Berkenalan dengan Pulau Pisang, Kembaran Hawaii di Pesisir Barat Lampung

28 July 2019, at 12:00
0
0
Berkenalan dengan Pulau Pisang, Kembaran Hawaii di Pesisir Barat Lampung

Nama Pulau Pisang mungkin masih sedikit asing bagi sebagian orang. Beda lagi kalau mereka warga Lampung dan sekitarnya, atau traveelr yang sering keliling Indonesia, mereka pasti sudah sering dengar soal wisata di Kabupaten Pesisir Barat ini.

Nggak kalah dari Pulau Tegal Mas yang baru-baru ini hits di kalangan wisatawan, Pulau Pisang juga menyuguhkan pemandangan Samudera Hindia yang eksotis. Anak pantai wajib ke sini nih!

Baca juga: Liburan Seru ke Pulau Tegal Mas, Wisata Lampung Rasa Maldives

Nah, buat yang sudah nggak sabar pengen liburan ke Pulau Pisang, simak dulu informasi singkatnya!

1. Kenapa namanya Pulau Pisang?

pulau pisang
instagram.com/jagatlelembut

Bukan tanpa alasan kenapa objek wisata di Lampung ini namanya begitu unik. Kata warga setempat, disebut Pulau Pisang karena saat kita naik ke menara di sekitar destinasi ini dan melihat sekelilingnya, bentuknya menyerupai buah pisang.

Tapi ada juga sih kabar yang beredar, kalau dulu penemu pulau ini pakai batang pisang yang dibuat menjadi perahu untuk mencapai daratan Pulau Pisang.

2. Bukan pantai biasa

pulau pisang lampung
instagram.com/isun26

Pulau Pisang memang bukan cuma segunduk daratan dengan pemandangan pantai saja. Tapi destinasi yang dulunya masuk ke wilayah Kabupaten Lampung Barat ini menyuguhkan spot-spot super interest, terutama buat pecinta fotografi.

Kalau sudah ke Kecamatan Pulau Pisang, wajib hukumnya mampir ke beberapa spot populer di sini, seperti:

  • Pantai Dermaga: letaknya di Pekon Pasar. Ciri khas spot ini adalah adanya tiang-tiang beton sisa bangunan dermaga yang rusak tergerus ombak.
  • Batu Inton: Spot ini masih masuk ke dalam wilayah Pekon Pasar. Di sini, kamu bisa menikmati kerlap kerlip batu pantai yang diterpa sinar matahari.
  • Gua Liang: Masuk ke dalam wilayah Pekon Bandar Dalam. Selain bisa melihat keindahan Batu Inton, di sepanjang perjalanan menuju Gua Liang, kamu bisa melihat kera ekor panjang berkeliaran.
  • Batu Tiga: Berada di Pekon Sukamarga, spot ini masih satu jalur dengan Gua Liang. Dinamakan Batu Tiga karena ketika menyusuri bagian kiri Pulau Pisang, kamu bakal menemukan tiga batu besar yang tersebar di bibir pantai. 
  • Batu Bughi (Ghuri): Spot yang termasuk ke dalam Pekon Labuhan ini juga populer. Di sini ada bangkai kapal yang keren saat difoto.

3. Bisa lihat lumba-lumba, lho!

lumba lumba
cindriyanto.com

Satu lagi yang menarik saat liburan ke Pulau Pisang, yaitu kamu bisa melihat lumba-luma kalau beruntung. Pemandangan mamalia imut itu bisa kamu saksikan saat menyeberang menggunakan kapal. Kadang ada gerombolan lumba-lumba yang bakal renang di samping kapal. Pasti ini seru!

Baca juga: 8 Wisata di Bali Buat Kamu yang Ngefans Sama Lumba-lumba

4. Cara ke Pulau Pisang

pulau pisang pesisir barat
instagram.com/_handrijay

Untuk bisa sampai ke Pulau Pisang, kamu perlu menuju Krui terlebih dahulu. Kalau dari Bandar Lampung, rutenya adalah Pringsewu, lanjut ke Kota Agung Sedayu Bengkunet, lalu Krui. Estimasi perjalanan kira-kira 6-7 jam.

Dari Krui, ada 2 jalur alternatif yang bisa kamu gunakan, yaitu:

  • Pertama melanjutkan perjalanan darat selama 20 menit dari Krui sampai Pekon Tebakak. Sesampainya di Pelabuhan Tebakak, perjalanan dilanjutkan pakai jukung atau perahu menuju Pulau Pisang. Estimasi waktu tiba kira-kira 15-20 menit tergantung ombak. Biaya penyeberangannya pun sekira Rp15 ribu per orang.
  • Jalur ke dua adalah lewat laut langsung dari Dermaga Kuala Krui sampai Pulau Pisang dengan estimasi waktu 1 jam perjalanan. Meski waktu perjalanan lebih lama, tapi ombaknya lebih bersahabat.

Gimana, tertarik buat liburan ke Pulau Pisang? Ingat, jadwal keberangkatan dari kedua pelabuhan tersebut cuma ada 2 jadwal, yaitu pukul 08.00 dan 14.00 atau tergantung kondisi ombak. Jadi kalau kamu datang melebihi kedua waktu tersebut, siap-siap nginap di sekitar Krui deh.

0 Comment