Berlebihan Makan Daging Bisa Picu Kanker Payudara, Hoax atau Fakta?

12 October 2018, at 07:54
0
0
Berlebihan Makan Daging Bisa Picu Kanker Payudara, Hoax atau Fakta?

Bicara mengenai kanker, tentu saja semua orang sudah tahu kalau penyakit yang satu ini tergolong sebagai salah satu jenis penyakit paling mematikan di dunia. Sampai sekarang, sudah jutaan nyawa meregang akibat penyakit yang satu ini.

Ada banyak jenis kanker yang bisa menyerang manusia, mulai dari kanker hati, kanker paru, kanker rahim, kanker otak, sampai kanker usus. Semua jenis kanker tersebut bisa menyerang siapa saja tanpa kompromi.

kanker payudara
doktersehat.com

Namun di balik semua jenis kanker itu, masih ada satu jenis kanker lagi yang cukup menakutkan bagi wanita, yaitu kanker payudara. Yap, kanker payudara merupakan mimpi buruk bagi setiap wanita. Sebab, saat sudah terkena penyakit ini maka kehidupan akan berubah secara drastis.

Nah, bicara tentang kanker payudara, baru-baru ini ada sebuah informasi yang cukup menghebohkan warganet di dunia maya. Informasi tersebut mengenai daging merah yang diklaim bisa memicu terjadinya kanker payudara.

Sontak informasi tersebut menjadi viral seketika. Banyak pihak yang merasa penasaran apakah kontroversi itu memang benar atau hanya hoax belaka.

Untuk menjawab kontroversi ini, Qupas telah menghimpun informasi supaya kamu mengetahui yang sebenarnya. Disimak ya!

Baca juga : Inilah 6 Kebiasaan Sepele Penyebab Kanker Payudara, Kamu Pernah Melakukannya?

makan daging
pixabay.com

Jadi, sebenarnya pembahasan ini sudah terjadi sejak dulu. Hanya saja pemberitaannya tidak terlalu viral seperti sekarang. Buktinya, dulu sudah ada penelitian yang membahas hal ini. Salah satu penelitian tersebut dipublikasikan dalam International Journal of Cancer.

Dalam penelitian itu, dijelaskan bahwasanya memang benar mengonsumsi daging olahan bisa meningkatkan risiko kanker payudara bagi wanita. Bahkan parahnya lagi disebutkan kalau risiko itu bisa meningkat hingga 9 persen ketika seorang wanita sangat gemar mengonsumsi daging.

Hal senada juga disampaikan oleh pakar kesehatan seperti dikutip dari laman BBC, menyebutkan jika pernah ada analisis penelitian terhadap 1,2 juta wanita tentang efek daging olahan dengan risiko kanker payudara.

daging
pexels.com

Alhasil, penelitian itu mendapati kesimpulan yang sama, yakni wanita memang cenderung lebih besar risiko terkena kanker payudara ketika terlalu sering mengonsumsi daging olahan. Alasan sederhana yang dilontarkan oleh peneliti adalah daging olahan sudah melewati beberapa proses seperti pengawetan, pengaraman, fermentasi, pengasapan, sampai pembakaran.

Hal itulah yang mendasari para peneliti untuk menyimpulkan jika daging olahan bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara. Walau yang berisiko adalah daging olahan, tidak menutup kemungkinan daging biasa atau mentah juga memiliki risiko yang sama.

0 Comment