ke toko cenderamata “Goela” yang juga terletak di dalam kawasan objek wisata tersebut.

Toko ini menyediakan berbagai macam oleh-oleh seperti gula-gula, gantungan kunci, baju, topi, permen jelly warna-warni dan pernah-pernik lainnya yang pas dijadikan sebagai oleh-oleh untuk sahabat.

5. Lokasi dan Harga Tiket

lokasi de tjolomadoe
instagram.com/lagiliburcom

Lokasi De Tjolomadoe tepatnya berada di Jalan Adi Sucipto No.1, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Objek wisata ini bisa kamu kunjungi dari pukul 10.00 sampai 21.00 WIB.

Untuk tiket masuknya, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp25 ribu saja. Itu pun sudah gratis satu botol air mineral lho, terjangkau sekali kan?

Jadi, jangan lupa mampir ke wisata bekas pabrik gula ini kalau sedang berada di Surakarta atau sekitarnya ya Sobat Qupas!

0 Comment