Biar Hemat, 8 Bahan Makanan Ini Harus Kamu Beli dalam Jumlah Banyak

04 March 2019, at 05:00
0
0
Biar Hemat, 8 Bahan Makanan Ini Harus Kamu Beli dalam Jumlah Banyak

Buat anak kos nih, ada banyak Life Hacks yang bisa diterapkan agar hidupmu lebih hemat dan bisa menabung uang banyak. Salah satunya dengan cara membeli bahan masakan dalam jumlah banyak.

Tentunya dengan penawaran harga yang lebih murah, bahan kebutuhan berikut ini memiliki tingkat kadaluarsa hingga bertahun-tahun lho. Simak yuk!

1. Beras

bahan masakan beras
penanegeri.com

Bahan makanan pokok ini, bisa bertahan hingga 3-4 tahun lamanya. Tentunya dengan penyimpannya yang benar, akan semakin memperlama ketahanan beras.

Jadi, nggak ada salahnya untuk membeli dalam jumlah yang banyak. Pastinya kamu akan mendapatkan penawaran harga yang lebih murah.

2. Bawang Putih

bawang putih
cookinglight.timeinc.net

Bawang memang menjadi bumbu utama yang harus selalu ada dalam setiap masakan. Selain untuk menambah rasa lezat, juga bisa menyehatkan tubuh.

Simpan bawang dalam ruangan yang terbuka dan tak menaruhnya di dalam pendingin karena akan membuatnya terasa tengik. Menyimpan stok bumbu masakan ini, juga menghindari adanya naik turun harga.

3. Kacang Kering

bahan masakan kacang kering
goodhousekeeping.com

Kacang-kacangan bisa bertahan hingga delapan bulan. Tentu saat membelinya dalam jumlah yang banyak, akan membuat harganya lebih terjangkau.

Selain itu, bahan makanan ini juga bisa ditambahkan dalam segala masakan agar lebih menyehatkan. Simpan dalam sebuah toples kaca dan sesekali taruh di bawah sinar matahari.

4. Daun Herbal Kering

bahan masakan daun herbal kering
pxhere.com

Tidak ada salahnya untuk menyimpan banyak daun herbal kering di dapur. Apalagi dengan berbagai khasiat yang baik untuk tubuh.

Ada juga cara untuk menyimpan daun herbal yang baik dan benar. Salah satunya adalah tempatkan di wadah kedap udara agar menjaga udara tidak masuk dan membuat lembab herbal kering.

Baca juga : 4 Resep Masakan Hitam yang Unik dengan Rasa Menggigit

5. Mayonaise

mayonaise
dagelijksekost.een.be

Bahan masakan yang satu ini juga bisa kamu simpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Mayonaise bisa bertahan hingga dua bulan setelah tutup botol dibuka.

Jauhkan botol mayonaise dari terik sinar matahari langsung dan simpan di dalam kulkas. Agar tidak ada bakteri yang berkembang di dalamnya dan menjadi jamur.

6. Cuka

bahan masakan cuka
shutterstock.com

Walau tidak semua makanan membutuhkan cuka sebagai penambah rasa, tapi bukan berarti cuka tidak bisa kamu jadikan stok bahan masakan di rumah ya.

Cuka bisa menjadi pengawet alami dalam saus tomat yang membuatnya bisa bertahan lama hingga berbulan-bulan, lho. Jadi simpan cuka di dapur sebagai bahan membuat saus ala kamu.

7. Gula dan Garam

bahan masakan gula dan garam
letstalksugar.com

Walau gula dan garam memiliki tanggal kadaluarsa, kedua bahan masakan ini sebenarnya bisa bertahan selamanya. Asalkan dengan cara penyimpanan yang sesuai.

Lama waktu ketahanannya ini yang bisa menjadi alasan untukmu membeli dalam jumlah yang banyak.

8. Mentega

bahan masakan mentega
bewusstessen.ch

Menyimpan mentega di dapur dengan jumlah yang banyak juga nggak akan menjadi masalah. Apalagi bahan  bisa digunakan di hampir semua masakan, salah satunya saat membuat nasi goreng.

Untuk ketahanan pada bahan masakan ini pun terbilang cukup lama. Bisa bertahan hingga dua bulan lamanya. Jangan lupa untuk memasukkannya di dalam kulkas ya.

Itulah delapan bahan makanan yang harus kamu beli dalam jumlah banyak untuk menekan biaya belanja.

0 Comment