Biar Kolesterol Terjaga, 6 Tips Mengolah Masakan Sehat Ini Patut Dicoba

13 August 2019, at 02:00
0
0
Biar Kolesterol Terjaga, 6 Tips Mengolah Masakan Sehat Ini Patut Dicoba

Seusai Idul Adha, aneka olahan daging kambing atau sapi pasti sudah tersaji di meja makan. Dari yang berkuah hingga yang dibakar, semuanya pun siap untuk disantap.

Padahal kalau makan makanan berbahan dasar daging akan memicu kolesterol tinggi. Nah, agar kolesterol dalam tubuh tetap terkontrol, ikuti deh tips memasak berikut ini. Dijamin semua makanannya lebih nikmat dan sehat.

1. Tambahkan Sayur dan Buah-buahan

tambahkan sayuran
heart.org

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang dewasa yang sering mengonsumsi buah dan sayur memiliki tingkat risiko terkena kolesterol lebih sedikit dari ada yang jarang melakukannya.

Maka dari itu, agar kolesterol dalam tubuh tetap terkendali sebaiknya tambahkan sayuran seperti kubis, tomat merah, atau tomat hijau pada sajian menu makananmu. Selain tubuh makin sehat, olahan daging yang kamu makan pun jadi lebih nikmat.

2. Hilangkan Lemak pada Daging

hilangkan lemak daging
cooksillustrated.com

Lemak yang menempel pada daging sapi dan kambing menjadi pemicu kolesterol. Untuk itu, kamu perlu menghilangkan lemak daging sebelum dimasak.

Atau kamu juga bisa membeli daging tanpa lemak, seperti daging has luar, has dalam, dan daging di paha depan.

3. Gunakan Minyak Sayur

gunakan minyak sayur
cookinginstilettos.com

Menggunakan minyak sayur saat memasak juga bisa menurunkan kadar kolesterol. Jenis yang bisa digunakan seperti canola, safflower, soybean, dan olive oil.

Jenis minyak itu bisa kamu jadikan untuk bahan tumisan, tambahan saat memasak saus, hingga tambahan untuk memanggang daging.

Baca juga: 6 Tips Memasak Beras Merah Agar Pulen dan Tetap Menyehatkan, Cuma Pakai Rice Cooker Lho!

4. Menambahkan Rempah-Rempah

menambahkan rempah rempah
tasteofhome.com

Bumbu rempah-rempah sudah pasti bisa ditemukan di rumah dan digunakan sebagai penambah rasa pada makanan. Selain itu, aneka tanaman seperti oregano kering, mint, cengkeh, dan kayu manis ternyata bisa menurunkan kandungan kolesterol pada tubuh, lho.

Jadi, sebisa mungkin menaburkan bumbu rempah dan tanaman kering tersebut di atas sajian makan dagingmu ya.

5. Menggunakan Saus Rendah Lemak

menggunakan saus rendah lemak
cookinglight.timeinc.net

Buat kamu yang ingin memasak daging dengan saus mayonaise, sebaiknya hindari deh. Hal itu karena bahan ini memiliki kandungan lemak 10 gram per porsinya.

Nah untuk mengurangi konsumsi lemak, ada baiknya kamu untuk menganti saus mayonaise dengan minyak zaitun.

6. Teknik Memanggang

teknik memanggang daging
steaksehat.blogspot.com

Menggunakan teknik memasak untuk mengurangi kandungan kolesterol juga harus tepat. Pastikan menggunakan panci kering agar lemak nggak menetes dari makanan.

Selain itu, menambahkan perasan air jeruk nipis dan bumbu lainnya juga bisa menurunkan kadar kolesterol pada olahan daging.

Nah, itulah enam tips memasak yang wajib kamu ikuti untuk menu masakan rendah kolesterol. Ayo hidup sehat!

0 Comment