Qupas Beauty

Biar Nggak Jerawatan, Ini 5 Langkah Perawatan Wajib Setelah Tidur dengan Memakai Makeup

18 March 2020, at 08:00
Biar Nggak Jerawatan, Ini 5 Langkah Perawatan Wajib Setelah Tidur dengan Memakai Makeup

Meski pantang dilakukan, tapi beberapa di antara kalian pasti pernah sesekali ketiduran ketika masih menggunakan makeup. Ya nggak?

Efek yang biasanya bisa langsung dilihat adalah muncul jerawat di beberapa area wajah. Hmm, kalau sudah begini mood kamu pastinya langsung drop nggak karuan.

Nah, daripada bete dan nggak menyelesaikan masalah, mendingan ikuti langkah perawatan setelah tidur menggunakan makeup berikut ini yuk, biar wajahmu kembali sehat dan terhindar dari jerawat.

1. Triple Cleansing

Membersihkan Wajah (Foto: instagram.com/solusiorganic_mt)
instagram.com/solusiorganic_mt

Ketika terbangun dari tidur dengan makeup masih menempel di wajah, langkah pertama yang harus segera kamu lakukan tentu saja adalah membersihkan muka. Kalau selama ini kamu masih melakukan double cleansing, coba dengan ritual triple cleansing.

Caranya, lunturkan makeup menggunakan cleanser berbasis minyak seperti cleansing oil, kemudian bersihkan wajah memakai cleanser berbahan dasar air, lalu lanjutkan dengan pemakaian facial wash.

Sebab, metode triple cleansing bukan cuma bisa menjaga kebersihan kulit. Tapi mampu mengurangi racun yang didapat dari paparan polusi ataupun produk makeup yang terlanjur menumpuk.

2. Pakai Produk Exfoliator

Memakai Produk Eksfoliator (Foto: instagram.com/cosrx_paper)
instagram.com/cosrx_paper

Langkah selanjutnya untuk menyelamatkan kulit dari bahaya tidur menggunakan makeup adalah dengan memakai produk exfoliator. Produk ini bisa berwujud toner, peeling, ataupun scrub.

Produk exfoliator akan membantu membebaskan kulitmu dari tumpukan makeup ataupun kotoran lainnya yang telah bersarang ketika kamu tidur.

Baca juga: Terasa Sepele, Malas Membersihkan Makeup Ternyata Bawa 5 Bahaya Ini ke Wajahmu

3. Pakai Masker untuk Detox Wajah

Pakai Masker untuk Detox Wajah (Foto: instagram.com/thebathbox)
instagram.com/thebathbox

Bukan cuma efektif mengurangi sebum, clay mask, charcoal mask, atau mud mask bisa dipilih sebagai masker detox wajah karena bekerja secara efektif dalam membersihkan kulit dengan cara menarik kotoran dan racun dari dalam pori.

Oh ya, sekedar tips, saat memakai clay mask, jangan mendiamkannya terlalu lama atau sampai kering. Sebab, hal ini justru bisa membuat kulit dehidrasi dan iritasi.

4. Aplikasikan Serum

Memakai Serum (Foto: instagram.com/thebathbox)
instagram.com/thebathbox

Setelah wajah kembali bersih, perawatan setelah tidur pakai makeup selanjutnya adalah memakai serum. Skincare ini memiliki kandungan aktif dengan konsentrasi tinggi yang akan membawa banyak manfaat.

Salah satu manfaat serum yang luar biasa adalah mampu mencegah kerusakan kulit. Kandungan antioksidan yang umumnya terdapat di dalamnya bakalan siap melindungi wajahmu supaya tetap kencang, sehat, dan terhindar dari jerawat.

5. Layer dengan Repairing Skincare

Memakai Repairing Skincare (Foto: instagram.com/glowrecipe)
instagram.com/glowrecipe

Malam hari adalah waktu bagi kulit untuk melakukan regenerasi sel. Bila kamu tidur dengan masih memakai makeup, proses tersebut bakal terganggu.

Untuk itu, setelah pemakaian serum, kamu juga bisa mengaplikasikan repairing skincare supaya kulitmu terhindar dari berbagai masalah.

Nah, itulah langkah perawatan yang wajib kamu lakukan setelah tidur dengan menggunakan makeup. Tapi sebisa mungkin, jangan pernah mengulangi kebiasaan buruk tersebut ya!