Biar Anak Makin Pintar, Bunda Harus Cerdas Memilih Warna Cat Kamar

10 October 2019, at 17:00
0
0
Biar Anak Makin Pintar, Bunda Harus Cerdas Memilih Warna Cat Kamar

Beberpa penelitian membuktikan bahwa warna dapat memengaruhi suana hati, perilaku, bahkan kesehatan. Selain itu, warna-warna tertentu juga diklaim bisa membantu stimulasi kecerdasan otak pada anak.

Oleh sebab itu, pemilihan warna kamar anak sebaiknya dilakukan dengan penuh perhitungan. Berikut ini beberapa pilihan warnakamar  dan pengaruhnya terhadap perkembangan buah hati.

1. Biru

biru
pinterest.com/kidinteriors

Penelitian menyebutkan bahwa warna biru dapat memberikan ketenangan dan kedamaian. Mengaplikasikan warna ini pada kamar anak akan membantunya untuk mengatur emosi, menurunkan perasaan cemas, dan perilaku agresif.

Kamar dengan warna biru dengan nuansa menenangkan juga bisa memberikan terapi pada anak yang sering tantrum lho Bunda!

2. Hijau

hijau
pinterest.com/glitterguide

Selain biru, warna hijau nyatanya juga memiliki efek menenangkan karena merupakan salah satu elemen alam.

Sebuah penelitian telah menemukan fakta bahwa memberikan warna yang dominan pada dinding dan dekorasi kamar akan meningkatkan kemampuan membaca dan pemahaman pada si kecil.

3. Orange

orange
arredissimailmondodeibambini.com

Pada umumnya, warna orange memang jarang diaplikasikan pada kamar anak. Padahal, orange memberikan efek hangat dan energik yang baik untuk buah hati.

Mendesain kamar anak dengan warna orange yang dominan akan memdorongnya menjadi lebih percaya diri, terbuka, bebas berekspresi, atau dalam kata lain meningkatkatkan kecerdasan sosialnya.

4. Kuning

kuning
pinterest.com/circudesign

Warna kuning sering dikaitkan dengan keceriaan dan perasaan senang. Penelitian menbuktikan bahwa warna tersebut dapat membantu si kecil untuk lebih mudah berkonsentrasi dan meningkatkan daya ingat.

Meskipun demikian, kamu perlu berhati-hati karena penggunaan warna kuning cerah yang terlalu dominan berpotensi membuat anak mudah marah dan gelisah.

Baca Juga: Sesuaikan dengan Usia, Ini Desain Kamar Anak yang Membantu Perkembangannya

5. Merah

merah
thisoldhouse.com

Penggunaan warna merah pada kamar anak dapat membuatnya memiliki energi lebih karena denyut jantung serta pernapasan yang meningkat. Selain itu, merah juga bisa merangsang kerja otak si kecil.

Namun, penelitian menyebutkan bahwa warna merah yang terlalu dominan pada kamar anak bisa membuat buah hati menjadi lebih agresif dan susah fokus. Sehingga, kamu bisa memberikan nuansa merah pada beberapa dekorasi dan hiasan saja.

6. Pink

pink
pinterest.com/lifesimplystyledbyme

Sering diaplikasikan pada kamar anak perempuan, nyatanya menurut psikologis nuansa pink juga memiliki efek menenangkan bagi anak laki-laki.

Penggunaan warna pink yang dominan pada kamar anak akan merasangkan pertumbuhan yang lebih cepat, baik secara kecerdasan sosial maupun emosional.

7. Ungu

ungu
amazon.com

Ungu juga bisa lho menjadi pilihan warna untuk mempercantik ruangan si kecil. Sering dikaitkan dengan kemewahan, ambisus dan kepercayaan diri ternyata warna ini juga menunjukkan kreativitas dan kebijaksanaan.

Membubuhkan warna ungu pada dinding dan dekorasi kamar si kecil akan membantunya mengasah kecerdasan emosional sehingga lebih peka terhadap lingkungan atau orang lain.

Wah, semua warna ternyata punya pengaruh yang berbeda-beda ya pada perkembangan anak. Jadi, Sobat Qupas pilih yang mana?

0 Comment