Betoh So'on, Stonehenge Versi Kearifan Lokal di Bondowoso yang Memukau

12 October 2019, at 15:00
0
0
Betoh So'on, Stonehenge Versi Kearifan Lokal di Bondowoso yang Memukau

Nggak perlu jauh-jauh liburan ke Inggris demi melihat Stonehenge. Indonesia juga punya destinasi serupa. Tepatnya di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Bukan buatan manusia, Stonehenge ala Bondowoso ini konon terbentuk secara alami. Seperti apa sih penampakannya? Lalu ada apa saja di sana? Scroll ke bawah yuk biar makin tahu infonya!

1. Apa sih arti dari Betoh So'on?

betoh so'on
instagram.com/awansendja_

Stonehenge ala Bondowoso ini bertajuk 'Betoh So'on'. Mendengar namanya, mungkin sebagian dari kalian penasaran dengan artinya.

Nama unik ini diambil dari Bahasa Madura yang biasa digunakan warga setempat. Dimana "betoh" artinya batu. Sedangkan "so'on" berarti sunggi atau membawa barang kemudian diletakkan di atas kepala. Singkatnya, "Betoh So'on" artinya batu yang bertumpuk olah disunggi.

2. Stonehenge Van Java di Bondowoso

stonehenge van java
instagram.com/s.a.prayogi

Betoh So'on nggak kalah misteriusnya dengan Stonehenge yang ada di Inggris. Belum ada yang tahu bersih kenapa bebatuan di Bondowoso ini bisa bertumpuk. Tapi ada yang memperkirakannya kalau susunan batu tersebut terbentuk secara alami ribuan tahun lalu.

Bukan cuma tumpukan batu yang unik, pemandangan alam cantik juga bisa kamu saksikan di wisata Bondowoso yang kini disebut sebagai Stonehenge van Java ini.

3. Wisata Bondowoso favorit para petualang

betoh so'on bondowoso
instagram.com/yakbendebesah

Betoh So'on Bondowoso bisa dibilang wisata yang cocok buat para petualang sejati meski sebenarnya akses menuju destinasi ini cukup mudah. Jalannya pun sudah beraspal. Tapi di sejumlah titik terdapat tanjakan, turunan, dan jalan yang berkelok.

Sepanjang perjalanan, kalian bakal melewati jalan desa yang masih asri. Hamparan sawah dan ladang hijau bakal kalian saksikan. Di beberapa area ada hutan serta sungai berbatu yang airnya masih jernih.

Sesampainya di lokasi, bebatuan jenis andesit yang terletak di dasar lembah tampak menjulang tinggi. Panorama ini cuma bisa dilihat dari atas bukit. Tapi kamu juga bisa menuruni lembah curam tersebut. Lalu dilanjutkan dengan menyusuri hamparan rumput ilalang dan semak sampai mendekat ke gugusan batu.

Baca juga: Wisata di Kaki Gunung Ijen Ini Punya Padang Ilalang yang Fotogenik, Mampir Yuk!

4. Destinasi di Bondowoso yang kian bersolek

spot foto betoh so'on
instagram.com/taufiqirahman

Dulu, tempat ini bukan apa-apa. Sampai akhirnya belakangan pemerintah setempat mulai membangun beragam fasilitas di Betoh So'on.

Seperti dilansir dari Detik, sejumlah fasilitas umum seperti gardu pandang serta sejumlah spot untuk hunting foto sudah tersedia. Ada pula pagar besi yang berada di sisi kanan dan kiri gardu pandang untuk keamanan. Lokasinya yang menjorok ke arah lembah bakal membuatmu lebih bebas melihat view atau berswafoto dengan background Betoh So'on.

Selain itu, di objek wisata alam Bondowoso ini juga sudah disediakan toilet, musala, tempat parkir dan masih banyak lagi. Seru, kan? Apalagi tiket masuknya cuma sekira Rp8 ribuan.

5. Cara ke Betoh So'on

stonehenge bondowoso
instagram.com/happy.backpacker

Tertarik berkunjung ke Betoh So'on? Lokasinya ada di Desa Solor, Kecamatan Cermee. Objek wisata yang masih terus dibenahi ini berjarak sekira 40 kilometer dari pusat Kota Bondowoso atau bisa ditempuh selama kurang lebih 2 jam perjalanan.

Untuk bisa sampai di Stonehenge van Java ini, kalian perlu menuju melewati Jalan Raya Prajekan sampai menemukan pertigaan. Kemudian ambil arah ke Cermee. Sampai di Solor, pemandangan hamparan batu bertumpuk bakal tersaji.

Itulah sekilas info tentang Betoh So'on yang bakal jadi salah satu primadona di Kabupaten Bondowoso. Jadi, kapan nih kamu ajak orang tersayang buat liburan ke tempat wisata baru di Bondowoso ini? Yuk segera ke sini mumpung tiket masuknya murah meriah!

0 Comment