Bersin Karena Pilek Atau Tanda Alergi, Apa Ya Bedanya?

11 July 2018, pada 09:00
1
0
Bersin Karena Pilek Atau Tanda Alergi, Apa Ya Bedanya?

Batuk dan bersih-bersin yang diikuti dengan hidung mulai berair dan mampet seringkali identik dengan gejala pilek atau flu. Jadi, banyak orang yang kemudian buru-buru mengatasinya dengan mengonsumsi obat flu, padahal sebenarnya bersin tersebut sebenarnya gara-gara alergi. Faktanya, meski memiliki gejala yang mirip, sebenarnya bersin karena pilek dan alergi punya ciri khas tersendiri. Agar tidak salah cara mengatasinya, yuk cari tahu dulu apa bedanya.

 

Penyebab

 

Secara umum, yang membedakan flu dan alergi adalah penyebab serangannya. Pada flu, serangan batuk dan pilek disebabkan oleh virus yang menginfeksi dan menyerang sistem pernapasan dan hidung, sehingga memicu sistem imun tubuh melakukan perlawanan. Bersin disertai pilek yang kadang juga disertai pembengkakan tonsil akan memicu terjadinya hidung tersumbat yang merupakan reaksi khas sistem imun untuk mendorong virus keluar dari dalam tubuh. Sedangkan alergi terjadi saat sistem pertahanan tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap suatu zat yang dianggap sebagai objek asing yang perlu dilawan.

 

berkeleywellness.com

 

Lama serangan

 

Bersin pada pilek maupun flu akan terjadi dalam tempo sekitar 4 hingga 15 hari, tergantung dari peningkatan sistem daya tahan tubuh dan seberapa kuat serangan virus yang terjadi. Umumnya pilek akan terjadi bersamaan dengan perubahan cuaca dan iklim. Pada alergi, serangan bersin akan sulit diprediksi karena biasanya muncul jika terpapar alergen dan reda saat tubuh tidak lagi bereaksi, sehingga kondisi seperti ini membutuhkan waktu yang lebih lama.

 

Proses kemunculan

 

Saat mengalami flu, tubuh menunjukkan proses inkubasi yang dimulai dengan kondisi tubuh melemah yang disertai dengan demam, pusing, sakit kepala, hingga munculnya pilek, atau dalam kata lain ada penurunan kondisi yang terlihat jelas hingga pasien dinyatakan sembuh. Sementara itu, bersin pada alergi akan muncul secara mendadak lalu mereda dan hilang setelah beberapa waktu, tetapi bisa muncul kembali kapan saja tanpa tanda-tanda di awal.

 

nulis.co.id

Warna dahak dan lendir

 

Saat terjadinya pilek akibat infeksi virus yang menyerang hidung dan tenggorokan, biasanya akan muncul lendir berwarna hijau kekuningan. Pada kondisi alergi lendir umumnya berwarna bening yang menandakan tidak adanya infeksi di dalam tubuh.

Itulah tadi perbedaan antara flu dan alergi yang perlu kamu pahami. Selain itu, untuk mencegah terjadinya kondisi tubuh yang kurang sehat, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang seimbang serta segera periksa diri ke dokter saat gejala muncul agar dapat diberikan penanganan dan terapi yang tepat untuk mengatasinya.

0 Komentar