Bertualang ke Pulau Biawak, Rumah Bagi 'Keluarga' Komodo di Indramayu yang Eksotis

30 October 2019, at 12:00
0
0
Bertualang ke Pulau Biawak, Rumah Bagi 'Keluarga' Komodo di Indramayu yang Eksotis

Kalau di Nusa Tenggara Timur ada Pulau Komodo. Beda lagi dengan Jawa, tepatnya di Indramayu. Salah satu kabupaten di Jawa Barat ini punya tempat wisata serupa dan nggak kalah menarik, yaitu Pulau Biawak. Pernah dengar?

Mungkin cuma sebagian traveler saja yang sudah tahu tentang Pulau Biawak ini. Sesuai dengan namanya, destinasi yang berjarak sekira 40 kilometer dari pantai utara Tirtamaya Indramayu ini dihuni oleh satwa biawak (Varanus salvator).

Selain menjadi rumah bagi keluarga komodo, pulau di Indramayu ini juga menawarkan panorama yang memikat. Penasaran? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Tujuan utama wisata di Indramayu

pulau biawak jawa barat
instagram.com/sasyahirah

Pulau Biawak merupakan wilayah kepulauan yang berada di Laut Jawa. Ada tiga pulau di kawasan ini, yaitu Pulau Biawak, Pulau Candikian, dan Pulau Gosong.

Untuk Pulau Biawak, bisa dibilang menjadi salah satu tujuan wisata utama di Kabupaten Indramayu. Selain karena keindahan view sekitarnya, keberadaan satwa-satwa unik di sini juga menjadi daya tarik.

2. Habitat para biawak

biawak di indramayu
instagram.com/makki_parikesit

Konon, ada sekira ratusan bahkan ribuan biawak yang berada di pulau yang vegetasinya dipenuhi pohon mangrove tersebut. Satwa ini tergolong unik karena hidup di kawasan air asin.

Biasanya, pengunjung bisa melihat puluhan biawak dengan panjang antara 20 cm sampai 1,5 meter berenang di tepi pantai setiap menjelang matahari terbenam. Saat itu, mereka sedang berburu ikan untuk kebutuhan makannya.

3. Wisata Indramayu yang eksotis

diving pulau biawak
instagram.com/rindahtv

Pulau Biawak bukan cuma membuatmu menyapa para satwa mirip komodo saja. Salah satu wisata andalan di Jawa Barat ini juga bakal membuatmu terpesona akan keindahan panorama sekitar.

Keindahan destinasi yang juga dikenal dengan nama Pulau Menyawak dan Pulau Bompyis ini semakin kendara saat kamu mengelilinginya. Mengitari area dengan luas 120 hektar ini, kamu akan menemukan kawasan hutan bakau dan tanaman lain.

Selain itu, di pulau ini kamu juga bisa melakukan olahraga air seperti snorkeling bahkan menyelam lho. Peralatannya pun bisa disewa, tapi maksimal bisa digunakan untuk 4 orang saja.

Baca juga: Hobi Snorkeling? Kamu Bisa Mampir ke 4 Wisata Bahari di Banyuwangi Ini!

4. Ada 'warisan' Belanda di sini

mercusuar pulau biawak
instagram.com/barkarism

Tahu nggak sih? Ternyata di Pulau Biawak, kamu juga bisa menemukan salah satu warisan Belanda lho. Sebut saja mercusuar yang dibuat tahun 1872 oleh ZM Willem.

Sampai sekarang, bangunan setinggi 65 meter dengan 16 lantai ini masih berdiri kokoh. Bahkan masih berfungsi untuk memandu kapal-kapal besar maupun kecil yang melintas.

5. Cara ke Pulau Biawak

pulau biawak
instagram.com/fransrandi

Secara administratif, Pulau Biawak berada di Kabupaten Indramayu. Untuk bisa sampai di wisata Indramayu ini, kamu bisa menyeberang menggunakan perahu nelayan maupun kapal yang disediakan Pemprov Jawa Barat.

Sebelumnya, kamu perlu memesan tempat ke kantor Diporbudpar Indramayu atau kantor Disbudpar Jabar, Bidang kepariwisataan.

6. Penyeberangan yang eksklusif

pulau biawak indramayu
instagram.com/hindunabdat

Penyeberangan ke Pulau Biawak bisa dibilang eksklusif karena terbatasnya transportasi. Sekarang, cuma ada dua cara menuju ke destinasi ini, yaitu menggunakan perahu sewaan dari nelayan dan kapal dari pemerintah.

Perbedaan keduanya terletak pada waktu tempuh dan kenyamanan. Saat menggunakan speed boat berkapasitas 30 dan 10 orang ini, waktu yang dibutuhkan cuma sekira 1,5 jam saja. Fasilitas di dalamnya pun cukup komplet, seperti ada AC, lengkap dengan mesin karaoke, hingga kamar kecil.

Sementara kalau pakai perahu nelayan, waktu yang dibutuhkan kurang lebih selama 4 jam. Fasilitasnya pun seadanya.

Baca juga: Kenapa Sih Komodo Cuma Ada di Indonesia? Ternyata Ini Lho Alasannya

transportasi ke pulau biawak
instagram.com/mateussitumorang

Kedua kapal tersebut cuma dioperasika setiap Sabtu dan Minggu. Sedangkan untuk tarif sewanya sekira Rp290 ribu per orang. Kamu juga bisa sewa perahu motor milik nelayan dengan tarif Rp2 juta per 10 orang.

Well, Pulau Biawak memang menarik untuk dikunjungi. Selain karena kehadiran satwa reptipnya, panorama alam di sekitarnya juga cocok untuk relaksasi. Gimana nih, kapan kamu mampir?

0 Comment