Bertualang ke Hutan Bonsai di NTT, Destinasi yang Seolah Membawamu ke Negeri Dongeng

03 July 2019, at 05:00
1
0
Bertualang ke Hutan Bonsai di NTT, Destinasi yang Seolah Membawamu ke Negeri Dongeng

Kalau biasanya tanaman bonsai tumbuh di pot-pot kecil, beda ceritanya saat kamu berkunjung ke kawasan kaki Gunung Mutis, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di wilayah ini kamu bakal menemui pohon bonsai berukuran raksasa.

Bukan cuma satu, tapi beberapa tanaman bonsai bakal tersaji di hadapanmu layaknya di wilayah hutan. Bahkan mungkin kamu bakal merasa sedang berada di negeri dongeng.

Baca juga: Hutan di Indonesia Seolah Membawamu ke Scene Film Fantasi!

Buat kamu yang penasaran dengan Hutan Bonsai ini, jangan malas scroll ke bawah, ya!

1. Berada di wilayah cagar alam

cagar alam mutis
instagram.com/dreaddaddy

Gunung Mutis yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Timor NTT ini masuk ke dalam wilayah cagar alam. Itu artinya, Hutan Bonsai yang berada di kawasan kaki gunungnya juga demikian.

Berada di ketinggian 1.500 sampai 2.500 mdpl, suhu rata-rata wilayah Cagar Alam Mutis ini sekitar 12 sampai 19 derajat celsius. Berarti, wilayah ini merupakan daerah paling dingin di antara panas dan teriknya Nusa Tenggara Timur.

Saking luasnya, sebenarnya cagar alam ini masuk ke dalam kawasan Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Kabupaten Timor Tengah Utara. Tapi paling mudah diakses dari Fatumnasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan.

2. Wisata di NTT penuh tantangan

hutan bonsai
instagram.com/ishakmlf

Hutan Bonsai di NTT ini bisa dibilang adalah wilayah yang nggak terlalu mudah untuk dijangkau. Kamu perlu mengendarai mobil 4WD dan perlu menyewa sopir atau pemandu yang berpengalaman.

Terutama buat kamu yang pengen mendaki ke Gunung Mutis, berangkat bersama pemandu tampaknya jadi keharusan. Soalnya wilayah ini dikenal keramat dan mistis. Pengunjung perlu minta izin dulu untuk memasukinya.

Baca juga: Letaknya Tersembunyi, Inilah Pemandangan Gua Kristal di Kupang

3. Nuansa magis di Hutan Bonsai

hutan bonsai ntt
instagram.com/santyolla_

Buat yang cuma pengen mampir ke wilayah Hutan Bonsai, ada kabar baik buat kamu. Hal ini karena kawasan tersebut bukan berada di jalur pendakian maupun terletak di puncak.

Tapi kawasan Hutan Bonsai yang nuansanya magis ini bakal dilalui mobil 4DW. Jadi kamu nggak perlu mengerahkan tenaga untuk jalan kaki atau melewati medan menanjak.

Begitu sampai di kawasan wisata Nusa Tenggara Timur ini, kamu bakal melihat pohon yang batangnya berlekuk-lekuk seperti bonsai. Akarnya pun diselimuti lumut. Perlu kamu tahu juga, pemandangan Hutan Bonsai ini cuma ada dua di dunia, salah satunya ya di NTT ini.

4. Penginapan di sekitar Hutan Bonsai

lopo mutis
instagram.com/atochuiy

Sebelum ke Hutan Bonsai atau mendaki ke Gunung Mutis, Homestay Lopo Mutis bisa jadi rekomendasi tempat menginap. Bentuknya unik, menyerupai rumah-rumah bulat yang di dalamnya terdapat keranjang dengan kelambu.

Homestay milik Pak Matheos Anin yang juga merupakan juru kunci Gunung Mutis ini tarif per malamnya cuma sekitar Rp100.000,00. Itupun sudah termasuk makan sebanyak 3 kali. Terjangkau kan?

Gimana, makin penasaran dengan Hutan Bonsai di NTT? Mungkin kamu perlu menyiapkan tenaga dan waktu dulu untuk bisa mencapai salah satu destinasi bak negeri dongeng itu. Kalau soal biaya nggak bakal bikin kantong jebol kok.

0 Comment