Biar Nggak Ganggu Penumpang Saat Perjalanan, Perhatikan Ini Sebelum Bawa Bayi Naik Pesawat

13 June 2019, at 10:00
0
0
Biar Nggak Ganggu Penumpang Saat Perjalanan, Perhatikan Ini Sebelum Bawa Bayi Naik Pesawat

Aktris cantik Angela Gilsha belakangan ini sukses menuai sorotan bahkan kritik dari publik. Hal itu karena keluhannya di media sosial tentang bayi menangis di pesawat. Ia menyebut bahwa lebih baik mengizinkan hewan masuk ke pesawat daripada bayi.

Mungkin sebagian penumpang bisa memaklumi kejadian ini. Tapi pasti ada juga yang merasa terganggu dengan suara tangisan bayi, apalagi mereka yang butuh istirahat.

Nah, buat para orang tua atau siapapun yang punya rencana bawa bayi naik pesawat, ini lho tips biar si kecil nggak rewel selama perjalanan. Jadi tetap tenteram tanpa perlu khawatir bakal mengganggu penumpang lain.

Baca juga: Tips Biar Dapat Tiket Pesawat Murah, Liburan Jadi Hemat Deh!

1. Pertimbangkan usia bayi

tips bawa bayi naik pesawat
jetblue.com

Pertama kali saat berencana bawa bayi naik pesawat, pertimbangkan soal usianya. Setiap maskapai penerbangan pun punya peraturan berbeda. Ada yang mengizinkan bayi usia 2 hari untuk naik pesawat. Ada pula yang dibatasi minimum umur 14 hari.

Bahkan maskapai penerbangan biasanya meminta Surat Keterangan Medis dari dokter yang menyatakan bayi dalam keadaan sehat sehingga bisa terbang.

Umumnya, bayi usia 3 bulan dinilai paling aman untuk naik pesawat. Ini karena daya tahannya sudah lebih kuat dalam menghadapi perubahan suhu nantinya.

2. Pilih jam terbang yang sesuai

bayi tidur di pesawat
instagram.com/travelwithbabybell

Waktu terbang juga perlu dipertimbangkan saat bawa bayi. Untuk penerbangan jarak pendek, siang hari adalah yang terbaik karena itu adalah jam tidur siang bayi.

Sementara untuk penerbangan jarak jauh, waktu terbang malam adalah yang paling nyaman karena si kecil dipercaya bisa tidur nyenyak di pesawat.

3. Booking tempat duduk bagian depan

bayi naik pesawat
walkingontravels.com

Saat bawa bayi naik pesawat, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk melakukan booking tempat duduk di bagian depan (bulkhead seat). Soalnya area ini punya ruang lebih untuk kakimu dan lebih jauh dari mesin pesawat yang bising.

Kamu juga bisa memilih tempat duduk di gang (aisle) supaya lebih leluasa keluar masuk mengurus si kecil ke toilet atau jalan-jalan di lorong kabin.

Baca juga: Jangan Panik! Ini yang Harus Dilakukan Saat Ada Kerusuhan di Tempatmu Berlibur

4. Masukkan semua perlengkapan bayi dalam satu tas

barang bayi
mintarrow.com

Jangan lupa bawa popok untuk pemakaian sekali, tisu basah yang dimasukkan ke dalam satu tas atau kantung kecil. Hal ini akan memudahkanmu mengganti popok bayi di toilet.

Bawa juga baju cadangan untuk bayi. Gunanya untuk mengantisipasi hal-hal seperti ketumpahan, muntah, turbulensi, dan lain sebagainya.

5. Bagaimana cara supaya bayi tenang selama di pesawat?

bayi menangis di pesawat
businessinsider.com.au

Saat pesawat mulai lepas landas ataupun mendaran, usahakan untuk menyusui bayi. Ketika ia menelan, ini akan mencegah telinga si kecil kesakitan akibat tekanan udara. Selain itu, empeng juga sangat menolong.

Saat si kecil tampak resah dan rewel, ajak ia berkeliling ke lorong kabin dan melihat-lihat. Hal ini biasanya efektif untuk menenangkan bayi.

Itulah beberapa tips traveling buat kamu yang berencana bawa bayi naik pesawat supaya tetap tenang dan nggak ganggu penumpang lain. Kalaupun nantinya si kecil tetap rewel, cobalah untuk minta bantuan suami atau awak kabin dan tetap sabar ya. Semangat!

0 Comment