Biar Hasilnya Maksimal, Baiknya Eksfoliasi Wajah di Pagi atau Malam Hari Sih?

02 September 2019, at 18:00
0
0
Biar Hasilnya Maksimal, Baiknya Eksfoliasi Wajah di Pagi atau Malam Hari Sih?

Meski nggak termasuk perawatan harian, tapi eksfoliasi wajah juga pantang untuk dilupakan. Apalagi manfaat yang bisa didapatkan cukup banyak.

Mulai dari mencegah jerawat, meratakan warna kulit, memperbaiki tekstur kulit, hingga mengoptimalkan kerja skincare yang diaplikasikan ke wajah.

Disamping manfaatnya tersebut, ternyata banyak juga yang bertanya-tanya. Kapan sih waktu yang tepat untuk mengeksfoliasi atau scrub wajah?

eksfoliasi wajah
instagram.com/innisfreeusa

Waktu yang tepat untuk mengeksfoliasi wajah sebenarnya bisa disesuaikan dengan tipe dan kondisi kulit, jenis eksfoliator, gaya hidup, hingga kebiasaanmu sehari-hari.

Eksfoliasi di waktu pagi bisa jadi pilihan yang tepat kalau skincare dalam perawatan wajah malam harimu ada yang mengandung retinoid. Karena bahan ini seringkali menimbulkan iritasi.

Dengan begitu, mengangkat sel kulit mati di waktu pagi akan mengurangi risiko terjadinya iritasi. Apalagi mengingat wajah yang baru saja dieksfoliasi cenderung lebih sensitif.

eksfoliasi wajah di pagi hari
instagram.com/sensatiabotanicals

Selain itu, kamu juga bisa melakukan eksfoliasi di pagi hari kalau sering bangun tidur dengan wajah yang sangat berminyak dan terlihat kusam.

Baca juga: Wajahmu Seperti Ladang Minyak Saat Bangun Tidur? Ternyata Ini Penyebabnya

Mengangkat sel-sel kulit mati dengan produk facial scrub akan membantu membuang tampilan kulit kusam dan membuat wajah terlihat lebih glowing.

waktu yang tepat untuk scrub wajah
instagram.com/sensatiabotanicals

Kalau kulitmu termasuk sensitif dan mudah memerah, baiknya lakukan eksfoliasi di malam hari. Karena waktu tidur bisa membantu menenangkan wajahmu supaya kembali seperti semula.

Terlebih lagi, karena berbagai kesibukan yang ada, kamu bakalan cenderung terburu-buru di pagi hari. Hal ini kemudian bisa membuatmu lebih agresif ketika mengaplikasikan physical exfoliator. Alhasil, wajahmu malah iritasi deh.

Selain itu, eksfoliasi wajah di malam hari akan membuat kulitmu yang selalu tertimpa makeup jadi ekstra bersih dan kinerja skincare malam harimu jadi lebih efektif.

scrub wajah
instagram.com/lorealskin

Sekarang nggak bingung lagi kan, kapan waktu yang tepat untuk scrub wajah? Kalau pemilihan skincare untuk eksfoliasi, bisa kamu sesuaikan dengan tipe dan kondisi kulitmu.

Jangan lupa juga, ritual perawatan ini idealnya hanya boleh dilakukan 2-3 kali dalam seminggu. Karena melakukan eksfoliasi wajah setiap hari hanya akan membuat kulitmu semakin tipis dan rentan terhadap iritasi.

0 Comment