Biar Cepat Dipanggil HRD, Hindari 5 Kesalahan Menulis Amplop Lamaran Kerja Berikut Ini

11 September 2019, at 12:00
0
0
Biar Cepat Dipanggil HRD, Hindari 5 Kesalahan Menulis Amplop Lamaran Kerja Berikut Ini

Melamar pekerjaan memang bukanlah hal yang mudah. Seorang job seeker atau orang yang sedang mencari kerja harus berjuang sepenuh tenaga untuk mendapatkan pekerjaan impian. Tentu prosesnya nggak sebentar, mulai dari menuliskan amplop lamaran kerja hingga melewati sesi wawancara.

Nah, buat kamu yang sudah mengirimkan amplop kerja kesana kesini tapi nggak kunjung mendapatkan panggilan. Tanpa disadari, mungkin kamu sudah melakukan kesalahan menulis amplop lamaran kerja ini. Apa saja sih, kesalahannya? Lebih baik hindari secepat mungkin ya!

1. Memilih Amplop Lamaran Kerja Tanpa Pengunci di Belakangnya

amplop lamaran kerja
fsp-online.com

Pemilihan amplop lamaran kerja, tentu nggak boleh asal-asalan lho. Pastikan untuk memilih amplop lamaran berwarna cokelat. Usahakan ukuran amplop sesuai dengan dokumen yang akan kamu kirimkan.

Pasalnya, amplop berukuran kecil yang membuat dokumen sampai terlipat bisa mengurangi rasa profesionalitasmu. Pilih amplop dengan pengunci dibelakangnya.

Amplop lamaran kerja dengan lem, dikhawatirkan bisa merusak dokumen di dalamnya.

2. Penulisan Huruf yang Nggak Konsisten

contoh amplop lamaran kerja
amazonaws.com

Tentu saja, hal ini juga perlu kamu perhatikan lho. Apalagi, kalau kamu menuliskan informasi dengan tulisan tangan. Usahakan juga untuk menuliskan informasi tersebut dengan bolpoin tinta kental. 

Gunakan huruf kapital yang tepat di dalam penulisannya. Gunakan juga huruf kapital pada saat menulis nama perusahaan dan nama HRD.

Jangan lupa kamu harus konsisten dalan penulisan informasi di amplop lamaran kerjamu ya!

3. Lupa Menuliskan Identitas Secara Lengkap

contoh penulisan amplop lamaran kerja
noissue.co

Nah, ini nih yang mungkin pernah kamu lewatkan. Tulislah nama dan alamatmu dengan totalitas. Jangan lupa untuk mencantumkan alamat selengkap mungkin.

Jangan sampai untuk lupa menuliskan nomor telepon atau alamat email yang bisa dihubungi. Pastikan hal tersebut untuk memudahkan HRD mengingat namamu kalau saja lamaranmu lolos administrasi.

Baca juga: Catat! 10 Situs Pencarian Kerja Ini Akan Membantumu Menemukan Karier Impian

4. Kesalahan dalam Penulisan Alamat Tujuan Perusahaan

amplop lamaran
amgprinting.com

Tulis dan baca kembali alamat tujuan perusahaan yang akan kamu lamar. Jangan sampai ada kesalahan pada bagian tersebut di penulisan amplop lamaran kerja.

Hal itu tentu bisa mengurangi nilai plus di mata perekrut lho. Jadi, bacalah sekali lagi penulisan alamat tujuan pada amplop lamaran kerja.

5. Lupa untuk Menuliskan Kode Jabatan

amplop surat lamaran kerja
thebalancesmb.com

Salah satu alasan mengapa surat lamaranmu nggak dilirik HRD adalah lupa menuliskan kode jabatan yang akan dilamar. Padahal hal tersebut bisa memudahkan perekrut mengklasifikasikan pada pelamar berdasarkan posisi tersebut.

Hal ini mengingat perekrut hanya memiliki waktu yang sedikit sedangkan pelamar yang harus diseleksi ribuan. Jadi, jangan lupa untuk menuliskan kode jabatan pada amplop surat lamaran kerja.

Itu dia, lima kesalahan penulisan amplop lamaran kerja yang mungkin harus kamu hindari. Tetap terus perbaikin format amplop lamaranmu ya! Semoga sukses, sobat Qupas!

0 Comment